Peralatan yang Harus Dimiliki Untuk Memelihara Kucing

Peralatan yang Harus Dimiliki Untuk Memelihara Kucing

Selama ini banyak orang yang ingin memelihara kucing tetapi tidak menyiapkan peralatan yang lengkap untuk kebutuhannya. Sebagai seseorang yang telah memelihara kucing selama 15 tahun, sebenarnya tidak ada yang istimewa ketika merawatnya. Hanya saja kita perlu memberikan haknya, yaitu dengan memberi makanan dan minum terbaik, tempat tinggal layak, serta vaksin dan pengobatan. Tidak lupa saya memberikan kasih sayang dan tanggung jawab kepada kucing peliharaan saya.

Kucing sebagai hewan peliharaan seharusnya memiliki kedudukan yang sama dengan anggota keluarga lainnya yang perlu dibuat bahagia. Oleh karena itu, ketika kita memutuskan untuk memelihara kucing, kita perlu menyiapkan segala kebutuhannya dengan baik dan lengkap. Berbekal pengalaman saya yang telah merawat kucing selama 15 tahun, di artikel ini saya ingin memberikan rekomendasi peralatan yang harus dimiliki untuk memelihara kucing.

1. Pet Cargo

Anda perlu memiliki pet cargo atau keranjang hewan ketika anda memutuskan untuk memelihara kucing. Pet cargo ini diperlukan ketika anda ingin membawa kucing anda bepergian, misalnya saat hendak grooming atau periksa ke dokter hewan. Apalagi jika anda termasuk orang yang suka jalan-jalan, dengan memiliki pet cargo akan memudahkan anda untuk mengajak kucing anda traveling. Anda juga perlu menyediakan makanan dan minuman secukupnya di dalam pet cargo agar kucing anda tidak stress dan dehidrasi selama perjalanan.

Ada banyak pet cargo yang dijual di pasaran, saya sendiri lebih menyukai produk yang memiliki banyak ventilasi udara. Dengan adanya banyak ventilasi udara, maka jumlah oksigen yang bisa dihirup oleh kucing kita di dalam menjadi tersedia dalam jumlah cukup. Selain masalah ventilasi udara, anda juga sebaiknya memilih pet cargo yang berukuran besar sehingga kucing anda merasa lebih nyaman ketika berada di dalam.

2. Kandang Besi

Walaupun biasanya saya termasuk orang yang suka membiarkan kucing peliharaan berkeliaran di dalam rumah, memiliki kandang tetaplah penting. Hal itu dikarenakan ketika ingin membersihkan rumah, kucing peliharaan sebaiknya dimasukkan ke dalam kandang. Selain itu, kandang ini juga berguna ketika ada tamu yang datang dan kurang menyukai kucing.

Saya lebih memilih kandang yang terbuat dari terali besi yang kokoh, agar si kucing tidak bisa kabur dari kandang. Selain itu, penggunaan kandang terbuat dari besi juga lebih mudah ketika ingin membersihkannya. Pilihlah kandang yang bisa dilipat, sehingga anda bisa menyimpannya ketika tidak sedang dipakai tanpa perlu memakan banyak tempat.

3. Kasur Empuk

Sebenarnya, kucing bukanlah hewan yang mewajibkan memiliki tempat tidur yang empuk dan nyaman. Kucing bisa tidur di sembarang tempat, seperti di lantai yang keras. Akan tetapi ternyata tidur di tempat yang keras ini kurang baik bagi kesehatan si kucing, sehingga membelikan kucing anda kasur yang empuk bisa menjadi solusi.

Pilihlah kasur yang berbahan halus dan lembut, serta ukuran yang sesuai dengan kucing anda. Memberikan kucing sebuah kasur yang empuk ternyata bermanfaat untuk mencegah kerontokan bulu. Oleh sebab itu, saya merekomendasikan anda untuk membeli peralatan kucing ini untuk hewan peliharaan anda.

4. Cat Condo

Salah satu kebiasaan kucing yang sering menjengkelkan adalah suka mencakari barang-barang di dalam rumah. Mungkin anda juga salah satu orang yang sofa atau furniturenya pernah menjadi korban cakaran kucing peliharaan anda. Secara alamiah, hewan memang memiliki hoby mencakar barang di sekelilingnya. Hal itu dilakukannya untuk menjaga cakar kukunya tetap tajam dan mengganti lapisan kuku yang sudah tua dengan lapisan baru. Gerakan mencakar ini juga bermanfaat untuk melatih otot yang dimilikinya.

Selain itu, beberapa ahli hewan berpendapat bahwa cakaran itu sebenarnya dimaksudkan untuk menandai daerah kekuasaannya. Bekas cakaran itu diduga mengeluarkan aroma khas sehingga dapat digunakan sebagai penanda. Kebiasaan alami ini termasuk sulit untuk dicegah atau dihilangkan, akan tetapi anda bisa menyiapkan garukan khusus untuk si kucing agar perabotan anda tidak menjadi korban.

Saat ini ada banyak garukan kucing yang dijual di pasaran, dengan berbagai model, bentuk dan ukuran. Salah garukan kucing yang menurut saya futuristik adalah cat condo yang bentuknya menyerupai condominium. Peralatan kucing ini berfungsi juga sebagai mainan yang akan membuat kucing kalian betah dan bahagia.

Ketika anda ingin membeli cat condo, anda perlu memastikan ukuran ruangan yang akan digunakan untuk menaruhnya. Jangan sampai ruangan yang disediakan terlalu kecil untuk menaruh peralatan kucing ini. Anda juga bisa memesan secara custom dengan ukuran dan desain sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

5. Boneka Catnip

Kucing merupakan hewan yang suka bermain, sehingga kita perlu meluangkan waktu untuk bermain dengannya. Anda juga sebaiknya menyediakan mainan untuk dimainkannya, sehingga ia bisa bermain dengan riang gembira. Ada banyak sekali mainan kucing yang beredar di pasaran, contohnya saja bola-bola benang, mainan bulu dan lain sebagainya.

Salah satu mainan kucing yang menarik untuk anda beli adalah boneka yang berbentuk seperti ikan asli. Di dalam boneka tersebut diisi catnip, sebah tanaman yang dapat menstimulasi kucing sehingga menjadi rileks. Saat bermain dengan boneka catnip ini, kucing anda bisa sampai bergulung-gulung di lantai saking senangnya. Ini menjadi peralatan kucing rekomendasi yang perlu anda beli untuk membahagiakan hewan peliharaan anda tersebut.

6. Litter Box

Kita tentu tidak ingin kucing peliharaan kita membuang kotoran sembarangan sehingga membuat rumah kita bau. Untung saja, kucing termasuk hewan yang pintar dan bisa belajar dengan cepat, termasuk masalah membuang kotoran pada tempatnya. Kita tinggal menyediakan tempat membuang kotoran bagi kucing peliharaan kita dan mengajarkannya agar buang kotoran di sana.

Namun, tentu saja mengajari kucing membuang kotoran di tempatnya ini membutuhkan proses. Tempat khusus untuk kucing buang kotoran biasanya disebut sebagai litter box, yang tersedia dalam beragam bentuk dan ukuran. Anda bisa memilih ukuran dan bentuk litter box ini sesuai dengan kebutuhan kucing anda. Misalnya saja ketika kucing anda berukuran besar, litter boxnya juga perlu disediakan dalam ukuran yang memadai sehingga ia tidak merasa sempit ketika akan membuang kotoran.

Saya termasuk orang yang memilih litter box yang berbahan plastik tebal dan berkualitas tinggi. Dengan kuatnya bahan plastiknya, maka litter box ini tidak mudah pecah ataupun retak ketika digunakan oleh kucing anda. Anda bisa membeli litter box berkualitas tinggi dengan harga terjangkau di Mypetsindonesia. Di toko online ini disediakan beragam litter box berkualitas yang bisa anda pilih sesuai dengan selera anda.

7. Mangkuk Makanan dan Minuman

Kucing memerlukan wadah untuk digunakan menaruh makanan dan minuman sehingga terjamin kehigienisannya. Saya menyarankan anda untuk membeli mangkuk yang terbuat dari plastik sehingga tidak mudah rusak dan gampang dibersihkan.

Ada juga mangkok makanan yang memiliki fungsi auto feeder sehingga anda bisa dengan tenang meninggalkan kucing anda bepergian selama beberapa hari tanpa perlu khawatir mereka kelaparan. Dengan fitur auto feeder ini, makanan akan secara otomatis selalu tersedia ketika di dalam mangkok sudah kosong.

Itulah 6 peralatan kucing yang perlu anda beli ketika anda memutuskan untuk memelihara hewan berbulu ini.