Cara Paling Benar Dalam Merawat Kucing Maine Coon

Cara Paling Benar Dalam Merawat Kucing Maine Coon
merawat kucing maine coon

Ras kucing maine coon merupakan ras kucing paling tua di dunia yang memiliki harga jual cukup mahal di pasaran. Walaupun seperti itu sudah banyak pecinta kucing yang rela merogoh koceknya untuk bisa mendapatkan kucing satu ini. Sebelum memeliharanya ada baiknya untuk tahu cara merawat kucing maine coon yang benar dan mudah agar kucing bisa sehat dan tetap menggemaskan.

Perlu diketahui bahwa perawatan ras kucing ini memang berbeda dengan kucing lainnya, ini mengingat tubuhnya yang besar serta bulunya yang panjang. Mengetahui cara yang benar untuk merawat kucing maine coon ini akan membuat tubuhnya tetap sehat dan menarik.

Simak Nih Tips Merawat Kucing Maine Coon

Untuk itu simak pembahasan tentang perawatan kucing maine coon berikut ini:

  1. Memberi makanan bernutrisi

Kucing satu ini memang memiliki postur tubuh yang besar sehingga sering kali disebut sebagai kucing raksasa. Karena tubuhnya yang besar tersebut tentu mereka membutuhkan nutrisi makanan yang lebih dibandingkan kucing lainnya. Kucing ini membutuhkan makanan dengan kandungan lemak, vitamin, karbohidrat, protein serta mineral.

Kamu dapat memberinya makanan khusus kucing dengan kandungan protein yang tinggi. Selain hal itu kamu juga berinisiatif dengan memberinya makanan dari daging yang sudah kamu masak lebih dulu.

  1. Menjaga kebersihan

Untuk menjaga kucing agar tetap sehat point pentingnya ada pada kebersihan. Sangat penting menjaga kebersihan kandangnya dengan rutin. Ini bertujuan untuk bisa terhindar dari berbagai infeksi dari mikroorganisme misalnya jamur atau kutu yang bisa membuat masalah pada bulu kucing.

Selain kandangnya penting juga membersihkan tempat pasir dan wadah makanya. Kamu bisa memakai serok khusus untuk membersihkan kotoran kucing pada pasir dan usahakan pasir tetap dalam keadaan kering. Sebab jika pasir dalam keadaan lembab ini akan memicu tumbuhnya jamur.

  1. Grooming kucing dengan rutin

Merawat kucing maine coon dengan benar selanjutnya adalah dengan memandikannya dengan rutin. Karena memiliki bulu yang panjang sangat penting untuk membersihkan tubuhnya dengan rutin. Paling tidak kamu perlu melakukan grooming satu kali dalam seminggu.

Karena kucing ini sangat takut dengan air maka ketika memandikannya kamu perlu berhati-hati agar tidak terkena cakaran maupun gigitannya. Dengan perawatan grooming yang rutin ini akan membuat bulu kucing lebih indah dan sehat jauh dari jamur.

  1. Mengajak kucing bermain

Tips perawatan yang juga sama pentingnya adalah selalu mengajaknya bermain dan berinteraksi. Kamu dapat mengajaknya bermain bersama dengan mainan favoritnya. Selain itu kamu juga dapat melakukan interaksi dengan memberikannya elusan kasih sayang pada kepala dan tubuhnya.

Dengan mengajaknya bermain dan selalu melakukan interaksi bersama ini akan membuat kucing terhindar dari stress dan rasa bosan. Sehingga kucing bisa tetap sehat dan juga ceria.

Jangan Lupa Selalu Cek Kesehatan Anabul

Perlu kamu tahu bahwa kucing ini selain harus mendapatkan perawatan yang maksimal tentu juga penting sekali mengecek kesehatannya. Lakukan pemeriksaan kesehatan kucing dengan rutin di klinik hewan terdekat. Lalu jangan lupa untuk rutin memberikan vaksinasi dengan lengkap. Kamu dapat menanyakan kapan waktu yang tepat untuk melakukan vaksinasi tersebut kepada dokter hewan.

Bisa dikatakan untuk merawat kucing ras satu ini memang membutuhkan biaya yang cukup banyak. Walaupun seperti itu kamu akan merasa puas jika melihat kucing kesayang kamu tetap sehat dan melihatnya tetap ceria. Cukup sekian tentang cara paling benar merawat kucing maine coon yang bisa kamu lakukan jika ingin memeliharanya. Semoga bermanfaat.