Tips Merawat Kucing Tanpa Kandang Agar Tetap Sehat

Tips Merawat Kucing Tanpa Kandang Agar Tetap Sehat
Merawat Kucing Tanpa Kandang

Walaupun kucing terlihat hewan yang mandiri, tapi namanya pendamping juga memerlukan perawatan yang bagus untuk selalu sehat. Untuk memelihara kucing bisa dilakukan dengan dua cara, khususnya didalam kandang ataupun tanpa kandang. Nah, disini kita akan membahas cara merawat kucing tanpa kandang yang perlu kamu ketahui.

Sebetulnya, kedua metode ini memerlukan perawatan yang serupa, tapi merawat kucing yang belum punya kandang dinilai lebih bagus sebab kucing lebih senang dengan tempat bebas sehingga mereka bisa bermain kesana kemari serta menghindari kucing stres.

Cara Merawat Kucing Tanpa Kandang

  • Mensterilkan Kucing

Kucing yang sudah disteril dinilai sempurna untuk membantu perilaku mereka yang gemar berjalan serta buang air kecil secara sembarangan. Proses steril juga bagus sekali dilakukan guna melindungi kucingmu dari beberapa penyakit termasuk kanker dan tumor.

Sementara itu bagi kucing, sterilisasi ini adalah cara mengurangi angka kelahiran kucing yang tak diinginkan. Kemungkinan operasi kastrasi akan direkomendasikan dokter hewan dalam rentang usia 2 sampai 6 bulan.

  • Bersihkan Gigi Kucing

Pakai sikat gigi yang lebut serta pasta gigi khusus kucing, kamu harus menghindari pasta gigi manusia sebab mengandung fluor yang berbahaya bagi mereka. Caranya adalah biarkan kucingmu mencicipi pasta gigi guna membiasakan diri, pagi selanjutnya kamu dapat mengoleskan pasta gigi tersebut memakai jari. Lakukan pula di keesokan harinya namun pakai sikat gigi.

  • Siapkan Tempat Khusus

Meski kucing tak memakai kandang, mereka tetap memerluka tempat khusus yang nyaman dan lembut dan harus memberikan privasi untuk kucing agar bisa beristirahat dan bersantai. Tambahkan selimut dan bantal kemudian cuci dengan teratur untuk selalu menjaga tetap bersih.

  • Sediakan Wadah Kotoran

Tak seperti kucing yang berada didalam kandang, kucing tanpa kandang perlu dijaga kebersihannya sebab mereka gemar buang air besar serta mencegah penyakit kulit. Sedaikan wadah kotoran yang terjaga kebersihannya supaya kucing tak membuang kotoran di lokasi lain. Jika kamu merawat lebih dari 1 kucing, persiapkan juga lebih banyak wadah kotoran.

Apa Saja Yang Harus Dilakukan?

Beri Makanan Secara Teratur

Untuk bisa mencegah kucing mengonsumsi junk food, pastikan memberikan mereka pakan dengan teratur tiap harinya.

  • Jika kucingmu tak menerima pakan kering, coba memberikannya 2 hingga 3 pakan kecil dalam satu hari.
  • Jika kamu ada pakan kaleng, segeralah buang makanan yang belum sempat dimakan selepas 30 menit.
  • Tambahkan sayur dan buah seperti blewah, brokoli, atau jagung yang sudah dimasak.
  • Bagi anak kucing berumur 6-12 minggu, makanan bisa diberikan 4x sehari.

Kenalkan dengan Hewan Peliharaan yang Lain

Biarkan kucingmu bermain dengan hewan peliharannya lainnya agar terbiasa dengan bau. Berikan pakan kucing memakai tempat yang berbeda sehingga mereka bisa belajar memahami bau dari kucing lain.

Potong Kuku Kucing

Poting kuku kucingmu secara teratur sebanyak 2x dalam sebulan guna mencegah kucing merusak berbagai perabotan didalam rumah. Kucing memakai cara dengan naluriah, namun kucing rumahan perlu dipotong kukunya dengan teratur.

Beri Vaksin dan Lakukan Sterilisasi

Untuk dapat menjaga kucingmu sehat serta terbebas dari berbagai penyakit berbahay seperti tips mengadopsi kucing lemah, ingat untuk selalu memberikan kucingmu vaksin. Vaksin kucing penting sekali guna mencegah IVF, rabies, dan leukimia.

Tutup Rapat Tempat Sampah

Kucing yang tak disimpan didalam kandang bakal sering menjelajahi seluruh rumah. Oleh sebab itu pastikan seluruh baki tertutup sehingga kucing tak mengonsumsi makanan dari sampah.

Ajak Kucing Bermain

Supaya kucing bisa selalu bergerak, dorong mereka agar bisa bermain bersama mainan khusus seperti bola kertas, tikus mainan, atau bulu. Bermain dengan kucing penting untuk mereka dan kucing akan merasa diperhatikan.

Demikian ulasan mengenai tips merawat kucing tanpa kandang. Merawat kucing yang tidak dikandang tak jauh beda dengan yang didalam kandang. Hal yang harus diperhatikan ialah memastikan kuku mereka tetap pendek supaya aman serta pastikan kesehatannya.