Penyebab Kucing Mencret yang Tidak Boleh Disepelekan

Penyebab Kucing Mencret yang Tidak Boleh Disepelekan

Mencret merupakan salah satu masalah kesehatan yang umum menyerang kucing peliharaan. Walaupun pada manusia mencret dianggap masalah yang sepele, pada kucing mencret perlu segera diobati. Akan tetapi anda perlu mengetahui penyebab kucing mencret agar bisa memberikan pengobatan yang tepat.

Penyebab Kucing Mencret

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan paling banyak disukai oleh manusia di seluruh dunia. Tampangnya yang lucu dan kelakuannya yang menggemaskan membuat binatang ini begitu disukai. Sebagai pemelihara kucing, anda tentunya harus menjaga kesehatan hewan tersebut secara maksimal.

Salah satu penyakit yang paling sering menimpa kucing adalah mencret, dimana penyebab penyakit ini ada beranekagaram, yaitu :

1. Susu

Pemberian susu pada kucing memang bak, akan tetapi apabila anda salah dalam memberikan susu kepadanya maka ia akan mengalami mencret. Kucing tidak bisa mencerna laktosa yang ada pada susu sapi, sehingga ia akan mencret ketika anda berikan susu sapi. Oleh sebab itu, anda perlu memberikan kucing kesayangan anda susu yang diformulasikan khusus untuk kucing sehingga tidak menyebabkan gangguan pencernaan kepadanya.

2. Air terkontaminasi bakteri

Penyebab kucing mencret lainnya adalah mengkonsumsi air minum yang terkontaminasi bakteri. Oleh sebab itu, anda sebaiknya tidak membiarkan kucing anda berjalan-jalan keluar rumah sendirian dan meminum air sembarangan. Kucing yang berkeliaran di luar tidak sedikit yang minum air selokan dan genangan air sehingga akan membuatnya terkena mencret.

Anda juga sebaiknya memberikan kucing anda air minum yang telah direbus ataupun air mineral yang bebas dari bakteri dan virus. Pemberian air steril ini selain membuat kucing anda tidak terkena mencret, juga bagus untuk kesehatannya secara keseluruhan.

3. Cuaca buruk

Ketika memasuki musim pancaroba dari panas ke dingin atau sebaliknya kucing lebih rentan terkena penyakit. Oleh sebab itu, ketika memasuki musim pancaroba ini, banyak kucing yang sakit yang salah satunya adalah mencret.

4. Makanan

Makanan juga bisa menjadi penyebab kucing anda mencret, karena ketidak cocokannya. Terkadang kucing akan mengalami alergi makanan tertentu yang akan menyebabkannya diare. Selain karena alergi makanan, makanan yang terkontaminasi bakteri atau jamur juga akan menjadi penyebab kucing mencret. Oleh karena itu, anda perlu berhati-hati dalam memberikan kucing peliharaan anda makanan agar ia tetap sehat.

5. Infeksi bakteri dan virus

Ketika kucing anda terkena infeksi bakteri dan virus, salah satu gejala yang dimilikinya adalah mencret. Hal itu terjadi karena ketika bakteri atau virus menginfeksi saluran pencernaan maka kucing akan mengalami dehidrasi, muntah-muntah dan diare. Pemberian antibiotik dianggap sebagai salah satu solusi jitu untuk menyembuhkan yang terkena infeksi ini.

Walau begitu, anda tidak boleh ya memberikan antibiotik secara sembarnagan. Anda perlu meminta dokter meresepkan jenis dan dosis antibiotik yang akan diberikan kepada kucing anda yang sedang sakit tersebut.

6. Stress

Sama seperti pada manusia, stress bisa menjadi pemicu terjadinya beberapa penyakit. Saat kucing sedang stress, kondisi kesehatannya akan menurun sehingga salah satunya akan menyebabkan ia diare. Oleh sebab itu, memberikan perhatian dan mengajak kucing peliharaan anda secara rutin menjadi suatu hal yang penting agar ia terhindar dari stress.

7. Parasit

Infeksi parasit seperti cacing di dalam tubuh kucing menjadi salah satu penyebab kucing mencret. Infeksi parasit ini perlu segera diobati, agar serangannya tidak menyebabkan penyakit kronis. Anda juga sebaiknya memberikan obat cacing secara berkala, agar kucing anda terhindar dari infeksi parasit cacing ini.

Itulah beberapa penyebab kucing mencret yang perlu anda waspadai, dengan mencegah penyebabnya maka anda bisa terus menjaga hewan peliharaan anda tersebut tetap sehat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*