Mata Kucing Berair Terus, Inilah Beberapa Sebabnya

 Mata Kucing Berair Terus, Inilah Beberapa Sebabnya
mata kucing berair terus

Jika kamu mempunyai hewan peliharaan kucing, dan suatu ketika pada hewan kucingmu terdapat masalah yaitu mata kucing berair terus. Ini merupaskan suatu pertanda bahwa ada masalah serius yang dialami oleh kucing.

Inilah Beberapa Sebab  Mata  Kucing Berair Terus dan Cara Untuk Mengobati

Air mata memang sangat berperan penting untuk menjaga mata tetap lembap dan untuk menghilangkan debu ataupun partikel – partikel kecil yang telah masuk kedalam mata. Namun, jika air mata yang keluar terlalu banyak atu dikenal dengan mata berair, hal itu bisa menjadi adanya pertanda masalah kesehatan.

Pada hewan kucing, mata berair bisa menandakan hewan kucing mengalami infeksi mata. Konjungtivitis adalah infeksi pada mata yang paling sering terjadi dialami oleh kucing. Yaitu selaput yang berfungsi menutupi permukaan bagian dalam pada kelopak mata dan putih pada mata. Selain menyebabkan mata kucing berair terus, konjungtivitis juga bisa membuat mata bengkak kemerahan.

Penyebab kucing mengeluarkan air mata berlebih

Ada banyak sekali hal yang dapat menjadi penyebab, antara lain :

  • Infeksi Pada Mata

Infeksi pada mata bisa diakibatkan oleh luka di mata atau ada benda asing yang masuk ke dalam area mata, seperti kotoran, debu atau pasir. Anak kucing yang baru saja lahir biasanya mengalami infeksi mata yang terjadi pada vagina ibu pada saat akan lahir, serta setelah dilahirkan di lingkungan yang tak bersih

Penyakit yang banyak disebabkan oleh virus maupun bakteri yang menginfeksi mata salah satunya yaitu klamidofilosis kucing. Penyakit ini yaitu seperti adanya cairan berwarna hijau ataupun kuning yang merupakan pertanda adanya infeksi pada mata.

  • Bisul Atau Ulkus Mata Pada Kucing

Mata kucing berair terus juga bisa disebabkan oleh bisul.  Bisul yang timbul menyebabkan produksi mata air menjadi bertambah serta mengeluarkan lendir. Tanda – tanda lain pada ulkus mata kucing yaitu, mata memerah, sensitif cahaya, sering mengedipkan mata, menggosok mata menggunakan kaki atau mata kucing berkabut.

  • Alergi pada kucing

Ternyata mata yang berair bisa juga disebabkan dari alergi. Pada hewan kucing bisa terkena alergi terhadap berbagai zat, seperti serbuk sari tumbuhan atau debu.  Tanda – tanda lain yang menunjukkan kucing terkena alergi yaitu kucing seringkali bersin dan gatal.

  • Penyakit epifora

Mata berair yang seperti banjir air mata dikenal dengan istilah bernama epifora. Epifora terjadi ketika ada masalah pada saluran hidung ke saluran air mata yang mengakibatkan produksi air mata menjadi banyak. Biasanya masalah tersebut terjadi adanya pembengkakan yang disebabkan rinitis atau sinus yang mengakibatkan bengkaknya jaringan mata.

Baca Juga : Ketahui Beberapa Jenis Penyakit Mata Anjing Pug

Produksi air mata yang berlebihan bisa terjadi karena muncul rambut – rambut kecil  di permukaan bawah kelopak pada mata. Adapun sebagian ras kucing rentan terhadap penyakit epifora antara lain dari ras brachycephalic (ras kucing berwajah datar) yang mencakup sebagian ras persia dan ras exotic shorthairs.

Karena pada ras ini kucing memiliki moncong yang pendek mengakibatkan air mata tidak bisa mengalir normal masuk kedalam hidung.

Cara untuk mengobati

Cara mengobati mata kucing berair terus tergantung dari pada penyebab. Berikut ini perawatan yang bisa kamu lakukan pada kucing.

  • Kamu dapat mengangkat benda asing yang bersarang pada mata kucing
  • Memberikan obat antihistamin untuk mengendalikan munculnya alergi
  • Kamu bisa juga memberikan antibiotik topikal untuk mengatasi infeksi mata atau konjungtivitis
  • Memakaikan corong pelindung pada kucing untuk mencegah gesekan pada mata.

Bila kamu melihat mata kucing berair terus, sebaiknya konsultasikan kepada dokter hewan. Dokter hewan mungkin akan membantu kamu dan memberikan diagnosis sekaligus pengobatan yang tepat terhadap kucing peliharaan kamu.