Langkah Menjaga Nafsu Makan Anjing Tua

Langkah Menjaga Nafsu Makan Anjing Tua

Anjing senior atau yang sudah berusia tua adalah anjing yang telah memasuki usia 7 tahun ke atas. Seperti halnya manusia, anjing pun bisa mengalami efek penuaan, seperti kehilangan pendengaran, kehilangan penglihatan, kehilangan energi, penambahan berat badan, arthritis serta gangguan sendi lainnya, kehilangan otot, kehilangan gigi, hilangnya elastisitas pada kulit, kehilangan integritas organ [ginjal, jantung, dan hati], kehilangan kekebalan, kerontokan pada rambut, serta kehilangan ketajaman mental. Berikut adalah beberapa cara menjaga nafsu makan anjing tua.

Jika sudah seperti ini, sebaiknya kamu mulai menyesuaikan keperluan nafsu makan anjing tua, sebab pastinya metode makan anjing yang sudah senior akan ikut berubah. Kamu dapat melakukan beberapa langkah di bawah ini.

Menjaga Nafsu Makan Anjing Tua

  • Memberikan Makanan dengan Bau Tajam

Menurunnya nafsu makan pada anjing yang sudah tua memang seringkali muncul. Salah satu yang menjadi penyebabnya ialah penurunan indera perasa dan penciumannya. Kalau kedua indera ini mengalami penurunan fungsi, maka otomatis anjing tak bisa mencium bau serta merasakan makanan walau seenak apapun.

Agar bisa mengatasinya, kamu dapat menambahkan beberapa penambah bau, seperti putih telur yang sudah dihancurkan, kaldu ayam, atau keju. Pastikan juga bahwa porsi yang kamu berikan sesuai kebutuhan dan jangan terlalu banyak.

  • Memberikan Waktu Makan Baru dan Porsi yang Pas

Ketika anjing peliharaanmu sudah beranjak menua atau dewasa, maka kegiatan hariannya juga otomatis bakal berubah. Mereka akan cenderung suka berdiam diri karena malas.

Kalau pola hidup tidak terlalu aktif ini terjadi berkelanjutan, hal ini akan berpengaruh terhadap pola makan. Dia bakal lebih sering makan lebih banyak dari biasanya. Supaya dapat mencegah hal itu, kamu dapat memberikan jadwal makanan baru jadi lebih sering ketimbang biasanya.

Jangan lupa juga untuk memenuhi segala asupan yang dibutuhkan, misalnya saja protein. Sesuaikan peralatan makanannya. Kamu dapat memberikan mangkuk yang sedikit lebih tinggi agar mempermudah dia makan. Selain itu juga, anjing perlu berpuasa untuk satu hari, serta hanya memberi dia minum.

  • Meningkatkan Aktivitas Fisik

Semakin bertambahnya umur anjing kesayangan, fungsi otak motorik bakal ikut menurun. Dia juga akan rentan sekali terserang kekakuan otot di leher atau punggung, kelemahan jantung, atau arthritis.

Untuk bisa mencegah hal ini, kamu harus menjaga kondisi tubuhnya agar selalu aktif. Tak harus melakukan kegiatan fisik yang terlalu berat. Hanya berjalan-jalan sebentar kurang lebih 5 hingga 10 menit setiap hari.

Jangan Berikan Kudapan Diantara Makanan Utama

Tips menjaga nafsu makan anjing tua berikutnya ialah tidak memberi dia kudapan diantara makanan utama. Kalau hal ini dilakukan, maka anjing kesayanganmu bakal mengalami penurunan nafsu, sebab sudah lebih dahulu kenyang ketika mengkonsumsi kudapan. Kalau ingin memberi kudapan, kamu dapat memberikannya pada awal hari untuk merangsang nafsu makannya.

  • Berikan Kebutuhan Nutrisi yang Sesuai

Langkah menjaga nafsu makan anjingmu yang terakhi ialah memberikan suplemen atau kudaman dengan nutrisi yang tepat. Kemudian, bagaimana cara untuk mengetahui kalau nutrisi yang kamu berikan sudah tepat?

Kamu bisa memperhatikan kandungan yang ada dikudapan ataupun nutrisi yang kamu berikan. Anjing yang sudah senior memerlukan proten yang tinggi, serat, kalori, antioksidan, glukosamin, omega 3, dan asam lemak.

Itulah beberapa tips menjaga nafsu makan anjing tua. Kalau nafsu makan anjingmu menurun, kamu bisa mengatasinya dengan beberapa langkah diatas. Jangan lupa selalu mengkonsultasikan kesehatan anjing dengan dokter hewan, pasalnya anjing senior rentan terserang penyakit.