Jangan Bingung Atasi Anjing Picky Eater, Anjing Pilih-Pilih Makanan

Jangan Bingung Atasi Anjing Picky Eater, Anjing Pilih-Pilih Makanan
anjing pilih-pilih makanan

Memiliki hewan peliharaan di rumah bisa dikatakan gampang-gampang susah. Tidak terkecuali memelihara anjing. Meski tampaknya anjing merupakan hewan penurut yang selalu melahap apapun yang diberi, hewan satu ini terkadang juga mengalami picky eater atau yang kerap disebut dengan “anjing pilih-pilih makanan.”

Untuk mengatasi mereka suka seperti tersebut, Anda harus mengenali penyebabnya terlebih dahulu. Ada beberapa hal yang menyebabkan anjing jadi jarang suka dengan makanan biasa. Penyebab pertama biasanya dipengaruhi faktor stress. Anjing yang merasa stress cenderung lebih berperilaku menyimpang dari biasanya.

Penyebab lainnya bisa dikarenakan efek vaksinasi yang sifatnya hanya semestara. Kemudian adanya masalah pada kesehatan mulut dan gigi, masalah pada pencernaan, adanya kemungkinan hamil pada anjing, atau bahkan makanan yang Anda tawarkan kurang menarik bagi anjing kesayangan Anda.

Tips Mengatasi Anjing Pilih-pilih Makanan

Jika anjing kesayangan Anda menunjukkan perilaku pilih-pilih makanan, Anda tidak perlu khawatir. Perhatikan pola perilakunya untuk melihat menyebab anjing jadi berperilaku seperti itu. Kemudian lakukan beberapa tips berikut untuk mengatasi anjing jarang makan karena suka seperti itu.

Pertama, cari altenatif makanan yang mungkin menarik anjing

Untuk mengatasi anjing pilih-pilih makanan, Anda bisa mencoba untuk mecari lebih jauh makanan yang diinginkan anjing. Pilihlah beberapa makanan yang bervariatif, kemudian beri secara bersamaan. Biarkan anjing memilih makanannya. Dengan begitu Anda dapat melihat apakah ada makanan yang tampaknya menarik perhatian anjing peliharaan Anda.

Pastikan Anda melihat secara langsung reaksi anjing saat menghadari makanan yang bervariatif sehingga dapat diidentifikasi penyebab anjing jadi pilih-pilih makanan.

Kedua, jangan berbagi makanan ke anjing lain di depannya

Banyak dari mereka yang memiliki peliharaan anjing kerapa kali saling berbagi makanan dengan harapan nafsu makan anjing menjadi meningkat. Padahal kenyataannya, hal tersebut mengganggu psikologis anjing. Kejadian tersebut kerap membuat nafsu makan anjing hilang atau tiba-tiba merasa kenyang.

Agar tidak berdampak pada anjing Anda, pastikan Anda tidak menyinggung perasaannya dengan tidak memberikan makanannya ke anjing lain tepat di depannya. Dengan begitu, anjing tidak merasa terganggu saat ia sedang menikmati makanan.

Ketiga, lakukan penjadwalan makan

Melakukan penjadwalan makan mungkin tampak sedikit ekstrem untuk mengatasi anjing pilih-pilih makanan. Melakukan penjadwalan makan pada anjing lebih ke arah mengajarkan anjing agar tidak melewatkan makannya,.

Tawarkan makanan pada waktu yang sama setiap harinya dan batasi waktu makannya. Misalnya tiga kali dalam sehari dengan kurun waktu 20-30 menit. Apabila anjing tidak memakannya, ambil kembali jatah makanan tersebut. Namun apabila  anjing Anda tidak merespon, ada baiknya jika melakukan cara lainnya.

Terakhir, atasi penyebab masalah perilakunya

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada beberapa penyebab yang membuat anjing menjadi pilih-pilih makanan. Luangkan waktu Anda untuk mengamati apa yang sebenarnya sedang dicemaskan oleh anjing kesayangan Anda. Bisa jadi, anjing Anda merasa tidak cocok dengan rasa makanan yang baru, suasana yang baru, atau justru faktor kesehatan.

Anda juga perlu memastikan apakah anjing kesayangan anda tidak stress atau terganggu secara psikologi. Pada umumnya, hewan akan kehilangan nafsu makan ketika sedang stress karena lingkungan ataupun kesehatan.

Untuk membantu Anda memastikan jawabannya, Anda bisa membawa ke dokter hewan untuk periksa kesehatan anjing terutama yang berkaitan dengan proses pencernaan. Bisa jadi anjing Anda menjadi pilih-pilih makanan karena ada masalah saat ia makan.

Beberapa tips di atas layak Anda coba untuk mengatasi anjing pilih-pilih makanan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!