Madu Untuk Kucing Kesayangan Ternyata Banyak Manfaat

Madu Untuk Kucing Kesayangan Ternyata Banyak Manfaat
madu untuk kucing

Madu adalah salah satu jenis makanan atau minuman yang sangat terkenal akan manfaatnya yang besar bagi manusia. Ternyata madi tidak hanya bermanfaat untuk manusia saja namun juga bermanfaat untuk kucing peliharaan Anda. Bahkan madu untuk kucing aman digunakan dalam jangka yang panjang.

Manfaat Madu untuk Kucing Yang Harus Kalian Ketahui

Ada banyak sekali  manfaat madu untuk kucing yang perlu kamu ketahui. Tak perlu basa-basi lagi, simak manfaat madu bagi kucing kamu di bawah ini:

Dapat Mengurangi Gejala Flu pada Kucing

Pertama, ternyata madu dapat mengurangi gejala flu pada kucing kamu loh. Madu diketahui memiliki kandungan dekstrometrofan yang sangat baik untuk menenangkan gejala batuk pada kucing.

Flu sering kali membuat kucing jadi susah tidur membuat hati kita sedih bukan? Nah, kamu bisa memberikannya dua sendok teh madu pada kucing dewasa kamu. Berikan madu tersebut pada malam hari menjelang tidur malamnya.

Kucing kamu akan menjadi lebih tenang di malam hari. Badannya mungkin terasa lebih ringan sehingga bisa tertidur. Jika istirahat kucing kamu baik maka proses penyembuhan flu juga pastinya akan lebih cepat bukan?

Dapat Digunakan Sebagai Obat Topikal pada Kucing

Tak hanya dapat diminum saja, ternyata madu juga bisa digunakan sebagai obat topikal atau obat luar pada kucing. Kamu bisa mengoleskan madu pada bagian tubuh kucing kamu yang terluka. Kandungan anti bakteri pada madu sangat bermanfaat untuk mencegah infeksi.

Namun, dalam menanganinya kamu juga harus menggunakan sarung tangan minimal bersih dan lebih bagus lagi yang steril. Gunakan kasa untuk menutup lukanya. Namun, hal ini hanya bisa digunakan untuk luka kecil saja.

Jika kucing kamu terluka cukup besar maka cepat bawa ke klinik hewan terdekat. Kucing sangat rentan dengan adanya infeksi sehingga jika sampai lukanya terlalu besar perlu penanganan yang lebih lanjut.

Menyehatkan Sistem Pencernaan Kucing

Madu juga sangat bermanfaat untuk menyehatkan sistem pencernaan kucing. Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan kucing yang sering makan sembarangan bukan? Ya, walaupun di rumah sudah disediakan makanan khusus kucing tapi mereka sering  makan sembarangan.

Nah, makan sembarangan ini biasanya yang menyebabkan kucing terganggu sistem pencernaannya. Bakteri, virus, dan bibit penyakit lainnya masuk ke dalam tubuh kucing melalui organ pencernaan.

Namun, jika kamu memberikan madu secara teratur dengan dosis yang tepat maka sistem pencernaannya juga akan lebih baik. Bakteri dan segala jenis bibit penyakit di dalam organ pencernaannya bisa dihilangkan.

Menambah Nafsu Makan Kucing

Manfaat berikutnya adalah dapat digunakan untuk menambah nafsu makan kucing. Madu dengan dosis yang tepat dapat membuat kucing menjadi lebih banyak makan. Untuk itu, saat kamu memberikan madu untuk kucing berikan makanan yang gizinya sudah lengkap ya.

Agar kucing kamu bukan hanya bertambah gemuk saja tetapi juga sehat. Sebab nafsu makan yang banyak jika makannya sembarangan hanya akan membuatnya obesitas. Obesitas bisa mengganggu berbagai fungsi tubuh kucing kamu dan berbahaya untuk kesehatannya.

Itu dia beberapa manfaat madu untuk kucing dari MyPets. Namun, kamu juga harus memperhatikan madu yang kamu berikan adalah madu asli dan bukan madu palsu. Ingat juga bahwa setiap kondisi kucing berbeda-beda oleh karena itu lebih amannya lakukan konsultasi dengan dokter hewan terlebuh dahulu. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda.