Merawat Anjing Umur 1 Bulan Dengan Benar

Merawat Anjing Umur 1 Bulan Dengan Benar
merawat anjing umur 1 bulan

Memelihara anjing beranak ataupun anjing kecil tentunya menjadi suatu kebanggaan tersendiri untuk dog lovers. Selain meramaikan rumah juga sangat menyenangkan bisa melihat tumbuh kembang dengan optimal. Bagi kamu yang kini merawat anjing umur 1 bulan tapi masih belum terlalu mengerti sepenuhnya. Tidak ada salahnya menyimak ulasan kali ini.

Selama awal-awal kelahirannya, anjing kecil hanya bisa menyusui dan tidur. Namun dia sedikit demi sedikit akan mampu merangkak. Apabila kedinginan, maka ia akan mencari sumber kehangatan dari induk atau saudaranya. Selama beberapa minggu awal, matanya akan terbuka namun penglihatannya masih lemah.

Merawat Anjing Umur 1 Bulan

Merawat Anak Anjing Tanpa Induk agar Sehat, Ceria dan Lucu

  • Melakukan Perawatan Dasar

Siapkan seluruh peralatan saat merawat atau memandikannya, misalnya handuk mandi, sisir bulu, handuk, dan lain-lain. Pastikan tubuh anjing selalu nyaman dengan menjaga kebersihannya. Lingkungan yang kotor mampu membuat anjing kecil mudah terpapar kuman dan terserang berbagai penyakit.

  • Berikan Lokasi yang Aman

Beri tempat yang berpagar dan juga sejuk, mempunyai ventilasi udara yang bagus dan mampu dijangkau cahaya matahari.

Kamu bisa menjauhkan beberapa barang berbahaya seperti plastik, kabel listrik, benda mudah pecah, atau bahan kiia. Beri tempat istirahat yang hangat lalu mudah dibersihkan. Contohnya tempat tidur yang terbuat oleh busa kemudian tempatkan beberapa tumpukan handuk bersih.

  • Tempat Makanan Terbuat dari Logam

Berikan 2 wadah makanan yang terbuat dari logam, pasalnya logam lebih aman untuk anjing kecil daripada berbahan dasar kaca. 2 wadah makan itu untuk tempat makan dan juga minuman. Pastikan kedua benda ini selalu dalam keadaan bersih serta dibersihkan secara rutin setidaknya sekali sehari supaya tidak menyebabkan kuman.

  • Beri Makanan Berkualitas

Makanan ini bisa kamu beli di pet shop, selain itu juga kamu dapat membuatnya sendiri dengan menggunakan daging sapi atau ayam yang sudah dikukus lalu dihaluskan hingga mirip bubur.

Apabila kamu membeli makanan kaleng, pastikan makanan ini terbebas dari bahan pengawet, perisa, atau zat pewarna. Ternyata sebagian anjing kadang alergi dengan beberapa bahan semacam ini.

  • Menyediakan Air Segar

Pastikan kamu memberikan air segar yang dimana ini merupakan masa pertumbuhannya, maka dia akan memerlukan air matang. Jangan sesekali memberikan air mentah dan mengganti wadah minumnya dengan berkala. Bantu anjing kecil minum dengan cara menyuapinya apabila dia memerlukan bantuan.

  • Vaksinasi

Lakukan proses vaksinasi awal sebagai opsi pencegahan pada penyakit. Konsultasikan jenis vakin terbaik untuk anjing kecil serta yang cocok dengan usianya.

Pastikan dia mendapat vaksinasi dari penyakit cacing yang cukup berbahayas untuk anjing kecil. Apabila usianya belum mencukupi untuk mendapat vaksinasi, kamu dapat menanyakannya kepada dokter hewan dan minta tambahan suplemen agar daya tahan tubuhnya meningkat.

  • Sediakan Mainan

Berikan beberapa mainan yang bisa dia gigit. Pastikan mainan itu cukup kuat dan tak gampang rusak. Pilihlah mainan seperti tulang mainan atau bola dan terbuat dari bahan yang tidak berbahaya.

  • Beri Kudapan

Tentunya kudapan ini harus yang sehat, mudah ditelan, dan bentuknya kecil. Pilih merek kudapan bagi anjing kecil yang biasanya banyak ditemui di pet shop. Ini juga sangat baik untuk kesehatan gigi, yaitu melatih kekuatan gigi serta belajar makan dengan mandiri.

Itulah tadi berbagai kiat merawat anjing umur 1 bulan. Lakukan seluruh tahapan yang sudah kamu tulis diatas secara telaten supaya pertumbuhan anjing kecil berjalan optimal dan dia bisa semakin sehat.