Menjaga Berat Badan Kucing Agar Tidak Obesitas

Menjaga Berat Badan Kucing Agar Tidak Obesitas
berat badan kucing

Memiliki kucing yang gemuk memang akan sangat lucu dan menyenangkan. Hal ini juga yang membuat banyak orang ingin memiliki kucing yang gemuk. Akan tetapi kucing yang terlalu gemuk bisa menyebabkan kucing yang obesitas. Oleh karena itu penting menjaga berat badan kucing agar tidak sampai obesitas atau terlalu gemuk.

Cara Menjaga Berat Badan Kucing Dengan Aman

Kucing yang sudah berhasil menurunkan berat badan setelah obesitas harus dijaga. Tujuannya agar berat badannya tersebut bisa tetap stabil atau ideal. Kamu perlu mempertahankan gaya hidup kucing yang sehat agar bisa tetap ideal. Pertama adalah dengan secara rutin menimbang berat badannya.

Paling tidak timbang atau ukur berat badannya setiap enam bulan sekali. Dengan begitu kamu akan tahu apakah berat badannya naik atau justru turun. Selain itu juga penting untuk menggunakan timbangan yang sama agar tidak terjadi kesalahan. Menjaga bobotnya memang bisa menjadi hal yang menyulitkan.

Akan tetapi hal ini penting untuk kesehatannya. Mengikuti program untuk penurunan berat badan kucing bisa menjadi solusi jika berat badannya sudah terlalu berlebihan. Namun penting untuk bertanya terlebih dulu pada dokter hewan. Tujuannya agar penerapannya bisa tetap aman untuk kucing kamu.

Jika bertanya secara langsung pada ahlinya, nantinya kamu bisa mendapatkan solusi dan saran untuk melakukan diet pada kucing dengan benar. Namun sebelum itu memang kamu perlu tahu berapa berat badan yang ideal untuk kucing. Setiap jenis kucing memiliki berat badan yang berbeda-beda.

Dengan mengetahui berat badan yang ideal, kamu akan lebih mudah untuk menjaga berat badan mereka.

Bobot Ideal Setiap Jenis Kucing

  1. Maine coon

Pertama adalah untuk jenis kucing maine coon. Kucing ini merupakan jenis kucing ras terbesar dan juga terberat. Berat badan idealnya untuk seekor kucing jantan adalah sekitar 6 hingga 10 kg. sedangkan untuk betina bisa sekitar 4 sampai 7 kg.

Kucing jenis ini membutuhkan makanan dengan kandungan taurine, DHA, dan EPA. Kandungan tersebut bagus untuk membantu daya tahan dan juga kesehatan jantungnya. Hal ini karena kucing maine coon memang rentan dengan penyakit jantung.

  1. Bengal

Kucing ini termasuk kucing yang sangat aktif terutama untuk berburu. Untuk menjaga berat badan ini berkisar diantara 5 sampai 8 kg untuk jantan dewasa. Sedangkan untuk Bengal betina bisa sekitar 4 sampai 6 kg. Supaya bisa tetap aktif dan juga sehat maka dibutuhkan asupan nutrisi yang lengkap.

  1. Persia

Jenis kucing ini cukup banyak dipelihara, mungkin kamu juga memelihara jenis kucing ini. Sifatnya yang cukup mudah akrab dan tenang juga membuat banyak dipelihara. Untuk kucing Persia jantan idealnya memiliki berat sekitar 5 sampai 7 kg. Sedangkan untuk Persia betina sekitar 3 sampai 5 kg.

Kamu bisa memberikan jenis makanan yang mengandung omega 3 dan 6. Tujuannya untuk membantu merawat kecantikan kulitnya dan juga rambutnya yang panjang.

  1. Kucing rumahan

Jenis kucing ini biasanya juga banyak dipelihara. Kucing ini tidak terlalu besar sehingga berat badan idealnya hanya bekisar 3 sampai 5 kg saja. Salah satu contohnya adalah kucing Siam yang memiliki berat sekitar 2.2 kg saja.

Menjaga bodi anabul ini bisa kamu lakukan dengan menghindari memberikan makanan yang terlalu banyak. Selain itu juga berikan jenis makanan yang memang sesuai dengan kebutuhan nutrisinya.