Kenal Lebih Dekat Anjing Kintamani yang Diakui Dunia

Kenal Lebih Dekat Anjing Kintamani yang Diakui Dunia

Nama dari anjing Kintamani atau yang sering disebut dengan AKB ini memang semakin menyeruak. Mulai diminati oleh masyarakay Indonesia, terlebih setelah keberadaannya diakui secara sah oleh dunia internasional. Anjing AKB ini awalnya memang sudaj lebih dulu dipelihara oleh masyarakat Bali sebagai hewan peliharaan sekaligus hewan penjaga rumah dan lingkungan sekitar. Pemilihan anjing AKB ini bukan tanpa alasan, melainkan dari cara perawatannya yang dinilai lebih mudah dilakukan dari pada ras anjing murni.

Profil Anjing Kintamani si Anjing Endemik Menggemaskan

anjing kintamani

Ras AKB merupakan salah satu jenis anjing yang banyak ditemukan di kawasan Pegunungan Kintamani, Bali. Beberapa dokumen bersejarah bahkan menuliskan cerita awal dari hewan peliharaan dalam versi tradisional. Seperti halnya seperti Lontar Bali yang dinilai sangat berkaitan dengan hewan yang ada dalam masyarakat kuno.

Anjing AKB ini dikenal memiliki watak pemberani, bentuk tubuh yang ideal. Sehingga habitatnya yang cuku mudah dikenali oleh masyarakat sekitar. Anjing AKB ini juga memiliki spesifikasi seperti pigmentasi kulit, bentuk tubuhnya, tinggi badannya, mata, hidung, dan ekor yang sama dengan lontar Bali. Sehingga bisa dijadikan sebagai pedoman dasar dalam membedakannya.

Cara Merawat Aniing AKB Yang Benar

Anjing AKB termasuk jenis ras anjing yang memiliki pola hidup mandiri dan terbiasa tinggal di kawasan tinggi. Cara merawat anjing Kintamani ini memang sedikit berbeda dengan anjing ras murni.

Nah, cara merawat anjing pada umumnya adalah mengajaknya berinteraksi dengan cara bermain dengannya maupun berolahraga bersama. Anjing AKB memiliki pola di luar rumah, sehingga kurang baik jika aktivitasnya pasif dan tidak bergerak.

Seekor anjing yang sering dikurung di dalam kandang selama kurun waktu 3 hingga 12 jam, tentu akan membuatnya menjadi stress, agresif, hingga hiperaktif.

Jenis anjing AKB ini merupakan anjing yang cara perawatannya cukup sederhana. Serta kebutuhan dalam makanannya jarang sekali merespon adanya alergi. Anjing AKB memiliki sifat genetik alami yang membuatnya terbiasa hidup mandiri. Selama pemberian makanan dan minumannya bersih dan sehat, maka anjing AKB ini akan jarang sekali sakit dan rewel dalam memilih pakan.

Inilah Beberapa Keunikan dari Anjing AKB

Anjing AKB menjadi salah satu jenis ras hewan penjaga yang cukup populer dengan sifatnya yang pemberani. Selain pemberani, anjing AKB juga memiliki sifat tangkas dan waspada terhadap hal asing yang ada di sekitarnya.

Keunikan lain dari anjing AKB ini adalah dimana anjingnya berkarakter loyal terhadap majikan. Merupakan salah satu ras anjing yang dikenal ramah dan mudah dalam perawatannya. Selain memiliki warna bulu putih, jenis anjing AKB ini juga memiliki jenis warna lain seperti coklat dan hitam. Pastinya akan terlihat sangat bagus ketika dirawat dengan benar.

Kesehatan dari anjing Kintamani yang terjaga juga akan membuat warna bulunya terlihat mengkilap. Lebih bersinar ketika sedang berada di tempat yang memiliki banyak cahaya. AKB yang dikenal sebagai anjing penjaga ini memiliki karakter bertanggung jawab pada wilayah teritorial yang dimilikinya.

Hal ini bisa mengakibatkan timbulnya pertengkaran antara anjing AKB dengan anjing lainnya. Jika pada pertama hingga 1 bulan pertama tidak dikenalkan dengan lingkungannya terlebih dahulu. Keunikan lain dari anjing AKB ini adalah terlihat dari cara yang dilakukan ketika hendak melahirkan. Dimana anjing AKB ini akan terlihat menggaruk-garuk tanah untuk dibuatkan tempat perlindungan bagi anak-anaknya.