Memotong Kuku Anjing di Rumah Itu Mudah, Ini Caranya

Memotong Kuku Anjing di Rumah Itu Mudah, Ini Caranya
memotong kuku anjing

Selain memandikan anjing, ada juga beberapa metode dan tips yang dapat kalian lakukan untuk menjaga kebersihannya. Salah satunya ialah dengan memotong kuku anjing, bahkan tips ini bisa kalian lakukan mandiri di rumah. Tapi tetap saja, untuk melakukannya kalian harus mengetahui beberapa cara lebih dulu supaya aktisitas seperti ini tak akan menjadi hal yang terlihat menakutkan untuk anjingmu.

Kuku anjing yang sudah panjang dan tidak terawat dapat mempengaruhi posturnya, baik ketika berjalan ataupun berdiri. Waktu yang tepat memotong kukunya ialah ketika bagian ini melebihi batas telapak kaki.

Ikuti Cara Memotong Kuku Anjing yang Aman Untuk Pemula

  • Perkenalkan Anjingmu dengan Beberapa Peralatan

Supaya anjing tak kaget dengan peralatan, kalian dapat memperkenalkan satu hingga dua hari sebelum memotong kukunya. Kalian dapat membiarkannya mengendus kikir dan gunting yang akan digunakan. Jika kalian memakai kikir elektronik, cobalah untuk dinyalakan supaya anjingmu terbiasa dengan suara yang dikeluarkan.

  • Pilih Lokasi yang Nyaman dan Tenang

Jangan lupa memilih tempat yang tenang serta terbebas dari gangguan ketika kalian tengah memotong kuku anjing. Pastikan lokasi tersebut nyaman bagi kalian berdua. Jika mempunyai ras anjing yang berukuran kecil, kalian dapat menahan tubuhnya sendiri serta tempatkan mereka pada permukaan yang datar serta kokoh.

  • Genggam Kaki dan Pencet Telapaknya

Mulailah dengan menggenggam salah satu kaki, selanjutnya letakkan ibu jarimu ke telapak kakinya. Berikutnya jari telunjukmu menggenggam bagian atas. Pencet ibu jari di telapak kaki sambil jari telunjuk mendorong salah satu dari jari yang akan dipotong. Secara otomatis itu akan memperpanjang kuku anjingmu sehingga mudah untuk dipotong.

  • Pakai Kikir

Jika kuku anjingmu gelap dan kalian kesulitan menemukan quicknya, kalian dapat melakukannya dengan pelan mulai ujung sampai kuku anjing terlihat sedikit pendek. Selain itu juga, kalian dapat memakai kikir elektrik ketika ingin memperoleh hasil yang akurat dan juga rapi.

Kikir kuku bisa secara khusus digunakan kepada jenis anjing yang masih kecil, ras anjing kecil, bahkan anjing yang sudah menua sehingga tak mudah mengalami pendarahan.

  • Berikan Cemilan Sebagai Hadiahnya

Kalian juga perlu memberikannya hadiah berupa cemilan sebagai bentuk penghargaan dan mencegah anjingmu tidak stres. Selain itu juga, memberi hadiah bisa menjadi stimulus untuk anjing memahami jika kegiatan memotong kuku merupakan hal yang menyenangkan.

Beberapa Tips Memangkas Kuku Anjing yang Harus Diketahui

Selain cara yang sudah dibahas tadi, ada tambahan berupa tips yang sebaiknya kalian ketahui:

  • Jika kalian memelihara anjing yang masih kecil, ada baiknya kalian memperkenalkan kegiatan menggunting kuku dari awal supaya jadi kegiatan yang dia kenali.
  • Jangan potong kuku anjing ketika mereka dalam kondisi stres, sakit, serta berperilaku agresif, lantaran itu beresiko membuat kalian berdua kurang nyaman.
  • Lakukanlah aktivitas ini secara tenang serta pakai kalimat yang persuasif supaya berguna menenangkan ajingmu selama proses menggunting kukunya.
  • Segera datang ke dokter hewan jika anjingmu selalu berperilaku agresif ketika ingin potong kuku. Kuku anjing memiliki warna gelap sehingga itu akan mempersulit saat ingin mendeteksi quick, serta kuku mereka mengalami pendarahan ketika kalian menanganinya seorang diri.

Itulah tips dan cara memotong kuku anjing yang aman dan dapat kalian lakukan sendiri. Menggunting kuku anjing bukan hal yang mudah dan bisa dilakukan secara cepat. Lakukan pelan-pelan supaya anjing selalu tenang dan tak berontak.