Kucing Siam, Kenal Lebih Dekat Karakteristik dan Fakta Uniknya

Kucing Siam, Kenal Lebih Dekat Karakteristik dan Fakta Uniknya
kucing Siam

Ada begitu banyak jenis kucing yang sering dijadikan hewan peliharaan para pecinta hewan di Indonesia. Salah satu jenis kucing yang kerap menarik minat adalah Siamese atau yang lebih dikenal dengan nama kucing Siam. Meski hamper sama wujudnya dengan kucing domestik, namun rupanya ada banyak karakteristik dan fakta menarik dari kucing ini untuk dibahas. Kira-kira apa saja? Yuk deh, langsung saja simak ulasannya di artikel di bawah ini.

Karakteristik Kucing Siam Yang Perlu Kalian Ketahui

Diantara para pecinta kucing, ras Siamese memang lebih dikenal atau lebih popular dijadikan hewan peliharaan disbanding kucing domestik. Sayangnya, belakangan ini populasi kucing yang dikenal lucu tersebut semakin berkurang alias semakin langka. Nah, apakah Anda ingin memeliharanya sebagai wujud kepedulian terhadap kelestarian dari Siamese? Jika iya, yuk kenali dulu karakteristiknya, yakni :

  1. Bentuk Tubuh Mirip Kucing Domestik

Pertama, karakteristik dari kucing Siam adalah tubuhnya yang tinggi dan panjang. Ciri tersebut tentu saja banyak dijumpai pada kucing domestik. Itulah mengapa, Siamese sering kali dikira kucing domestik. Namun jika Anda jeli, terdapat perbedaan perawakan dimana kucing ini tingginya 50 – 60 cm dengan berat bisa mencapai 7 kg untuk jantan dan 5 kg untuk betina.

  1. Bentuk Wajah Khas

Kedua, karakteristik dari Siamese adalah bentuk wajahnya yang khas dan tak seperti kucing pada umumnya. Selain pipinya yang berukuran tirus alias kempot dengan telinga yang berdiri kaku layaknya serigala liar, bibir Siamese rupanya juga mirip layaknya moncong anjing lho.

  1. Mata Menyorot Tajam

Ketiga, karakteristik dari Siamese adalah matanya yang menyorot tajam dengan pupil berwarna hitam dan mata berwarna biru sampai kekuningan. Tentunya, mata yang indah ini semakin menambah keindahan dari wajah unik kucing satu ini.

  1. Bulu Pendek

Keempat, karakteristik dari Siamese adalah bulunya yang pendek, berwarna putih pucat, dan corak warna gelap di tubuhnya. Pada bagian ekor, bulunya juga berukuran pendek dengan warna cokelat yang mendominasi. Uniknya, warna bulu pada kucing ini akan semakin menggelap seiring pertambahan usianya.

  1. Lincah

Terakhir, karakteristik yang dapat Anda temukan dari kucing ras ini adalah kelincahannya yang sangat menggemaskan. Anda mungkin akan mengira jika kucing non domestik akan sangat jauh berbeda dari kucing pada umumnya, namun rupanya Siamese ini cukup lincah dan gesit lho.

Fakta Unik Juga Perbedaan Dengan Anabul Lain

Sudah membahas tentang karakteristiknya, tentu saja kini Anda sudah bisa membedakan mana kucing Siam dan mana kucing domestik. Nah, agar Anda lebih lihai lagi dalam membedakan keduanya, ini dia beberapa fakta menarik tentang Siamese asli, yakni :

  1. Berasal dari Thailand

Pertama, fakta menarik dari kucing satu ini adalah tentang asal-usulnya. Sesuai namanya yaitu Siamese, kucing ini aslinya memang berasal dari negeri Siam atau yang lebih dikenal dengan nama Negara Thailand.

  1. Kepribadian Mirip Kucing Anggora

Kedua, fakta menarik dari kucing satu ini adalah sifatnya yang sangat mirip dengan kucing Anggora. Itulah mengapa, kucing ini kerap dijadikan pilihan untuk dipelihara dan asyik untuk diajak bercanda bersama.

  1. Suka Merajuk Jika Tidak Dituruti

Ketiga, fakta menarik dari kucing satu ini adalah sifatnya yang suka merajuk apabila keinginannya tidak dituruti sang tuannya. Ketika ia ingin sesuatu dan Anda tidak peka, maka kucing manja ini akan mengeong keras dan sulit untuk berhenti sebelum Anda mengabulkannya.

Demikian ulasan mengenai karakteristik dan fakta menarik dari kucing Siam. Semoga ulasannya bermanfaat untuk Anda.