Cara Merawat Kucing Terkena Radang Sendi

Cara Merawat Kucing Terkena Radang Sendi
kucing terkena radang sendi

Arthritis  atau bisa dikenal dengan radang sendi adalah penyakit yang umumnya dialami anjing bahkan manusia. Akan tetapi tahukah kalian jika kucing pun dapat terserang kondisi semacam ini secara umum?  Kucing bisa mengembangkan arthritis dari masa ke masa di area persendian, tulang belakang, dan anggota tubuh. Berikut adalah beberapa langkah merawat kucing terkena radang sendi.

Radang sendi terjadi saat muncul kerusakan di sendi gerak tulang serta bisa diakibatkan oleh berbagai hal. Penyakit ini sering menyerang kucing yang sudah berusia cukup tua. Lebih dari 80% dari kucing yang berumur diatas 10 tahun akan mempunyai sejumlah tingkat radang sendi yang terdeteksi melalui sinar-X.

Penting sekali kucing kalian diperiksa dengan teratur guna mengobati masalah penyakit seperti ini yang akan menunjukkan perbedaan besar pada kualitas hidupnya.

Tips Merawat Kucing Terkena Radang Sendi

  • Diberi Suplemen dan Melakukan Diet

Terapi berupa diet yang dilakukan seekor kucing bakal diesuaikan dengan keperluannya. Beberapa diet tersebut dilakukan yakni dengan membatasi kalori dengan signifikan, tanpa harus membuat kucing kalian menjadi lapar.

Sementara itu diet lainnya dilakukan yakni dengan memberi suplemen tambahan serta dicampurkan kedalam makanannya. Suplemen itu bisa kalian dapatkan dengan bentuk bubuk tabur, cairan, dan camilan. Sebelum memberikan suplemen, ada baiknya kalian mendiskusikan hal ini ke dokter hewan.

  • Mengelola Berat Badan

Seperti halnya manusia, mengelola berat tubuh jadi salah satu langkah yang cukup ampuh untuk mencegah penyakit arthritis lebih parah. Ada 2 hal yang diperlukan, yakni aktif bergerak serta menjaga pola makan. Melatih kucing untuk kedua hal ini memang tak mudah, namun bukan menjadi hal yang tak mungkin dilakukan.

Baca Juga : Cara Monitoring Kucing Sakit Agar Tidak Semakin Parah

Untuk bisa menjaga kucing selalu aktif, kalian dapat menyiapkan mainan yang dia sukai, misalnya bermain mengejar sinar laser, mengejar tali, ataupun petak umpet. Sementara itu dari segi pola makan, kalian bisa melakukannya dengan cara membatasi kalori yang masuk kedalam tubuh. Berhubungan dengan hal ini, ada sejumlah jenis makanan bagus yang dapat kalian temukan di petshop.

  • Terapi Fisik

Hal ini dilakukan supaya kucing bisa terus aktif, dan membantu menjaga otot serta persendiannya supaya tak takku. Beberapa kucing sangat menyukai pijatan ringan, gerakan sendi lembut, dan peregangan. Sementara itu beberapa kucing lain lebih menggemari tempat istirahat yang dipanaskan maupun panas dari kantong nasi yang sudah dihangatkan guna meredakan radang sendi tersebut.

Tanda dan Penyebab Kucing Terserang Radang Sendi

Nah, setelah mengetahui bagaimana caramerawat kucing yang terserang arthritis, baiknya kalian juga mengenali apa yang jadi penyebab beserta tandanya. Bila radang sendi menyerang kucing kesayanganmu, kondisi itu bakal mengakibatkan kerusakan kepada tulang rawan yang bekerja membantu mencegah keausan seluruh tulang. Alasannya termasuk kondisi genetik, trauma, obesitas, dan penuaan. Berikut adalah beberapa gejala yang menjadi tanda-tanda kucing arthritis:

  • Mengalami perubahan waktu tidur, dan itu dilakukan tanpa merubah posisi dalam jangka yang cukup lama.
  • Mengalami perubahan bentuk tubuh.
  • Mengalami penurunan respon ketika dibelai.
  • Mengalami penurunan sikap atau nafsu makan.
  • Selalu terlihat melindungan bagian tubuh tertentu.
  • Mengalami perubahan saat berjalan.
  • Mengalami penurunan saat melompat keatas maupun kebawah.
  • Menjadi tidak terlalu aktif.

Itu saja ulasan tentang bagaimana caranya merawat kucing terserang radang sendi. Sedikit perubahan yang kalian lakukan akan memberi dampak yang cukup besar dalam kesehatan kucing suatu saat nanti. Semoga bermanfaat!