Berikut Ini Berbagai Cara Mengatasi Anjing Ketakutan

Berikut Ini Berbagai Cara Mengatasi Anjing Ketakutan
Mengatasi anjing ketakutan

Mengatasi anjing ketakutan merupakan hal yang sangat penting. Anjing sering kali merasa ketakutan jika ada yang membahayakan dirinya. Sama seperti manusia, perilaku ketakutan yang terus menerus akan membuat tidak nyaman bahkan bisa menyebabkan bisa mengakibatkan stress.

Penyebab anjing ketautan sering kali terjadi karena kurangnya sosialisasi dengan lingkungan sekitar, phobia terhadap sesuatu bahan pengalaman buruk yang pernah menimpanya. Jika sudah mengalami hal tersebut, anjing akan menunjukan perilaku ketakutan seperti gemetar, menggonggong tak karuan bahkan perilaku agresif dengan menyerang siapa pun.

Penyebab Anjing Kalian Merasa Takut

  1. Takut Halilintar

Kebanyakan anjing memiliki phobia atau ketakutan terhadap halilintar. Namun tingkat ketakutan setiap anjing sangat berbeda-beda. Saat anjing tidak terlalu takut terhadap halilintar maka tubuhnya ditandai dengan telinganya yang sedikit turun ke bawah serta ekornya akan terlipat.

Sedangkan anjing yang sangat takut terhadap halilintar akan mencari tempat persembunyian seperti di bawah perabotan rumah. Dengan begitu anjing akan merasa sedikit aman.

  1. Takut sendirian

Sama seperti manusia, ternyata ada anjing yang sangat takut jika ditinggal sendirian. Apabila kondisi seperti ini sering terjadi bisa menyebabkan anjing mengalami separation anxiety.

Separation anxiety pada anjing yang tidak segera ditangani akan menyebabkan anjing memiliki perilaku destruktif. Anjing juga akan menggonggong berlebihan hingga kabur dari rumah.

  1. Takut kembang api

Suara kembang api yang relatif keras ternyata bisa membuat anjing merasa ketakutan. Takut kembang api ini juga sering terjadi pada kucing. Selain itu cahaya kembang api yang terang dan ta beraturan menjadi penyebab anjing merasa takut.

  1. Takut naik kendaraan

Banyak anjing yang suka diaja berjalan-jalan menggunaan sepeda motor maupun mobil. Namun ada beberapa anjing yang tidak menyukainya. Ini biasanya disebaban karena dari awal tidak merasa familier dan mugkin juga mabuk darat.

Ketautan pada anjing secara otomatis akan terlihat melalui bahasa tubuhnya. Untuk mengatasi anjing ketakutaan dapat dilakukan dengan berbagai cara.  Tentunya kamu harus memahami apa penyebab anjing ketakutan hingga bahasa tubuh anjing dengan baik.

Jangan Ikut Panik, Inilah Cara Mengatasi Anjing Ketakutan

  • Mengetahui bahasa tubuh anjing ketika merasa takut

Anjing memiliki bahasa tubuh yang sangat kompleks. Terkadang bahasa tubuhnya sangat sulit untuk dibaca. Hal ini arena setiap anjing memiliki reaksi yang berbeda-beda saat mengalami ketakutan.

Anjing yang merasa terancam atau ketakutan akan terlihat sangat agresif hingga menyerang siapa pun yang mengancamnya.

  • Memahami penyebab ketakutan anjing

Penyebab anjing merasa ketakutan adalah seperti uraian di atas tadi. Penyebab tersebut harus diketahui dengan jelas untuk mengantisipasi hal tersebut terjadi. Namun ketakutan anjing tersebut bisa diatasi dengan perlahan-lahan memberi pengenalan kepada anjing bahwa ketautannya bisa disembuhan.

  • Meminimalisir penyebab ketakutan

Hal yang harus dilakukan ketia anjing memiliki sebuah ketakutan adalah meminimalisir penyebabnya. Jika sudah dipastikan anjing tidak menyukai ketautannya, kamu bisa langsung menghindarkannya.

Atau kamu juga bisa membawa anjing di tempat yang membuatnya nyaman sehingga ketakutannya perlahan akan hilang.

  • Mengalihkan perhatian anjing

Kamu bisa melatih anjing untuk fous terhadap hal lain yang disukainya. Jangan terlalu fokus pada penyebab ketakutan anjing saja. Karena hal ini tidak akan membuat anjing berkembang lebih baik.

  • Mengelus-elus anjing

Memberikan perhatian kepada anjing dengan cara mengelus-elusnya akan membuat anjing merasa tenang. Dengan begitu anjing tidak akan berperilaku agresif hingga membahayakan.

  • Melatih anjing

Saat anjing merasa cemas, takut hingga gemetar bisa jadi disebabkan karena kurangnya latihan pada anjing. Oleh karena itu sebagai pemiliknya, kamu harus mendorong anjing untuk berperilaku positif agar tidak mudah merasa takut.

Itulah berbagai cara mengatasi anjing ketakutan yang perlu kamu lakukan. Dengan begitu kamu tidak perlu ikut cemas saat anjing kamu sedang ketakutan.