Penyebab Bulu Kucing Rontok dan Cara mengatasinya

Penyebab Bulu Kucing Rontok dan Cara mengatasinya

Pemilik kucing tentunya tidak ingin hewan peliharaan tersebut memiliki bulu yang rontok. Kucing yang memiliki bulu lembut, sehat dan indah tentunya menjadi idaman kita semua. Selain mengakibatkan tampilan hewan peliharaan anda menjadi kurang menarik, bulu yang rontok juga akan menyebabkan rumah anda kotor. Oleh sebab itu, mengetahui penyebab bulu kucing rontok dan cara mengatasinya penting untuk anda ketahui.

Penyebab Bulu Kucing RontokĀ 

Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab bulu kucing menjadi rontok. Penyebab ini bisa terjadi karena pengaruh lingkungan, parasit maupun dari dalam diri kucing itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab bulu kucing menjadi rontok.

  1. Stress

Stress bukan hanya bisa menimpa manusia, hewan pun juga bisa mengalaminya termasuk kucing. Ketika kucing mengalami stress, pembuluh darah yang berfungsi untuk mengirimkan nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh akan terganggu. Begitu Pula dengan sekresi hormon yang ada di tubuhnya, sehingga salah satu akibatnya adalah bulu menjadi rontok.

  1. Makanan mengandung banyak minyak

Selain karena disebabkan oleh stress, bulu rontok bisa juga disebabkan dari makanan yang dikonsumsinya. Ketika anda memberikan makanan yang minim gizi, maka hewan peliharaan anda tersebut bisa mengalami gizi buruk. Akibatnya kucing tidak bisa meregenerasi bulunya dengan baik, sehingga menyebabkan kerontokan.

Biasanya penyebab bulu kucing rontok akibat makanan ini dikarenakan hewan tersebut kekurangan vitamin, protein atau mineral yang dibutuhkan untuk menumbuhkan bulunya. Memakan makanan yang mengandung banyak minyak juga menjadi salah satu penyebab mengapa bulu pada hewan ini menjadi kurang sehat.

  1. Shampo

Ketika anda menggunakan shampo yang tidak cocok dengan kondisi hewan peliharaan anda, maka ini bisa menyebabkan bulunya menjadi rontok. Biasanya shampo yang mengandung bahan kimia, seperti pewarna menjadi salah satu sebab mengapa bulunya menjadi rontok. Hal ini dikarenakan bulu kucing sangat sensitif terhadap bahan kimia, karenanya gunakanlah shampo berkualitas yang memang dikhususkan untuk kucing. Salah satu merk shampo berkualitas baik yang saya rekomendasikan adalah Glow, ia terbukti dapat mencegah kerontokan bulu.

  1. Kutu dan Jamur

Serangan parasit seringkali menjadi penyebab kerontokan bulu pada hewan. Kutu dan jamur yang menginfeksi kucing akan menyedot nutrisi untuk bulu, sehingga pertumbuhannya menjadi tidak sehat. Jamur sendiri seringkali menyerang sistem perakaran bulu kucing, yang membuat kerontokan bulu terjadi secara masif.

Cara Mengatasi Bulu Rontok Pada Kucing

Setelah mengetahui penyebab bulu kucing rontok di atas, ada baiknya anda mengetahui bagaimana cara mengatasi hal tersebut. Beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menanggulangi hal tersebut, diantaranya :

  1. Sering bermain

Seperti yang telah saya bahas diatas, bahwa salah satu penyebab bulu kucing rontok adalah karena stress. Oleh sebab itu, seringlah ajak hewan peliharaan anda bermain agar membuatnya senang. Dengan begitu maka tingkat kesetresan dari kucing anda menjadi menurun sehingga tingkat kerontokan bulu menjadi lebih berkurang.

  1. Beri makanan yang bergizi dan bervitamin

Berilah kucing anda makanan yang bergizi dan bila perlu tambahkan dengan vitamin. Dengan tercukupinya gizi kucing anda, maka bulu yang dimiliki hewan peliharaan anda tersebut akan menjadi sehat. Selain itu, hindarilah makanan yang mengandung tinggi minyak, karena selain dapat mengganggu kesehatannya juga akan membuat kerontokan pada bulu.

  1. Mandikan secara rutin

Anda perlu memandikan kucing anda secara rutin, untuk mencegah kerontokan bulunya. Dengan menjaga kebersihan hewan peliharaan anda tersebut, maka infeksi jamur dan kutu menjadi bisa dicegah. Selain itu, gunakanlah shampo yang berkualitas sehingga tidak merusak bulu pada hewan peliharaan anda.