Penyebab Kucing Stress dan Solusinya

Penyebab Kucing Stress dan Solusinya

Bukan hanya manusia saja bisa terkena stres, hewan pun bisa mengalami hal serupa. Pada kucing, stress dapat terlihat dari beberapa bahasa tubuhnya, misalnya saja ia akan menggeram atau mendesis dalam posisi jongkok, kuping sejajar dengan kepalanya dan pupil mata yang melebar. Bila anda melihat kucing anda berperilaku demikian, anda perlu dengan segera membuatnya tidak stress. Stress dalam jangka waktu lama. dapat mengganggu kesehatan hewan tersebut. Paling tidak ada 8 penyebab kucing stress, mari kita bahas tentang hal tersebut serta solusi terbaik untuk meredakan stres pada kucing.

Bertemu orang asing

Penyebab kucing stress yang pertama adalah ketika ia bertemu orang asing. Bagi seekor kucing, orang asing yang baru ia temui dianggap sebagai sebuah ancaman. Ketika ia bertemu dengan orang asing dan orang tersebut menyentuhnya, maka akan menstimulasi pikirannya.

Untuk membuatnya lebih mudah beradaptasi dengan orang asing, anda perlu memperkenalkannya secara bertahap. Jangan sampai, baru ketemu orang tersebut sudah menyentuh dan menggendong kucing anda. Tentunya akan membuat si kucing menjadi ketakutan dan akhirnya stress.

Aroma baru

Kucing merupakan hewan yang memiliki indera penciuman yang kuat. Hal itu memiliki efek samping, ia mudah terganggu dengan aroma yang baru apalagi jika menyengat.

Ketika anda membersihkan rumah, sebaiknya jangan gunakan pembersih yang memiliki wangi tajam. Selain itu, anda perlu menjaga sirkulasi udara di rumah tetap lancar atau buka jendela saat sedang membersihkan lantai.

Cermin

Mungkin banyak yang tidak mengetahui bahwa cermin bisa jadi musuh bebuyutan kucing. Bayangan yang ada di cermin dianggap sebagai kucing lain yang memasuki areanya sehingga dianggap sebagai sebuah ancaman.

Tingkah laku kucing yang berhadapan dengan cermin memang terlihat lucu, akan tetapi itu akan memicunya menjadi stress. Sebaiknya anda menjauhkan kucing anda dari ruangan yang berisi cermin. Anda juga bisa menaruh cermin di atas, sehingga posisinya berada di luar garis pandang kucing.

Bersaing dengan kucing lain

Ketika anda mempunyai lebih dari satu kucing, maka ada kemungkinan terjadinya konflik yang memicu stres. Penyebabnya diantaranya karena karena harus berbagi kotak kotoran hingga makanan.

Untuk mengatasi penyebab kucing stress ini, anda bisa menyediakan satu litter box untuk setiap kucing di rumah. Selain itu, sebaiknya anda memberikan makan secara terpisah terpisah sehingga bisa membantu menenangkan kucing yang sedang stres.

Lingkungan luar rumah

Walaupun kucing anda dipelihara secara indoor dan menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam ruangan, perubahan lingkungan luar juga dapat memicu stres. Disarankan untuk menyediakan sebuah ruangan yang aman dan tenang untuk kucing anda pastikan kucing beristirahat. Selain itu, tempatkanlah litter box di tempat yang tenangĀ  misalkan menjauhkannya dari jalan raya atau kebisingan.

Perubahan kebiasaan pemilik

Punya jam kerja baru membuatmu pulang lebih lambat atau lebih sibuk dari biasanya. Bukan hanya manusia yang perlu beradaptasi, perubahan ini juga bikin kucing jadi gugup. Solusinya, pastikan kucing mudah mengakses tempat yang membuatnya merasa aman dan luangkan waktu bermain saat berada di rumah.

Kunjungan ke dokter hewan

Ternyata kucing juga bisa menjadi stress ketika dibawa ke dokter hewan. Biasanya penyebab kucing stress tersebut karena perjalanan jauh dan lingkungan baru. Anda bisa menggunakan kandang yang cukup besar serta ditutupi dengan selimut sehingga kucing anda tidak bisa melihat kondisi luar dan tetap merasa nyaman.

Bosan

Ketika dihadapkan dengan rutinitas yang sama setiap hari, ternyata seekor kucing juga bisa merasakan bosan. Rasa bosan ini disebabkan oleh oleh naluri predator di dalam dirinya yang tak terasah sehingga membuatnya bermalas-malasan dan kehilangan energinya. Untuk menghilangkan stress karena kebosanan ini, sebaiknya anda secara rutin mengajaknya bermain interaktif yang meniru perburuan di alam liar.

Jangan lupa berikan perhatian untuk membantu kucing merasa rileks saat menghadapi sumber stresnya, salah satunya dengan memberikan makanan. Anda sebaiknya memilih cat food yang cocok dengan selera kucing anda, misalnya saja Yummy. Selain enak rasanya, Yummy juga mengandung nutrisi yang mendukung kesehatan dan tumbuh kembangnya. Yummy Cat Food bisa anda dapatkan di MypetsIndonesia dengan harga yang sangat terjangkau.