Memilih Makanan Untuk Kucing Sakit Ginjal

Memilih Makanan Untuk Kucing Sakit Ginjal

Sakit ginjal dapat membuat kucing mengalami banyak gangguan kesehatan. Pemilihan makanan yang cocok dapat membantu meringankan kinerja ginjalnya, sehingga kondisi kucing tak semakin parah. Kuncinya ialah makanan bagi kucing yang terserang sakit ginjal wajib rendah fosfor, natrium, dan protein. Berikut adalah beberapa tips memilih makanan untuk kucing sakit ginjal.

Biasanya kucing yang terkena masalah ginjal mengalami tanda-tanda seperti bau mulut, lesu, penurunan nafsu makan dan berat tubuh menurun. Tanda lainnya semisal diare, muntah, sering buang urine.

Saat didiagnosa terkena sakit ginjal, tentunya kamu tak bisa sembarangan memberi makan. Karena, pemilihan makanan penting sekali agar bisa mencegah penyakit ginjal tidak berkembang jadi semakin parah.

Cara Tepat Memilih Makanan Untuk Kucing Sakit Ginjal

Umumnya, pola makan bagi kucing yang terkena penyakit ginjal berfokus mengurangi fosfor, natrium, dan protein. Dibawah ini adalah tips memilih makanan saat kucing terkena penyakit ginjal:

  • Pilih Makanan Rendah Sodium

Konsumsi natrium atau sodium berlebih bisa meningkatkan tekanan darah serta semakin memperburuk ginjal. Baiknya kamu harus menghindari pemberikan pakan yang tinggi natrium bagi kucing, seperti keju asin atau daging olahan.

  • Pilih Makanan Rendah Fosfor

Ketika fungsi ginjal buruk, fosfor merupakan salah satu dari zat yang tak bisa disaring. Saat zat tersebut menumpuk di dalam aliran darah, kucing mulai merasa sakit lalu fungsi ginjal akan menurun dengan cepat. Langkah terbaik mencegah dampak ini ialah mengurangi kandungan fosfor didalam makanan kucing.

  • Pilih Makanan Rendah Protein

Protein yang sudah rusak selama pencernaan bisa berubah jadi limbah. Seharusnya, ginjal yang sehat bisa menyaring limbah tersebut lalu mengirimnya ke kotoran atau urine. Tapi ketika kucing kehilangan kinerja ginjal, ginjalnya sulit mengeluarkan limbah ini.

Alih-alih lewat tubuh, limbah dapat berada di dalam aliran darah. Oleh karena itu, pilihlah makanan yang memiliki rendah protein.

  • Cukup Hidrasi

Penyakit ginjal mengakibatkan kucing membuang urine secara berlebih serta penurunan nafsu makan. Hal ini membuat dia terkena dehidrasi. Banyak kucing yang mengandalkan suntikan cairan seperti subkutan agar selalu terhidrasi, namun ada tips lain yang dapat dilakukan agar bisa memenuhi kebutuhan cairannya.

Kandungan air dalam wet food sekitar 70%. Makanan ini dapat menjadi sumber hidrasi yang paling gampang.

  • Pilih Makanan yang Memiliki Vitamin B Ekstra

Kekurangan vitamin B sering dikaitkan dengan kehilangan nafsu makan serta kesehatan buruk secara menyeluruh. Jadi, kamu perlu memilih makanan yang memiliki kandungan vitamin B tambahan.

  • Pilih Makanan yang Banyak Mengandung Asam Lemak Omega 3

Banyak sekali kucing yang terkena penyakit ginjal mengembangkan radang ginjal atau nefritis. Pemberian asam lemak omega 3 seperti halnya DHA dan EPA bisa mengurangi peradangan serta membantu kucing menjadi lebih baik.

Sumber asam lemak omega 3 bisa kamu temukan di minyak ikan menhaden, minyak sarden, dan minyak salmon. Tak harus lewat makanan, sekarang sudah ada vitamin asam lemak omega 3 yang bagus untuk kucing peliharaan.

  • Jangan Berikan Makanan Asam

Banyak makanan kucing yang mengandung asam. Hewan kesayangan yang terkena penyakit ginjal sering mempunyai banyak asam pada perutnya. Maka dari itu, kamu dianjurkan memilih makanan yang tak akan membuat masalah itu bertambah parah.

Nah, itu saja penjelasan mengenai tips memilih makanan pada kucing sakit ginjal. Jika ada keluhan tentang kesehatan pada kucing peliharaan, kamu bisa mengonsultasikannya ke dokter hewan. Semoga bermanfaat.