Penting! Sampai Mengabaikan Gusi Pucat Pada Anjing

Penting! Sampai Mengabaikan Gusi Pucat Pada Anjing
Gusi Pucat Pada Anjing

Banyak hal yang haruskamu perhatikan ketika merawat anjing. Tidak hanya memenuhi asupan gizi dan nutrisinya saja, tapi juga perlu mengawasi kondisi kesehatan anjingmu. Ada sejumlah perubahan fisik yang menandakan bahwa kesehatannya terganggu. Mulai dari gusi pucat pada anjing, penurunan aktivitas fisik, hingga menurunnya nafsu makan.

Anjing yang sehat umumnya mempunyai warna gusi merah muda atau pink. Warna merah muda yang muncul bakal disesuaikan dengan ras anjing. Mulai pink sedikit cerah, hingga pink lembut. Sebaiknya kamu waspada kalau warna gusi anjing berubah menjadi pucat. Kondisi semacam ini dapat menjadi salah satu ciri-ciri gangguan kesehatan terhadap anjing peliharaanmu.

Awasi Gusi Pucat Pada Anjing, Bisa Jadi Sinyal Sakit

Ada berbagai hal yang dapat kamu perhatikan guna membantu anjing peliharaan selalu terjaga kesehatannya. Mulai nafsu makan, aktivitas fisik, sampai sejumlah tanda di fisiknya. Tidak hanya melalui kondisi tubuh atau mata anjing, namun tak ada salahnya sesekali melakukan pemeriksaan kepada kondisi gusinya.

Terlebih kalau gusi tersebut diikuti dengan beberapa gejala lainnya seperti anjing mengalami pendarahan pada bagian tubuh tertentu, anjing lebih lemas, sampai tak bisa melakukan aktivitas fisik dengan normal.

Ada sejumlah gangguan pada kesehatan anjing yang mengakibatkan gusi menjadi lebih pucat. Beberapa diantaranya adalah:

  • Gangguan Ginjal

Adanya masalah pada ginjal yang menyerang anjing peliharaanmu juga mengakibatkan gusi menjad ilebih pucat. Ginjal akan menghasilkan hormon dan dikenal dengan sebutan eritropoietin yang membantu membuat sel darah merah. Ketika mengalami masalah ginjal, produksi hormon tersebut juga bakal menurun dan diikuti menurunnya sel darah merah. Hal seperti ini yang dapat mengakibatkan perubahan gusi jadi lebih pucat.

  • Anemia

Gusi pucat jadi salah satu gejala yang paling umum saat anjingmu terserang anemia. Karena mengalami anemia ini biasanya akan diikuti dengan beberapa tanda lain, seperti kesulitan bernapas, anjing menjadi lebih lemah, pendarahan pada hidung, hingga menurunnya berat badan.

  • Parasit

Munculnya parasit, seperti cacing dan juga juga bisa mengakibatkan gusi pada anjing menjadi pucat. Hal tersebut diakibatkan infeksi kutu terlanjur parah atau cacingan dapat menyebabkan anjingmu mengalami anemia atau kekurangan darah.

Selain gusi menjadi pucat, anjing yang terserang parasit juga bakal mengalami bulu rontok dan lumayan parah serta kebiasaan menggaruk menjadi lebih sering dari biasanya. Pastikan dengan memeriksa bagian tubuh secara sederhana di daerah tubuh serta lingkup anjing bermain supaya terhindar dari kutu dan parasit.

Penanganan gusi yang pucat pada anjingmu bakal disesuaikan dengan apa yang menjadi penyebabnya. Kalau anjingmu mengalami gusi yang pucat, namun masih dapat beraktivitas secara normal, kondisi itu bisa diatas dengan pemenuhan gizi dan nutrisi, serta memberikan air bersih supaya kondisi itu segera membaik.

Akan tetapi, jika anjingmu mengalami tanda lain yang justru membahayakan, tentu saja proses pemeriksaan harus dilakukan guna memastikan penyebab serta penanganan yang pas. Pemeriksaan fisik serta riwayat kesehatan anjingmu dibutuhkan oleh dokter hewan. Demi memastikan penyebab warna pucat serta keluhan kesehatan lainnya yang dialami anjing peliharaanmu.

  • Syok

Syok bisa terjadi saat anjingmu mengalami kecelakaan atau cedera yang mengakibatkan pendarahan, baik internal ataupun eksternal. Kondisi itu menyebabkan distribusi oksigen menjadi buruk kedalam tubuh. Kalau anjingmu mengalami gejala ini, ada baiknya kamu segera membawanya ke dokter hewan.

Demikian penjelasan tentang gusi pucat pada anjing yang bisa mengakibatkan beberapa masalah kesehatan. Jika anjingmu menunjukkan gejala yang lebih buruh, segeralah hubungi dokter hewan. Semoga bermanfaat.