Kucing Toyger, Spesies yang Mirip Harimau

Kucing Toyger, Spesies yang Mirip Harimau

Toyger dianggap sebagai salah spesies kucing terunik, pasalnya ia memiliki corak bulu yang sangat mirip dengan harimau. Menurut ahli biologi alumni UGM Pratama Adi Nugroho, Toyger merupakan spesies yang terlahir dari kawin silang dua spesies kucing berbeda. Hasilnya adalah spesies baru yang sangat unik atau lebih dikenal dengan sebutan hewan hybrid. Selain berbeda dari penampilan fisik, karakter kucing ini juga berbeda dimana ia memiliki semangat berlari sangat tinggi didukung stamina tubuh yang dimilikinya.

Toyger juga mempunyai otot-otot tubuh kekar yang mendukung pergerakannya agar bisa sangat gesit. Pada artikel kali ini saya akan mengulas mengenai lima fakta menarik dari kucing toyger yang harus dikutip dari pendapat ahli biologi, Pratama Adi Nugroho.

Sejarah kucing toyger

Toyger pertama kali ditemukan oleh seorang wanita berkewarganegaraan Amerika pada tahun 1980 bernama Judy Sugden. Ia merupakan seseorang yang memiliki profesi sebagai peternak kucing, salah satu kucing peliharaannya ternyata memperhatikan salah satu dari kucing peliharaannya memiliki tanda tabby pada bagian pelipis wajahnya. Judy berkeyakinan bahwa kucing tersebut dapat dikawin silangkan dengan spesies lain sehingga dapat menghasilkan hewan hybrid. Judy kemudian mengawin silangkan hewan tersebut dengan kucing bengal yang akhirnya melahirkan spesies kucing baru yang bernama kucing toyger.

Ciri khas penampilan

Dari segi ukurannya, kucing toyger mempunyai badannya tidak terlalu besar. Keunikan dari spesies kucing ini terletak pada corak bulunya yang menyerupai belang harimau. Bulu toyger juga terlihat sangat mempesona, dimana ia mempunyai tekstur lembut serta berkilau. Antara betina dan jantan dapat dibedakan dari ukuran tubuhnya, kucing toyger jantan memiliki tubuh yang lebih besar ketimbang betina. Dibandingkan dengan kucing domestik, ukuran toyger memang tidak terlalu berbeda tetapi ia memiliki tubuh yang lebih berotot, tulang besar dan bahu tinggi.

Kondisi kesehatan

Spesies satu ini termasuk salah satu jenisĀ  kucing yang memiliki kondisi kesehatan tubuh paling prima jika dibandingkan dengan spesies lainnya. Akan tetapi seperti spesies lainnya, Kroyger juga memiliki kerentanan terhadap suatu penyakit tertentu. Ia seringkali memiliki permasalahan terhadap penyakit murmur jantung yang dikaitkan dengan hypertrophic cardiomyopathy. Kogyer yang mengalami obesitas juga sangat rentan mengalami masalah kesehatan. Agar kondisi kesehatan toyger peliharaan anda selalu fit, anda perlu membuatnya untuk selalu aktif bergerak.

Karakter Kucing Toyger

Berbeda dengan mayoritas kucing yang takut kepada air, toyger justru sangat menyukai air. Hewan ini juga merupakan perenang yang unggul, sehingga anda bisa mengajaknya berenang bersama anda di kolam renang. Toyger memiliki sifat yang pendiam dan cerdas ketika berada di rumah, anda bisa dengan mudah mengajarinya untuk menguasai trik-trik yang diajarkan kepadanya. Walaupun mempunyai sifat yang pendiam, kucing ini bisa menjadi sangat enerjik dan bersemangat ketika diberikan alat-alat permainan atau pelatihan oleh majikannya.

Memiliki umur panjang

Dibandingkan kucing lainnya, hewan ini memiliki umur yang panjang. Rata-rata toyger memiliki umur kisaran antara 10 hingga 15 tahun. Diduga hal itu dikarenakan DNA unggul yang dimilikinya sehingga ia lebih sulit terserang permasalahan kesehatan dibandingkan spesies lainnya.

Sejauh ini, para peternak kucing di Amerika dan Inggris masih ingin mengembangkan spesies ini agar bentuknya terlihat lebih mirip dengan harimau. Hal terpenting yang mesti diperhatikan saat memelihara hewan eksotis ini adalah para pemilik harus selalu memperhatikan kebersihan tubuhnya mulai dari gigi, telinga, mata dan bulu.