Obat Kutu Kucing Alami yang Ampuh

Obat Kutu Kucing Alami yang Ampuh

Kutu merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh kucing. Untungnya ada banyak cara untuk mengatasinya, salah satunya dengan menggunakan obat kutu kucing dari bahan alami. Penggunaan bahan alami ini, bisa menjadi alternatif obat kutu kimia berupa semprotan, bedak dan lain sebagainya.

Obat Kutu Kucing Alami

Dari segi keampuhan, obat kutu kucing alami ini tidak kalah dibandingkan yang beredar di pasaran. Ini menjadi salah satu solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan kutu pada kucing peliharaan anda. Berikut ini adalah beberapa obat kutu kucing alami yang ampuh untuk digunakan.

1. Lemon

Kutu kucing ternyata bisa dibasmi dengan memanfaatkan asam sitrat yang dapat kita temukan di lemot. Penggunaan air lemon sebagai obat kutu kucing alami telah diakui secara luas keampuhannya. Anda tinggal menyemprotkan bulu kucing peliharaan anda dengan larutan yang dibuat dengan merebus satu atau dua potong lemon. Biarkan lemon terendam selama beberapa jam setelah direbus, kemudian tiriskan cairannya dan pindahkan ke botol semprot.

Ketika anda menyemprotkan cairan ini kepada bulu kucing anda, hindarilah bagian matanya. Anda juga perlu memperhatikan apakah kucing anda mengalami kemerahan sebagai tanda iritasi pada kulitnya setelah dilakukan penyemprotan. Ulangi penyemprotan ini selama beberapa hari, agar kutu yang ada di tubuh kucing anda bisa tuntas teratasi.

2. Rempah – Rempah

Sejak ratusan tahun lalu, rempah – rempah menjadi salah satu produk khas dari Indonesia. Ternyata kita bisa memanfaatkan rempah – rempah menjadi salah satu obat kutu yang terbuat dari bahan alami. Kita bisa memanfaatkan satu sendok teh minyak oregano dengan tiga sendok teh minyak zaitun untuk mengobati kucing anda yang terkena serangan kutu.

Oleskan larutan tersebut di area yang biasanya menjadi tempat berkumpulnya kutu, seperti pada bagian telinga, perut, ekor dan leher kucing anda. Kandungan senyawa alami carvacrol yang ada pada minyak oregano dapat secara efektif untuk menghilangkan kutu yang menginfeksi kucing anda.

Penggunaan daun rosemary juga bisa digunakan untuk mengobati serangan kutu. Caranya dengan menggiling daun rosemary hingga menjadi bubuk, kemudian di taburkan di seluruh tubuh kucing anda. Taburkan pula bubuk rosemary ini pada area tempat kucing anda sering berada.

3. Cuka apel

Obat kutu kucing alami lainnya adalah cuka apel, yang meskipun tidak bisa membunuhnya tetapi bisa membuat kutu melompat dari tubuh kucing. Cuka apel memiliki aroma yang tidak disukai oleh kutu, sehingga kutu yang berada di kucing anda akan berusaha keluar dari tubuhnya.

Campurkanlah cuka apel dengan air (perbandi 2 : 1), kemudian semprotkan pada bulu kucing anda. Penyemprotan ini sebaiknya dilakukan setiap hari sekali hingga selama 3-5 hari. Biasanya setelah 3-5 hari, kutu yang ada di dalam tubuh kucing anda telah pergi sepenuhnya.

4. Sabun cuci piring

Sabun cuci piring memiliki formula yang lembut dan aman untuk kucing anda tetapi sangat efektif untuk membasmi kutu. Sabun cuci piring mampu menghancurkan eksoskeleton yang dimiliki oleh kutu, sehingga membunuhnya dalam hitungan beberapa menit saja.

Anda hanya perlu membasahi bulu kucing anda dengan semprotan sabun cuci yang telah diencerkan. Usap sebentar sabun cuci tadi hingga merata, kemudian bilas dengan air. Dalam sekali pengobatan biasanya kutu yang ada di dalam tubuh kucing anda sudah bisa secara ampuh terbasmi hampir seluruhnya.

Itulah beberapa obat kutu kucing alami yang bisa dengan mudah anda dapatkan tetapi terbukti ampuh untuk mengatasi masalah kesehatan ini.