Membuat Oralit Untuk Kucing yang Terkena Diare

Membuat Oralit Untuk Kucing yang Terkena Diare

Mengadopsi kucing wajib memikirkan masalah kesehatannya. Apabila kucing peliharaanmu mengalami problem, misalnya diare, salah satu langkah tradisional supaya dapat mengobatinya ialah dengan memberi dia oralit. Bila kamu belum tahu bagaimana cara melakukannya, kamu baiknya membaca beberapa langkah membuat oralit untuk kucing diare seperti dibawah ini.

Obat tradisional seperti oralit bisa dibuat sendiri ataupun pakai oralit khusus untuk binatang. Obat ini diberikan supaya bisa mengobati kucing yang mengalami kondisi diare serta dehidrasi.

Beberapa Step Membuat Oralit Untuk Kucing

Apabila tidak mampu menemukan obat oralit yang tersedia di toko obat, kamu bisa membuatnya sendiri menggunakan beberapa bahan yang ada di rumahmu. Selanjutnya, bahan yang dipakai hanyalah garam dan juga gula.

Jumlah air yang diperlukan ialah kurang lebih 200ml. Lalu kamu perlu mengambil ½ sdt garam dan gula serta dilarutkan ke air. Aduk sampai larut, lalu takaran memberikannya juga sama layaknya oralit yang biasanya ditemukan di toko obat.

Sejumlah Alasan Kucing Terkena Diare

  • Mengkonsumsi Makanan Basi

Apabila kamu memberi makanan kepada kucing baik wet food ataupun dry food, boleh jadi itu telah kadaluarsa maupun terlalu lama terbuka. Kedua macam pakan tersebut memang tak mampu disimpan secara sembarangan.

Kalau makanan kucing yang telah terbuka tak dikemas dengan bagus, pastinya hal itu akan berjamur serta bakteri dapat tumbuh disana. Ini sangatlah berbahaya untuk kucing serta dapat mengakibatkan diare ringan bahkan berat.

  • Cuaca

Tak hanya pada manusia, cuaca yang tidak terlalu stabil juga akan mengganggu sistem kekebalan kucing peliharaan. Cuaca yang dingin kemudian mendadak jadi panas dapat mengakibatkan sistem imunnya menurun.

Saat seperti ini, maka kucingmu rentan terkena beberapa penyakit. Bahkan apabila tak diawasi, diare ini dapat memiliki efek buruk. Oleh karenanya, kalau musim berubah secara ekstrem, disarankan memberi vitamin khusus supaya sistem imum kucing dapat terus terjaga.

  • Alergi

Pastinya kamu tahu kalau sistem pencernaan kucing lumayan sensitif ketimbang binatang peliharaan lain. Sehingga perlu memberikan makanan terbaik untuknya.

Kalau tidak demikian, kucing dapat mengalami kondisi intoleransi pada makanan dan alergi tersebut mampu memunculkan diare. Di banyak kasus, kondisi semacam ini banyak menjadi faktor utama kucing yang mengalami diare parah.

  • Susu

Susu yang diminum manusia banyak mengandung laktosa, dimana tubuh seekor kucing tak punya sistem yang mampu memecah laktosa. Saat kucing minum susu manusia, muncul potensi kalau kucing muntah kemudian disertai diare.

Susu memang punya khasiat yang baik sekali bagi kucing. Tetapi, disarankan membeli susu khusus bagi binatang ataupun bisa membeberi susu yang kandungan laktosanya rendah.

  • Stres

Kucing bisa saja stres dalam keadaan tertentu. Yang dimana stres ini bisa menimbulkan diare ringan hingga parah. Alasan yang membuat kucing peliharaan stres bervariasi, misalnya pemberian makan yang tak teratur, jarang diajak bermain, dan lainnya. Rasa stres yang dialami oleh kucing itulah yang mampu membuat sistem imunnya kurang stabil.

Kalau seperti ini, kucing rentan terserang beberapa penyakit, tidak terkecuali diare. Stres bisa menimbulkan penyakit cukup parah.

  • Air Minum Kurang Bersih

Kucing yang meminum air kurang bersih dapat menimbulkan diare. Disarankan supaya memberi cairan bersih atau sudah dimasak lebih dahulu.

Sekarang kamu mengetahui beberapa step membuat oralit untuk kucing diare serta penyebabnya. Jangan terlalu khawatir saat kucing peliharaan mengalami diare dan keadaannya terlihat masih segar. Berikan saja dia oralit supaya tak membuat tubuhnya mengalami dehidrasi.