Makanan Untuk Anjing Sakit Agar Cepat Sembuh

Makanan Untuk Anjing Sakit Agar Cepat Sembuh

Untuk sejumlah orang, anjing bisa menjadi teman terbaiknya. Oleh karenanya, ketika melihat anjingnya tengah sakit, mungkin ini terlihat menyakitkan. Supaya proses makannya berjalan lancar, berikut adalah makanan untuk anjing sakit yang bisa dilakukan.

Apabila kamu mencurigai anjing tengah sakit, langkah awal yang harus dilakukan yaitu membawanya ke klinik hewan. Selepas menerima pemeriksaan, kamu selanjutnya membawa dia pulang selanjutnya merawatnya dan memberi makanan yang tepat.

Kenali Apa Saja Makanan untuk Anjing Sakit

  • Labu

Labu adalah salah satu makanan yang paling disukai anjing. Tidak hanya manusia saja, serat tinggi dalam buah labu juga bermanfaat pada anjing.

Mineral dan vitamin bisa mengatasi anjing kesayanganmu yang tidak selera makan karena sakit. Disamping itu, labu bisa berguna untuk dapat mengatasi sembelit.

  • Kefir

Kefir merupakan minuman yang pembuatannya dari fermentasi susu. Olahan yang satu ini bagus sekali diberikan agar bisa mengatasi anjing yang tidak berselera makan karena sakit.

Minuman satu ini bisa juga digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan di beberapa binatang peliharaan.

  • Bawang Putih

Terlalu banyak mengkonsumsi bawang putih nyatanya kurang bagus untuk anjing. Tapi apabila dibatasi, bumbu dapur ini bisa mengatasi anjing peliharaan yan tidak berselera makan.

Pada anjing yang masih bayi, diberikan sekitar 1/8 sdt, kemudian anjing besar kurang lebih ΒΌ sdt.

Merawat Anjing yang Sakit Dengan Benar

Kamu tidak perlu merasa cemas bagaimana caranya agar bisa merawat anjing sakit, hal-hal yang perlu dilakukan adalah:

  • Selalu Menyediakan Air

Layaknya manusia yang harus terhidrasi lebih banyak ketika sakit, binatang pun juga demikian. Segala jenis penyakit, parasit maupun bakteri, bisa saja membuat dia menjadi lemah kemudian dehidrasi. Kamu wajib memastikan untuk selalu menyediakan air bersih.

  • Menjaga Kebersihan

Anjing yang tengah sakit bakal punya energi untuk menjaga kebersihan dirinya. Kemungkinannya dia bisa selalu terlihat lesu sepanjang hari, tubuh kotor, serta merasa kelelahan. Kamu wajib bertanggung jawab supaya memastikan anjing kesayangan selalu bersih.

Kadang, hanya sekedar merasa bersih saja membuat anjing merasa lebih baik. Kamu juga tidak harus memandikan dia dengan tepat ketika sakit, pasalnya boleh jadi hal ini membuatnya tambah marah. Kamu dapat coba menggosokkan kain bekas [masih bersih] basah ke tubuhnya. Tetapi pastikan mengusapkan kain tersebut dengan cara khusus di mulut, mata, serta telinganya.

  • Menjaga Asupan Makanan

Ingatlah saat anjing peliharaanmu sakit, kamu pasti tak ingin memasukkan sesuatu yang berat ke perutnya. Pasalnya kemungkinan besar ini hanya akan membuatnya merasa bertambah buruk ketimbang sebelumnya. Selama sehari pertama, apabila anjing mual ataupun diare, lebih baik tahan seluruh makanannya.

Setelahnya, pastikan hanya memberi makanan hambar. Pastikan juga apabila pola makanan hambar semacam ini mengandung pati serta protein, contohnya ayam rebus maupun keju cottage ditambah nasi putih sedikit saja.

  • Membatasi Jatah Bermain

Walau anjing tak boleh berbaring kemudian tidak banyak bergerak disepanjang hari, hal itu bukanlah ide baik agar bisa mengajak dia ada diluar terlalu lama.

Kamu harus dapat memastikan kalau ada keseimbangan antara masa yang dihabiskan anjing istirahat serta masa yang dia keluarkan untuk bermain. Melakukan beberapa aktivitas seperti bermain terlalu lama berpotensi membuatnya merasa lelah kemudian rentan tertular sejumlah penyakit. Hasilnya, itu malah semakin memperburuk kondisi.

Makanan untuk anjing sakit sebetulnya lumayan mudah ditemukan. Ingatlah apabila anjing diibaratkan anak kita sendiri, dan dia begitu memerlukan pemilik daripada sebelumnya ketika terkena sakit, oleh karenanya kamu wajib memberikan makanan paling tepat untuknya.