Jangan Panik, Ini Tips Perawatan Anak Anjing Tanpa Induk

Jangan Panik, Ini Tips Perawatan Anak Anjing Tanpa Induk
perawatan anak anjing tanpa induk

Hampir sama dengan kucing, anjing jadi salah satu dari peliharaan yang banyak dijadikan hewan kesayangan di rumah. Tapi, sangat disayangkan jika ada anjing yang harus lahir tanpa induknya. Oleh sebab itu, kamu bisa menyimak 5 tips perawatan anak anjing tanpa induk yang perlu kamu ketahui.

Merawat anjing yang masih kecil tidak semudah yang dibayangkan. Ada berbagai hal yang perlu kamu persiapkan sebelum betul-betul memeliharanya. Anak anjing layaknya bayi yang memerlukan kasih sayang yang lebih, jika tak ada induknya, kamu harus siap menjadi sandarannya.

Perawatan Anak Anjing Tanpa Induk Yang Masih Butuh Susu Induknya

  • Jaga Suhunya Selalu Hangat

Menjaga suhu tubuh anjing kecil untuk selalu hangat merupakan suatu kewajiban, biasanya anjing kecil senang sekali bergerombol bersama saudaranya serta mendekatkan tubuhnya kepada si induk agar selalu hangat. Namun, bagaimana cara merawat anjing kecil tanpa induk agar selalu hangat?

Kamu dapat melakukannya dengan memberi selimut, kemudian kantong kompres yang berisikan air hangat serta diletakkan dibawah selimut juga menjadi solusi yang bagus untuk dapat dijadikan sebagai tambahan penghangat kepada tubuh anak anjing.

  • Bersihkan Kotoran Secara Rutin

Anjing kecil memerlukan rangsangan untukk dapat buang air selepas makan. Indung anjing biasanya bakal menjilati bagian bawah anaknya demi merangsang membuang kotoran.

Oleh sebab itu, cara merawat anjing kecil tanpa induk agar kebersihannya selalu terjaga adalah kamu harus mengambil kapas kemudian basahi menggunakan air hangat, selanjutnya gosokkan secara lembut di bagian anus dan perut. Seka secara lembut apapun itu yang keluar dari anus.

  • Rutin Memberikan Susu

Anjing yang baru lahir harus dikasih susu tiap 2 hingga 3 jam sekali. Frekuensi menyusui bakal menurun jadi 4 jam sekali setelah berumur 2-3 minggu. Menyusul di umur tersebut mereka umumnya tetap menyusu kepada induknya, tips merawat anjing kecil tanpa induk yang menyusui tentunya berbeda.

Kamu membutuhkan botol untuk memberi susu yang diformulasikan secar akhusus kepada anjing kecil. Kamu juga tak direkomendasikan memberi susu sapi. Hal itu disebabkan pencernaan anjing yang masih kecil masih terlalu sensitif serta memberikan mereka susu sapi bisa mengganggu saluran pencernaan atau kesehatannya.

Selain memakai botol dot, kamu sebagai pemilik juga harus memastikan suhu pada susu tersebut tak terlalu panas. Cara mengeceknya adalah kamu dapat meneteskan susu pada pergelangan tangan dalam, jika sudah terasa sedikit hangat, maka susu tersebut siap untuk diberikan kepada anak anjing kesayanganmu.

Bantu Saat Proses Pergantian Makanan Pendamping

Anjing kecil mulai bisa diberikan makanan padat sebagai makanan pendamping susu mulai berumur 4 minggu, serta mulai proses penyapihan ketika berumur 6 minggu. Hal itu disebabkan di usia itu, air susu tak lagi bisa mencukupi keperluan nutrisi mereka.

Nutrisi yang diperlukan oleh anjing kecil demi memenuhi gisinya ialah makanan yang mengandung air, energi, mineral, vitamin, serat, lemat, dan protein dengan takaran yang pas dengan berat badan dan juga usianya. Diawal pemberian, kamu dapat memberi makanan yang yang sudah dilunakkan memakai air hangat sebagai adaptasi. Setelahnya, makanan anjing dapat diberikan tanpa perlu dilunakkan sesuai jatah yang direkomendasikan untuk ukuran tubuh dan usianya.

Nah, itulah tips mudah perawatan anak anjing tanpa induk yang perlu kamu ketahui. Selain cara diatas, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter hewan apakah pemberikan makananmu sudah sesuai dengan takaran atau belum. Semoga bermanfaat!

Incoming search terms:

  • merawat anjing kecil