Litter Box Kucing, Apa Sih Kepentingannya Untuk Kucing?

Litter Box Kucing, Apa Sih Kepentingannya Untuk Kucing?

Litter box kucing – Jika Anda memiliki seekor kucing pastinya Anda juga harus memiliki beberapa perlengkapan kucing yang lainnya. Jadi tidak hanya makanan saja Anda juga harus memiliki perlengkapan lain seperti kandang kucing, aksesoris kucing, pet treats, sampai dengan litter box. Karena, untuk merawat kucing pastinya diperlukan berbagai persiapan dan sebagai pet owner pastinya Anda harus bertanggung jawab atas peliharaan Anda.

Salah satu kebutuhan kucing selain makanan kucing yang tidak kalah penting adalah litter box pada kucing. Litter box bisa dikatakan sebagai toiletnya anabul Anda. Karena, dengan adanya boks kotoran kucing Anda bisa buang air kecil dan air besar hanya pada satu tempat saja, sehingga kucing tidak membuang air kecil maupun besar secara sembarangan.

Dalam ulasan kali ini, kami akan membahas mengenai pentingnya litter box kucing dan juga bagaimana cara mengajarkan kucing agar bisa menggunakan litter box. Bagi Anda pet owners yang memiliki kucing, wajib simak ulasan berikut ini sampai habis.

Pentingnya Litter Box pada Kucing

Litter box untuk kucing juga tidak kalah pentingnya, maka dari itu bagi para pemula yang ingin memiliki anabul tentu saja harus mengetahui pentingnnya boks kotoran untuk kucing. Alasan utama kucing memerlukan boks kotoran adalah untuk tempat pembuangan kotoran kucing itu sendiri. Karena, kucing memiliki naluri untuk menguburkan air kencing dan juga kotoran mereka mereka ditanah. Maka dari itu, dengan menggunakan boks kotoran tentunya dapat membantu dan memudahkan kucing Anda.

Jika kucing Anda tidak mau menggunakan litter box, sampai harus membuang kotoran di luar litter box, bukan berarti dikarenakan kucing Anda lupa bagaimana cara menggunakannya. Tapia da alasan lain dibalik hal itu, misalnya kotak pasir yang terlalu kecil, berada di area rumah yang ramai sehingga sulit diakses oleh kucing. Sampai litter box yang sudah penuh atau sudah kotor.

Dengan alasan tersebut menjadikan kucing tidak mau menggunakan litter box lagi, dikarenakan kucing adalah hewan yang menyukai kebersihan dan umumnya kucing akan menghindari boks kotoran yang tidak dibersihkan secara teratur oleh pemiliknya.

 

 

Baca Juga: Cara Mudah Menghilangkan Aroma Kotoran Kucing

 

 

Perhatikan Lokasi Penyimpanan Litter Box

Jadi sudah kita ketahui jika boks kotoran pada kucing tidak bisa ditaruh di tempat yang ramai. Jadi, Anda harus menempatkan litter box di tempat yang memiliki area yang tenang. Jangan sampai Anda menaruhnya di depan kompor atau di ruangan yang ramai dilalui orang-orang.

Taruh boks kotoran di tempat yang dapat dijangkau oleh kucing, jangan sampai Anda menaruh tempatnya pada jangkauan yang jauh. Karena itu akan menyulitkan anak kucing untuk mencari tempatnya. Anda harus memiliki minimal satu tempat pembuangan kotoran kucing.

Tentunya akan lebih baik jika setiap kucing memiliki litter boxnya masing-masing. Anda juga harus membersihkan boks kotoran kucing minimal dua kali dalam sehari. Ketika Anda membersihkannya, baiknya Anda harus membuang semua pasir dan menggantinya dengan pasir baru.

 

Tips Mencari Litter Box untuk Kucing

Bagi Anda pet owner yang masih pemula, dan Anda masih bingung untuk mencari litter box seperti apa. Anda bias mengikuti tahapan di bawah ini untuk mengetahuinya:

Kenali Jenisnya

Litter box sendiri memiliki beberapa jenis, jadi Anda bisa menemukan banyak jenis dari litter box. Anda bias memulainya dengan kategori utama yaitu boks kotoran yang terbuka dan litter box yang tertutup. Masing-masing kotak kotoran tersebut memiliki kelebihannya sendiri.

Bahan Litter Box

Umumnya, boks kotoran terbuat dari plastik agar mudah dibersihkan dan digunakan dalam jangka waktu lama. Akan tetapi, ada tiga jenis lainnyaa yang terbuat dari bahan organic dan bias dipakai ketika sedang bepergian bersama kucing.

Jumlah Litter Box

Nah kamu sudah paham kan dari pembahasan di awal, bahwa lebih baik satu boks kotoran per satu kucing. Tapi bukan berarti Anda harus meletakannya secara berdampingan, karena kucing tidak akan mau menggunakannya. Jadi Anda harus meletakkannya secara terpisah.

Membersihkan

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk membersihkan litter box, Anda bias gunakan litter box yang memiliki fitur pembersih otomatis atau tempat kotoran yang memiliki system ayak, jadi memudahkan Anda sekaligus dapat menghemat tenaga Anda.

 

Itulah ulasan mengenai kotak kotoran untuk kucing. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda yang baru memelihara anabul. Jika kamu butuh makanan kucing kamu bisa menghubingi kami ya. Klik di sini untuk mengetahui informasi lainnya mengenai anabul!