Membantu Kucing Bersalin Paling Mudah, Inilah Caranya

Membantu Kucing Bersalin Paling Mudah, Inilah Caranya
membantu kucing bersalin

Biasanya kucing akan melahirkan setelah mengandung sekitar 63 hari lamanya. Jika kamu belum tahu kapan pastinya kucing milikmu mulai hamil, tentu kamu tidak akan mengetahui kapan mereka akan melahirkan. Maka dari itu kamu perlu tahu tanda-tanda kucing ketika akan bersalin beserta cara membantu kucing bersalin.

Tanda Kucing Betina Akan Melahirkan

Selain mengetahui cara membantu kucing bersalin juga penting untuk tahu tanda apa saja yang ditunjukkan kucing jika ingin melahirkan. Berikut ini tanda-tanda yang bisa kamu amati:

  • Kucing akan mondar mandir atau mencari tempat yang nyaman untuk proses bersalinnya.
  • Tidak memiliki nafsu makan.
  • Bulunya akan rontok banyak
  • Kerap kali menjilati tubuhnya terlebih pada bagian kelaminnya untuk mempersiapkan tubuhnya akan melahirkan.
  • Muntah
  • Suhu tubuh kucing akan menurun
  • Serta mengeong dengan keras.

Simak Nih Cara Membantu Kucing Bersalin

Setelah mengetahui tanda kucing akan bersalin berikut kamu perlu tahu cara paling tepat untuk bisa membantu kucing bersalin. Jika kucing kamu akan bersalin sebaiknya ikuti cara ini untuk membantunya.

  1. Mengamati tingkah laku kucing

Jika kucing akan melahirkan biasanya akan menunjukkan tanda yang disebut di atas salah satunya gelisah dan terlihat bingung. Kamu bisa melihat perubahan perilakunya tersebut mulai dari kebiasaan makan atau biasanya menyendiri dan berubah semakin manja.

  1. Mempersiakan tempat untuk bersalin

Ketika proses bersalin kucing membutuhkan tempat yang nyaman dan hangat serta aman dari berbagai ancaman. Ketika mereka mulai mencari tempat untuk bersalin kamu bisa membantunya dan menggiringnya ke tempat yang sudah kamu siapkan. Pastikan bahwa tempat yang sudah kamu persiapkan tersebut jauh dari ancaman yang membahayakan kucing.

  1. Persiapan kucing bersalin

Ketika kucing akan melahirkan sebaiknya kamu bantu dengan memberinya makan dengan makanan yang bernutrisi tinggi dan pastikan bahwa dia memakan makannya. Sebab ketika akan melahirkan kucing akan kehilangan nafsu makannya.

Jika kucing milikmu memiliki bulu yang panjang untuk persiapan bersalin sebaiknya potong rambut bagian kelaminnya untuk memudahkan dia ketika bersalin. Kamu juga bisa memotong rambut kucing di sekitar putingnya hal ini agar memudahkan bayi kucing menemukan puting susu ibunya.

  1. Mempersiapkan diri

Selain persiapan di atas kamu juga membutuhkan beberapa hal untuk menanggulangi jika terjadi hal yang darurat. Kamu bisa mempersiapkan tas carrier kucing jika ketika proses bersalin terdapat masalah dan mengharuskannya pergi ke dokter hewan.

Ketika proses bersalin sebaiknya pastikan kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter hewan jika kucing mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Persiapkan handuk bersih ini berfungsi untuk membersihkan bayi kucing usai dilahirkan.

Mengetahui dan Mengamati Durasi Kehamilan

Durasi kehamilan pada kucing memang tidak bisa dipastikan kapan mereka mengandung. Namun bila kucing kamu sudah hamil lebih dari 67 hari, sebaiknya untuk segera membawanya ke dokter hewan agar bisa diperiksa dengan lebih lanjut.

Dokter akan memeriksa keadaan perut kucing apakah bayi kucing yang ada di dalam masih dalam keadaan sehat atau tidak. Biasanya jika anak yang dikandungnya masih dalam keadaan baik dokter akan menunggu proses bersalin normal 4 hingga 5 hari berikutnya.

Jika sudah lewat harinya tetapi kucing masih belum melahirkan maka dokter akan memberi penanganan operasi cesar supaya induk dan bayi kucing dapat diselamatkan.

Itulah cara membantu kucing bersalin yang bisa kamu terapkan dan bisa mempermudah proses bersalinnya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan bisa membantu sembari menunggu proses bersalin kucing kesayangan kamu.