Kucing Warna Putih dan Fakta yang Perlu Anda Ketahui

Kucing Warna Putih dan Fakta yang Perlu Anda Ketahui

Kucing memang dikenal sebagai hewan peliharaan yang menggemaskan. Tingkah laku hingga warna bulu yang dimilikinya dianggap memiliki pesona tersendiri. Salah satu jenis kucing yang memiliki banyak penggemar adalah kucing warna putih polos dimana menyiratkan keanggunan. Menyikapi tentang kucing putih ini ternyata ada fakta menarik mengenainya yang perlu anda ketahui.

1. Populasi kucing warna putih sekitar 5 persen

Populasi kucing putih yang semua bulunya berwarna putih sempurna, hanyalah sekitar 5 persen dari populasi kucing di seluruh dunia. Selain itu, mayoritas kucing ini biasanya memiliki mata berwarna biru. Jumlah populasi jenis kucing ini tidak bisa dibilang sedikit juga, dimana kita bisa dengan mudah menemukannya di sekitar kita.

2. Gen penyebab bulu berwarna putih merupakan gen dominan

Ternyata gen yang menjadi penyebab kucing memiliki bulu berwarna putih didasari oleh sebuah gen dominan. Gen dominan ini akan membuat warna lain tidak muncul pada dirinya. Hal itu yang menyebabkan perkawinan dua kucing berwarna putih bisa menghasilkan anakan berwarna berbeda.

Karena disebabkan oleh gen dominan, kemunculan anakan kucing yang berwarna putih hanya bisa terjadi apabila salah satu dari induknya ada yang berwarna putih polos. Misalnya saja gen yang membawa sifat bulu putih kita sebut dengan P sedangkan gen pembawa sifat bulu berwarna kita sebut p. Ketika kucing jantan putih (Pp) dikawinkan dengan kucing betina berwarna (pp) maka ada 50% kemungkinan bahwa anak nya memiliki warna putih.

3. Biasanya mata yang terbilang mencolok

Biasanya kucing putih memiliki kandungan melanin tinggi di bagian matanya. Pigmen warna tersebut akan berperan dalam menentukan warna mata pada kucing. Semakin tinggi kandungan melanin di matanya maka warna matanya akan semakin gelap pula. Oleh karena itu, kita bisa menemukan jenis kucing ini yang memiliki mata berwarna biru tua sehingga terlihat begitu mempesona.

4. Kucing putih bermata biru kebanyakan memiliki gangguan pendengaran

Biasanya kucing putih yang memiliki mata biru memiliki gangguan pada pendengarannya. Bahkan banyak diantaranya yang tuli sehingga tidak bisa mendengar, diakibatkan adanya degenerasi di telinga bagian dalamnya. Gangguan pendengaran ini juga dipengaruhi oleh gen yang menyebabkan warna biru pada matanya. Jadi anda jangan kesal ketika kucing warna putih milih anda dipanggil diam saja karena bisa saja dia memiliki masalah pada indera pendengarannya.

5. Berasal dari ras beragam

Kendati memiliki warna bulu yang sama, kucing putih bukanlah berasal dari ras yang sama. Ada banyak ras kucing yang memiliki bulu berwarna putih diantaranya ras domestik, british shorthair, ragdoll, norwegian forest dan anggora. Hal ini dikarenakan gen penyebab bulu berwarna putih dapat muncul di berbagai ras kucing.

6. Kucing putih berbeda dengan albino

Kucing putih ternyata berbeda dengan albino, walaupun keduanya memiliki bulu yang berwarna putih. Kucing albino mengidap albinisme, sehingga bagian tubuhnya tidak memiliki pigmen warna. Dengan begitu bukan hanya bulunya saja yang berwarna putih, tetapi begitu pula dengan kulit dan organ tubuh lainnya.

7. Memiliki resiko tinggi terluka akibat sinar matahari

Seperti pada manusia, dimana orang kulit putih memiliki kecenderungan untuk terluka akibat paparan sinar matahari maka begitu pun dengan jenis ini. Mereka memiliki resiko yang tinggi untuk terluka akibat sengatan matahari, terutama di bagian telinga, kelopak mata dan hidungnya. Jenis kucing ini juga memiliki resiko lebih tinggi terkena kanker kulit akibat paparan matahari.

Oleh sebab itu, pemilik kucing warna putih harus membatasi dalam menjemur kucing kesayangannya. Usahakan anda menjemurnya sebelum jam 10 pagi atau setelah jam 4 sore. Pada jam tersebut, sinar matahari tidaklah terlalu menyengat sehingga keamanan kucing anda lebih terjaga.