Manfaat dan Rincian Biaya Vaksin Anjing Terbaru 2020

Manfaat dan Rincian Biaya Vaksin Anjing Terbaru 2020

Saat anda memelihara binatang maka anda harus rutin merawat tubuhnya, Dan tentu jangan segan-segan untuk mengeluarkan biaya keperluan vaksin.

Vaksin sangat diperlukan untuk mencegah binatang anda bebas dari segala penyakit. Apalagi jika kita tidak tahu kondisi anjing ketika dibeli dari toko binatang.

Maka, Anda perlu lagi untuk membawanya segera ke dokter untuk disuntik vaksin terlebih dahulu. Biaya vaksin anjing juga tidaklah murah.

Baca juga : Cara melatih anjing

Apakah vaksin itu?

Vaksinasi adalah upaya untuk mendapatkan kekebalan agar tubuh menjadi kebal terhadap serangan penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

Tingkat perlidungan penyakit didapat dari pelaksanaan vaksinasi secara tepat. Respon tubuh anjing akan membentuk zat kebal setelah divaksinasi sehingga dapat melawan mikroorganisme yang menginfeksinya.

Secara normal zat kebal akan menurun kadarnya pada masa atau periode tertentu sehingga perlu dilakukan vaksinasi ulang agar kadar zat kebal dalam tubuh hewan kesayangan selalu terjaga.

Vaksin dapat mengandung organisme hidup yang dilemahkan (live attenuated), killed atau inactivated vaccine, maupun rekombinan (mengandung hanya satu bagian dari virus yang berperan penting dalam penyakit, kemudian diperbanyak).

Apa saja yang perlu diperhatikan sebelum anjing divaksinasi?

Saat anjing kamu akan divaksinasi, ia harus dalam kondisi sehat, karena vaksinasi merupakan suatu tindakan memasukkan bibit penyakit yang dilemahkan dengan tujuan untuk merangsang sistem imun.

Kondisi yang sehat secara klinis artinya temperatur tubuh-nya dalam derajat yang normal ( antara 38-39,5°C), nafsu makan baik, tidak diare, batuk, bersin, maupun terjangkit parasit seperti cacing dan kutu.

Perlu diperhatikan juga, anjing juga tidak disarankan untuk dilakukan vaksinasi pada saat kondisi lemah, baru dalam perjalanan jauh, maupun pada saat hamil.

Sebelum divaksin ada baiknya bila anjing atau kucing diberikan obat anti endoparasit( Obat Cacing ) atau ektoparasit ( Obat Kutu ) sehingga anjing dan kucing sudah terbebas dari penyakit cacingan dan penyakit yang disebabkan oleh kutu ( Scabies, Demodex ). Penyerapan vaksin bisa lebih maksimal bila hewan dalam keadaan sehat.

Berapa biaya vaksin untuk anjing?

Biaya vaksinasi (bervariasi tergantung dokter hewan bersangkutan):

  1. Vaksin I : Parvo I -> +/- Rp 50.000,-
  2. Vaksin II : Parvo II, Distemper, Lepto I, +2 atau 3 mcm vaksin lain -> +/- Rp 150.000,-
  3. Vaksin III -> Vaksin II ditambah rabies, +/- Rp 160.000,-

Umumnya setelah sekitar 4 bulan, program vaksinasi pada anjing harus dimulai.

 

Tagged with: , ,