Mengenal Kucing Ocicat, Kucing dengan Kecelakaan Genetik

Mengenal Kucing Ocicat, Kucing dengan Kecelakaan Genetik
kucing ocicat

Jika diperhatikan sekilas, kucing Ocicat mungkin bakal mirip dengan tampilan kucing liar. Tapi anehnya mereka tidak mempunyai genetik samasekali dengan kucing liar. Meski penampilannya mirip dengan kucing liar, ternyata jenis ini mempunyai sifat yang bersahabat sekali. Diberi nama Ocicat lantaran mereka mirip sekali dengan kucing Ocelot.

Ocicat muncul karena hasil silangan yang dilakukan peternak dengan mengawinkan kucing Abyssinian dengan kucing siam. Selanjutnya hasilnya tersebut dicampurkan lagi dengan kucing American Shorthair  warna perak tabbies serta hasilnya baru menjadi Ocicat.

Sejarah Kucing Unik Ini Dimulai

Dimulai saat sejumlah peternak asal Virginia Daly mencoba melintasi genetik dan beberapa corak kucing Siam. Dalam percobaan itu, mereka menyilangkan beberapa jenis sekaligus, akhirnya pada 1864 muncul corak seperti halnya kucing Abyssinian yang selanjutnya hasilnya disilangkan lagi dengan Siam.

Sejatinya Abyss dan Siam tak mempunyai corak seperti macan tutul, oleh sebab itu, ini menjadi suatu kecelakaan yang sanggup membuat orang merasa seang pasalnya persilangan terakhirnya malah menghasilkan keturunan mantel dengan banyak motif corak macan tutul di seluruh tubuhnya.

Akhirnya Ocicat diakui beberapa organisasi internasional pada 1987. Selepas 6 tahun lamanya mengantri untuk mendapat status ras resmi yang ada.

Ocicat mempunyai karakteristik sebagai kucing yang suka sekali bermain dan juga setia kepada majikan. Mereka mencintai orang-orang yang dinilai olehnya merupakan keluarga. Uniknya lagi ras ini adalah ras kucing yang intensitas menandai wilayahnya cukup sering. Jadi, kamu jangan heran akan sering menemui bau sedikit pesing di beberapa sudut rumah.

Ocicat adalah kucing yang akan senang melakukan sambutan terhadap orang baru maupun tamu yang datang kerumahmu, jadi jenis ini sangat bersahabat dan gampang beradaptasi bersama orang baru.

Saudara jauh atau nenek moyangnya, kucing siam mewariskan jenis ini dengan kecenderungan lebih berisik. Khususnya saat sedang birahi, mereka bakal jauh lebih berisik lagi ketimbang masa-masa biasa.

Karakteristik Kucing Ocicat Perlu Kalian Ketahui

Ras Ocicat termasuk ras kucing yang kurang suka ditinggal dirumah sendiri. Mereka tak keberatan bila dirumah berdua dengan bintang lainnya, seperti anjing. Asalkan mereka tak sendiri, sebab sejatinya Ocicat merupakan makhluk sosial yang baik.

Jenis Bulu

Jenis ini sangat menonjol saat ada di keramaian lantaran mempunyai mantel bulu yang berbeda dengan jenis lainnya, terlihat sedikit liar tapi sangat mengesankan. Dia mempunyai mental bulu yang sangat halus dengan 12 warna, dan semuanya ada bintik-bintik seperti macan tutul.

Ocicat sama halnya dengan nenek moyangnya yang dimana mempunyai bulu yang disebut-sebut sebagai agouti [tiap rambut mempunyai beberapa pita warna].

Sederet bintik bulat nan menjalar pada beberapa bagian tulang belakang, tapi bintik itu lebih banyak berada pada bagian baju serta ujung belakang tubuhnya. Kucing ras ini mempunyai ekor yang bila dilihat akan terlihat layaknya sapuan kuas membentang horizontal.

Perawatan

Cara merawat Ocicat tidak terlalu sulit. Sebenarnya mereka hanya memerlukan teman hidup dan tak selalu manusia. Jadi untuk cara merawatnya yang sangat efektif ialah dengan memberikan dia teman lainnya, bisa kucing maupun anjing.

Ocicat mempunyai bulu pendek, sehingga harusnya kamu perlu menyisir selama seminggu sekali itu sudah cukup untuk menghilangkan bulu mati dan bisa saja jatuh ke lantai. Jenis kucing ini tak perlu sering dimandikan lantaran mereka tak mempunyai lapisan bulu bawah yang kuat dengan air, jadi bila kamu sering memandikan mereka, bisa saja dia sakit sebab sejatinya ia tidak terlalu kuat dengan air.

Perawatan tubuh lainnya seperti mata, sebetulnya sama saja dengan merawat mata kucing secara umum, yang dimana kamu hanya membutuhkan air hangat dan kapa untuk alasamu melakukan pembersihan mata.

Itulah penjelasan mengenai kucing Ocicat yang jadi salah satu jenis kucing hasil persilangan. Yang harus diperhatikan ketika memeliharanya ialah kamu harus meluangkan waktu untuk mengajak mereka bermain atau setidaknya mengelus kepala. Semoga bermanfaat!