Penyebab Dan 4 Cara Mengatasi Penyakit Kucing Demam

Penyebab Dan 4 Cara Mengatasi Penyakit Kucing Demam
Kucing Demam

Apakah kucing dirumah anda sering mengalami suhu tubuh yang naik turun? Sebenarnya tidak selalu demam akan berdampak buruk pada kesehatan kucing. Demam merupakan salah satu bentuk respons dari sistem kekebalan tubuh yang mempercepat penyembuhan penyakit. Namun, jika hal ini berkelanjutan tentu akan menghkhawatirkan, maka kenali 2 penyebab kucing demam sebagai berikut.

Penyebab Utama Kucing menjadi Demam

  1. Pyrexia

Penyebab pertama mengapa badan kucing menjadi demam yang perlu diketahui adalah pyrexia. Pyrexia sendiri merupakan kondisi dimana tubuh kucing terasa panas yang diakibatkan oleh sistem imun tubuh kucing yang sedang memerangi virus atau penyakit yang menyerang. Semakin keras kucing melawan virus atau penyakit tersebut maka tubuh kucing juga akan menjadi semakin panas.

Kucing memiliki hipotalamus yang berfungsi mengatur suhu tubuh melalui respon otak. Hipotalamus berfungsi sebagai thermostat yang akan mengendalikan suhu badan kucing. Ketika tubuh kucing demam maka artinya terdapat zat pirogen yang sedang yang menyerang. zat pirogen bisa muncul karena terdapat sinyal dari termostat untuk memproduksinya.

  1. Hipertermia

Penyebab demam pada tubuh kucing selanjutnya yakni hipertermia. Tubuh kucing yang terlalu sering terkena suhu panas berlebih dan juga kegagalan pada sistem  regulasi untuk mendinginkan tubuhnya disebut dengan hipertermia. Suhu tubuh kucing yang ekstrem bisa menyebabkan beberapa gangguan yang menyerang, mulai dari rasa kram otot, hingga gangguan pada sistem saraf dan otak.

Adapun  penyebab dari hipertermia sendiri yakni  meningkatnya suhu yang terjadi pada lingkungan sekitar. Contohnya seperti jika kandang kucing yang anda berikan terlalu lama terkena terik sinar matahari. Tidak hanya itu hipertermia juga bisa menyerang kucing apabila sedang pada masa pengobatan akibat keracunan obat.

Cara Mengobati Kucing Demam Dan Lesu secara Tepat

Adapun cara-cara yang bisa anda lakukan untuk mengobati penyakit demam pada tubuh kucing sebagai berikut:

  1. Memberikan vitamin

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk menurunkan demam pada tubuh kucing adalah dengan memberikan vitamin. Saat demam,  sistem kekebalan tubuh kucing perlu ditingkatkan  dengan memberikan vitamin terutama vitamin C. Vitamin C memiliki peran  aktif dalam melawan virus maupun bakteri yang menjadi penyebab tubuh kucing terserang demam.

  1. Menempatkan kucing pada ruangan beruap

Untuk mengatasi demam pada tubuh kucing selanjutnya adalah dengan menempatkan kucing pada ada ruang beruap. Dengan menghirup  uap yang hangat akan membantu kucing lebih  rileks, menenangkan serta mengurangi suhu panas. Anda bisa menggunakan bantuan shower air panas pada kamar mandi dan biarkan kucing didalamnya hingga beberapa menit sampai kamar mandi terisi uap.

  1. Mendinginkan tubuh kucing

Selain menghangatkan tubuh ternyata untuk mengatasi demam pada kucing juga dapat dilakukan dengan mendinginkan tubuhnya. Suhu panas pada tubuh kucing dapat turun melalui kelenjar keringat yang terdapat pada pernapasan dan juga cakar dikakinya. Kamu bisa menempatkan kucing pada ruangan yang sejuk, gelap, dan dingin  agar kucing dapat berbaring atau dengan meletakkan kipas angin di lantai sehingga terasa lebih sejuk.

  1. Berikan air putih yang banyak

Penyebab tubuh kucing demam selanjutnya juga sering disebabkan karena dehidrasi. Oleh karena itu memberikan asupan air segar yang cukup harus dilakukan, terlebih pada kucing yang yang suhu tubuhnya sedang tinggi. Jika kucing masih susah untuk minum maka kamu bisa menggunakan alat bantuan berupa suntik jarum untuk memberikannya langsung pada mulut kucing.