Menjaga Kesehatan Gigi Anjing Biar Tetap Kuat

Menjaga Kesehatan Gigi Anjing Biar Tetap Kuat

Tidak hanya manusia yang harus bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut, akan tetapi hewan peliharaan seperti anjing pun juga perlu dijaga kesehatannya. Memelihara atau merawat anjing tidak hanya memberikan dia makanan saja, namun juga perlu memperhatikan kesehatan mental dan fisik, khususnya kesehatan gigi. Dalam kesempatan kali ini, kita akan memberikan penjelasan tentang beberapa tips menjaga kesehatan gigi anjing kesayangan kamu.

Jika kamu tidak bisa menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dengan benar, maka banyak bakteri yang bakal menumpul hingga kemudian memicu terjadinya beberapa gangguan kesehatan.

Salah satu gangguan kesehatan yang biasanya muncul ketika gigi anjing tak dijaga kebersihannya dengan benar ialah bau mulut. Lalu, bagaimana caranya untuk menjaga kesehatan gigi anjing kesayanganmu? Lakukan beberapa cara dibawah ini.

Tips Menjaga Kesehatan Gigi Anjing

  • Berikan Anjing Tulang

Memberikan makan seperti tulang sanggup membantu agar dapat menjaga kesehatan gigi anjing kesayangan kamu. Berhubungan dengan hal ini, kamu dapat memberikan dia tulang sapi [bagian kerongkongan atau tendon]. Ketika memberikannya, kamu harus terus mengawasi sebab takut dia tersedak tulang tersebut.

  • Menyikat Gigi

Menyikat gigi anjing bukan hal yang gampang dilakukan, sebab hal itu bisa menyebabkan rasa yang kurang nyaman. Kalau anjing peliharaan kamu sudah terbiasa dengan proses penyikatan gigi, kamu dapat melakukan aktivitas ini sebanyak 1 kali dalam seminggu.

Jangan lupa juga untuk melakukannya dengan menggunakan sikat serta pasta gigi khusus buat anjing. Kemudian, untuk tata cara menyikat gigi anjing kamu dapat menanyakannya secara langsung kepada dokter hewan.

  • Memberikan Dia Mainan

Banyak sekali petshop yang menyediakan mainan untuk anjing. Jika kamu ragu untuk memberikan dia tulang, kamu dapat memberikannya mainan yang gampang digigit.

Mainan ini memiliki tekstur keras dan berfungsi untuk membersihkan serta menjaga kesehatan gigi anjingmu. Kalau sedang bermain, kamu harus selalu mengawasinya, jangan sampai anjing kesayangan kamu menelan mainan tersebut.

Gangguan Kesehatan Gigi yang Biasa Dialami Anjing

Gusi dan gigi yang sehat bakal membuat anjing peliharaan makan lebih banyak. Ganggian di gigi rentan dialami oleh anjing ketika dia sudah berusia 3 tahun. Tidak hanya bau mulut serta makan saja yang jadi kurang enak, munculnya masalah kesehatan di gigi juga bisa mengganggu metabolisme dalam tubuh. Selain itu juga, kondisi ini akan memicu terjadinya kerusakan pada jantung, ginjal, lalu organ penting lainnya.

Dibawah ini adalah beberapa gangguan kesehatan pada gigi anjing yang seringkali ditemui:

  • Plak

Plak akan muncul ketika sisa makanan menumpuk di gigi bersama dengan air liur. Biasanya plak akan menumpuk di bagian luar gigi anjing, khususnya gigi geraham dan premolar atas.

  • Kalkulus atau Tartar

Kalau plak gigi tak segera diatasi dengan langkah yang benar, maka dalam kurun waktu 3 hingga 5 hari plak bagal mengeras lalu membentuk kalkulus atau tartar. Jika sudah demikian, kalkulus atau tartar ini akan menimbulkan bau mulut dan iritasi pada gusi.

Sekarang kamu sudah mengetahui cara menjaga kesehatan gigi anjing. Menjaga kesehatan gigi anjingmu perlu dilakukan dari dini, tepatnya sebelum gigi susu tanggal ketika berumur 4 hingga 6 bulan.

Salah satu tips memeriksa adanya gangguan pada gigi anjing, kamu dapat mengangkat bibir pada kedua sisi mulut. Lalu lihat, apakah terdapat plak yang menumpuk karena sisa makanan atau justru sudah bersih. Jika ada, kamu dapat berkonsultasi bersama dokter hewan agar mencaritahu bagaimana penanganan yang tepat.