Pantangan Saat Merawat Anjing Menstruasi

Pantangan Saat Merawat Anjing Menstruasi
merawat anjing menstruasi

Mengulas masa menstruasi yang dialami oleh anjing, pastinya ada beberapa pantangan yang tidak kamu lakukan. Nah, pantangan ketika merawat anjing menstruasi bisa kamu baca di tulisan berikut.

Apabila kamu baru pertama merawat anjing betina, maka kamu harus mengetahui bahwa dia akan mengalami masa menstruasi. Tapi, masa menstruasi anjing beda dengan manusia. Betina akan mengalami masa ini untuk pertama kamu selepas menggapai pubertas.

Biasanya, anjing akan menggapai pubertas di usia 6 bulan, akan tetapi ini dapat bervariasi di tiap jenis anjing. besar sebagian anjing akan mengalami periode menstruasi pertama yang tak teratur, tetapi sikluasnya normal pada 2 tahun awal.

Biasanya, jenis anjing yang memiliki tubuh kecil [mini] lebih cepat mendapatkan masa menstruasi pertamanya. Kemudian untuk anjing dengan tubuh medium seperti Siberian Husky, menstruasi pertamanya adalah diantara 7 hingga 8 bulan. Lalu kelompok anjing dengan tubuh lebih besar semisal Great Dane antara bulan 9 atau 10.

Jika kamu ingin memaka rata-rata masa mentruasi mereka, dapat juga setiap enam bukan sekali.

Pantangan Merawat Anjing Menstruasi

Bisakah Anjing Betina Menstruasi? Ini Penjelasan dan Tanda-tandanya Halaman  all - Kompas.com

Seperti kutipan pengalaman para breeder, anjing betina diprediksi mengalami masa menstruasi antara 5 hingga 9 hari. Kemudian cara untuk mengetahui masa suburnya harus memerlukan pengalaman yang tidak serupa untuk setiap jenis anjing.

Selain itu, beberapa pantangan yang lebih baik selalu diperhatikan oleh pemilik anjing adalah seperti dibawah ini:

  • Jika kamu tak membutuhkan breeding di anjing kesayangan, mmaka disarankan untuk berkonsultasi lebih dulu ke dokter hewan. Kamu dapat menanyakan semua prosedur sterilisasi. Walaupun tak selalu terjadi, si betina akan rentan diserang beberapa penyakit mematikan, salah satunya kanker rahim. Biasanya dilakukan sebelum dia mendapatkan masa menstruasi pertamanya.
  • Jika kamu ingin menargetkan breeding, lebih baik tidak dijalankan di siklus menstruasi pertamanya sampai satu tahun. Usia ini dinilai lebih dewasa untuk menjalankan proses breeding di tahun ke-2.
  • Jika menggunakan panduan Perkin, maka anjing kecil berusia paling tidak 12 bulan, anjing bertubuh sedang 14 bulan serta anjing tubuh besar kurang lebih 20 bulan. Agar bisa memastikan umur yang tepat untuknya, lebih baik berkonsultasi dengan breeder terpercaya ataupun berkunjung ke klinik hewan.
  • Jangan sampai menjalankan proses breeding kepada anjing betina atau jantan kalau kamu mengetahui mereka memiliki penyakit yang dapat menurun ke anaknya. Lihat dengan kompehensif dengan dokter hewan terdekat agar hal-hal yang tidak diinginkan bisa dihindari. Pastinya kamu tidak mau bukan anak anjing nantinya mengalami penyakit mematikan saat baru lahir?
  • Sebaiknya anjing yang tengah menstruasi tak dibawa ke lokasi yang terdapat banyak anjing, terkecuali kamu memang berencana melakukan breeding ataupun pemacakan.
  • Pantangan berikutnya selama anjing menstruasi baiknya selalu ditemani oleh pemilik saat berada diluar ruangan. Jangan sampai lupa menggunakan tali kekang ketika membawanya keluar rumah.
  • Larangan lainnya saat anjing mengalami menstruasi ialah jangan memandikannya. Kebersihan tubuh serta organ reproduksi anjing betina harus terjaga kebersihannya dari infeksi. Lebih baik kamu menunggu hingga dia betul-betul selesai mengalami loop.
  • Pemakaian popok misalnya celana bisa digunakan terhadap mereka agar bisa mencegah cairan yang bercecer di lokasi yang tidak diinginkan. Misalnya di ruang tamu, ruang makan, atau bahkan kamar tidurmu.

Itulah tadi berbagai pantangan merawat anjing menstruasi yang bisa kamu ketahui. Jangan lupa bagikan ke teman-teman terdekatmu ataupun ke komunitas pecinta anjing peliharaan. Terima kasih dan semoga bermanfaat.