Begini Cara Benar Mengatasi Kucing Hairball

Begini Cara Benar Mengatasi Kucing Hairball
mengatasi kucing hairball

Kalian yang memelihara kucing kemungkinan besar akan berurusan dengan masalah seperti hairball. Hal seperti ini memang kurang menyenangkan. Muntahan hairball sering terasa cukup menjijikann untuk yang membersihkannya. Ditambah lagi pada beberapa kasus hairball pernah membuat si pemilik khawatir. Bisa membawa masalah yang lebih serius. Berikut akan kita bahas cara mengatasi kucing hairball.

Jangan khawatir lebih dulu, karena sebetulnya hairball adalah kondisi yang wajar terjadi, bahkan hairball penting sekali dilakukan guna menjaga kesehatan kucing kesayangan kalian.

Cara Mengatasi Kucing Hairball

Hairball bukan hal yang bisa dicegah, tapi tidak berati juga kalian bisa membiarkan begitu saja. Pada perkembangannya, ada beberapa langkah untuk mengurangi kucing mengalami hairball.

  • Mengganti Makanannya

Terdapat beberapa macam makanan yang diberi formulasi khusus mengurangi kucing hairball. Biasanya makanan ini mempunyai serat yang lumayan tinggi sehingga bulu yang ada didalam perut kucing mampu dicerna dengan baik oleh tubuh.

  • Grooming Secara Berkala

Melakukan grooming adalah hal yang bisa kalian lakukan demi mencegah terjadinya hairball. Hal ini disebabkan semakin banyak bulu rontok yang dicabut, besar kemungkinan kucingmu menelan bula akan semakin sedikit juga. Kalian bisa menyisir bulu dengan teratur demi mengurangi potensi hairball ditambah lagi hal ini bisa dipakai sebagai cara membuat hubungan dengan kucingmu semakin dekat.

  • Potong Bulu Dengan Teratur

Cara mengatasi hairball lainnya bisa dilakukan adalah memotong bulunya yang terlihat khusus ataupun terlalu panjang dengan teratur. Hal itu bakal mencegah bulu tersebut ronto dan menggumpal. Jika bulunya tidak kusut, ketika tertelan bisa melewati sistem pencernaan dengan mudah dan tanpa ada masalah.

Tanda-tanda Terkena

Sebaiknya kalian mengetahui gejala kucing mengalami hairball setelah mengetahui cara untuk mengatasinya. Tanda-tandanya adalah sebagai berikut:

  • Mengalami diare
  • Mengalami konstipasi
  • Terlihat lelah dan lesu
  • Penurunan nafsu makan
  • Terlihat akan memuntahkan sesuatu terus menerus. Hal ini biasanya juga diikuti dengan batuk yang berkelanjutan. Kucing akan mengeluarkan suara seperti muntah terus-terusan

Penyebab

Hairball muncul lantaran kucingmu melakukan perawatan diri dengan cara menjilati tubuhnya.  Lalu bulu yang rontok itu akan tertelan menuju sistem pencernaan. Umumnya, sistem pencernaan pada kucing bisa mengatasi bulu yang sudah tertelan. Akan tetapi pada beberapa kasus, bulu tersebut tidak dapat dicerna kemudian tertinggal didalam perut sehingga akan membentuj hairball. Kucing harus memuntahkan bulu itu supaya sistem pencernaannya bersih.

Baca Juga : Pentingnya Mengerti Cara Membersihkan Telinga Kucing

Hairball seringkali terjadi kepada kucing yang memiliki bulu panjang, misalnya Maine Coon, Anggora, atau Persia. Hal ini muncul lantaran mereka suka sekali melakukan perawatan diri sehingga banyak bulu yang ditelan.

Cara Mengobati

Sebetulnya tak ada cara untuk mengobati kucing hairball sebab ini adalah kondisi yang sangat umum terjadi kepada kucing. Tapi, kalian bisa melakukan penanganan dengan memakai sejumlah produk yang berbasis petroleum yang mungkin dipakai membantu bulu yang tertelan supaya mampu dicerna dengan baik dalam sistem pencernaannya. Meskipun dijual secara bebas, pastikan kalian lebih dulu berkonsultasi kepada dokter hewan sebelum memilih untuk memberikan obat hairball tertentu.

Nah, itu saja ulasan cara mengatasi kucing hairball. Sebetulnya, ini bukan kondisi yang harus dikhawatirkan oleh pemilik kucing. Tapi, kalau hairball itu membuat kucing sering muntah hingga kehilangan energi serta nafsu makan yang menurun, kalian harus lebih memperhatikannya. Tanda-tanda itu menjadi tanda bila hairball sudah berpindah dari perut ke usus. Tidak hanya muntah, tanda-tanda itu dapat dibarengi dengan sembelit dan diare.