Mengajari Anjing Pakai Tali Tuntun, Biar Mudah Bermain Bersama Anabul

Mengajari Anjing Pakai Tali Tuntun, Biar Mudah Bermain Bersama Anabul
Mengajari Anjing Pakai Tali Tuntun

Mungkin ada banyak orang yang meraasa bingung bagaimana cara mengajari anjing pakai tali tuntun. Sebab anjing lebih senang menggigit tali tersebut sehingga talinya menjadi rusak. Namun hal ini dapat dihindari dan anjing kamu juga bisa beradaptasi saat berjalan menggunakan tali itu.

Pada dasarnya, pemakaian tali tuntun atau leash ini tak boleh sampai menekan atau menyeret anjing peliharaanmu sebab itu hanya akan membuat perilakukan menjadi semakin kaku. Kemudian, bagaimana cara mengajarinya? Jangan khawatir, disini kita akan membahas tentang beberapa tips yang bisa membantu kamu untuk melatih anjing kesayangan.

Tips Mengajari Anjing Pakai Tali Tuntun, Biar Mau Di Ajak Berkeliling

  • Pilih Jenis Tali

Ini merupakan tali yang pendek dan akan membuat anjing peliharaanmu selalu berada di sebelah kamu. Tali jenis ini akan membantumu memperbaiki tindakan negatif dengan cara cepat serta efektif dengan mengarahkannya untuk tidak berbat onar.

  • Hindari Teknik Pelatihan yang Berbasis Hukuman

Jangan menggunakan kaling tali yang bercabang atau rantai, itu akan memungkinkan anjingmu tersedak atau menimbulkan rasa sakit ketika ditarik. Tali ini tak hanya bisa mengakibatkan cedera fisik. Tali jenis ini hanya akan membuat anjingmu merasa ketakutan datipada membantu mereka belajar secara positif.

Jika anjingmu melawan dan tidak patuh pada arahanmu, jangan langsung memukulnya, hal semacam ini akan membuat dia semakin takut denganmu dan juga kehilangan kepercayaan kepada majikannya.

  • Atasi Kegembiraan yang Berlebih Pada Anjing

Kemungkinan anjing akan merasa senang jika ada disebelahmu. Nah, cara untuk memasangkan tali tuntun kepada anjing adalah sebagai berikut:

  • Jepit tali pengikat serta lepaskan anjing didalam rumah, jangan berjalan-jalan. Tujuannya ialah untuk mematahkan pemikiran bahwa lantaran anjing mempunyai petunjuk, maka dia kan berjalan-jalan.
  • Contohnya, ketika kamu berada di dalam rumah, pasang tali tuntun namun lakukan aktivitas normal didalam rumah. Selepas 10 menit, lepaskan ikatan tersebut. Ulangi proses semacam ini tiap 30 menit ataupun lebih.

Baca Juga Cara Mengajari Anjing Memakai Leash

Anjing akan sering menarik lantaran mereka terlalu bersemangat untuk pergi ke sebuah tempat, biasanya adalah lokasi menarik dan penuh bau seperti taman. Berikan camilan sebagai imbalan jika anjingmu berhasil menahan rasa bersemangat yang berlebih, lakukan proses ini berulang kali.

  • Atasi Semangat Berlebih Saat akan Keluar dari Pintu

Setelah anjingmu merasa tenang ketika dipasangi tali tuntun, coba untuk membawanya keluar. Kemungkinan besar ini bakal langsung menaikkan semangatnya. Untuk mengatasi rasa bersemangat yang berlebih, sisihkan waktu sebentar untuk keluar dari rumah dan berjalan-jalan.

  • Ajari untuk Berhenti Menarik Tali

Bagian ini membutuhkan waktu yang cukup banyak. Ajari anjingmu untuk meninggalkan rumah secara tenang. Setelah anjingmu mulai menarik tali, kamu harus berhenti, pegang tali dengan kuat, namun jangan sampai menarik kembali.

Jika anjingmu memerlukan banyak proses latihan, cobalah untuk bermain bola di depan rumah, hal ini akan membuatnya lelah lebih dulu supaya dapat berolahraga.

  • Beri Camilan Sebagai Imbalan

Ketika anjingmu menoleh untuk melihatmu, berikan kalimat pujian kepadanya, kemudian maju dan teruslah berjalan. Kurang lebih lakukan hal ini 3 hingga 4 kali, setelahnya beri dia cemilan sebagai hadiah.

Nah demikian penjelasan mengenai cara mengajari anjing pakai tali tuntun. Yang jadi tantangan dari latihan ini ialah saat anjingmu berhenti dan tak ingin berjalan. Kamu tak boleh menariknya secara kasar. Yang harus dilakukan hanyalah memanggil anjingmu supaya mendekat dan berikan dia pujian.