Panduan Memelihara Anjing Dogo Argentino

Panduan Memelihara Anjing Dogo Argentino
Panduan Memelihara Anjing Dogo Argentino

Dogo Argentino atau kadang disebut dengan Mastiff Argentina, merupakan ras anjing yang sangat kuat, setia, dan atletis. Mereka dapat menjadi anjing pemburu yang ganas ataupun pelindung yang penyayang untuk pemilik. Berikut adalah beberapa panduan memelihara anjing Dogo Argentino.

Bayi Dogo Argentino memerlukan banyak kegiatan fisik serta stimulasi mental. Kalau tidak, mereka dapat menjadi bosan hingga destruktif. Anjing satu ini seringkali dipakai membantu perburuan besar, meski mereka lebih kerap dilatih membantu pekerjaan polisi, misi pencarian dan penyelamatan, anjing pelayan, atau pekerjaan militer. Tapi, dengan pelatihan yang benar, mereka sanggup menjadi pendamping serta pengawas keluarga yang hebat.

Beberapa Panduan Memelihara Anjing Dogo Argentino

Dogo Argentino yang berotot dan besar biasanya dibiakkan agar bisa dimanfaatkan untuk perburuan besar, khususnya menyerang hewan seperti babi hutan. Terlepas kemampuannya yang sangat agresif, umumnya Dogo Argentino mempunyai karakteristik yang sangat setia pada keluarga manusianya.

Ada sejumlah fakta yang harus kamu pahami tentang anjing satu ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Karena dipakai di adu anjing, anjing ini dinilai berbahaya serta dilarang di sejumlah negara, termasuk, Ukraina, Singapura, Islandia, Fiji, Denmark, Austraia, dan Kepulauan Cayman. Di Inggris, memiliki Dogo Argentino tanpa adanya otoritas sah merupakan tindakan ilegal.
  • Meski dibiakkan melalui anjing aduan, namun perilaku agresifnya dikembangbiakkan supaya dapat bekerjasama dengan anjing ras lain ketika berburu. Tapi, buan hal wajar untuk mereka ingin bertarung, namun sejumlah orang masih melatihnya karena sifat berani dan kekuatan fisiknya.
  • Anjing jenis ini sangat dicintai lantaran kesetiaan dan keberanian serta kualitas yang membuat Dogo Argentino jadi anjing penjaga yang baik.
  • Kadang anjing ini dipakai untuk bekerja dengan militerm polisi, dan usaha pencarian serta penyelamatan.
  • Sekitar 10% Dogo Argentino terkena tuli perihal pigmen pada satu atau 2 telinganya, yang menjadi penyakit yang seringkali menyerang anjing berbulu putih.
  • Pelatihan awal dan sosialisasi penting sekali agar menjaga anjing ini bisa berperilaku bagus. Secara fisik mereka kuat serta berkemauan keras sehingga memerlukan pelatih tegas yang bisa menjaganya tetap sejalan tanpa memakai hukuman fisik atau paksaan. Mereka bukanlah ras anjing yang bagus untuk pemula.

Perawatan Tubuh, Kebutuhan Makan, serta Interaksi dengan Hewan Lainnya

Dari segi makanan, anjing Dogo Argentino memerlukan pola makan yang dirancang khusus bagi anjing ras besar dan harus segar serta bersih. Mereka adalah jenis anjing yang memiliki energi tinggi. Cara terbaik agar membuat rencana pemberian makanan yang pas ialah berkonsultasi dengan ahli gizi profesional atau dokter hewan.

Sedangkan dari segi perawatan, bulu Dogo Argentino tergolong pendek dan mudah dirawat. Namun, ukuran anjing ini yang besar membuat perawatannya cukup sulit. Anjing ini perlu disikat tiap minggu serta dimandikan tiap 3 bulan atau lebih cepat kalau tubuhnya kotor.

Dogo Argentino begitu setia terhadap keluarganya, tidak terkecuali anak-anak, asal mereka sudah dikenalkan serta dibiasakan dengan kedatangannya. Tapi, mengunjungi anak-anak akan memberikan sedikit tantangan, sebab jenis anjing ini tak secara alami dibawah didepan orang asing.

Anak-anak perlu diawasi dengan anjing, meski saat mereka menjadi anggora keluarga, serta mereka wajib dilatih mengenai bagaimana caranya berinteraksi dengan hewan agar terhindar dari insiden.

Itu saja beberapa panduan memelihara anjing Dogo Argentino. Anjing ini mempunyai dorongan mangsa yang sangat tinggi dan bisa menimbulkan masalah kalau menyangkut hewan peliharaan dengan ukuran lebih kecil, maka dari itu kamu harus berhati-hati saat merawatnya. Terima kasih.