Perhatikan Takaran Wet Food Kucing yang Benar

Perhatikan Takaran Wet Food Kucing yang Benar
takaran wet food kucing

Kamu memelihara kucing dirumahmu? Sudah tahu belum, jenis makanan kucing yang tepat? Pakan yang disarankan ada dua macam yaitu makanan kering dan basah. Makanan basah populer disebut sebagai wet food. Kali ini akan memahas tentang takaran wet food kucing yang tepat.

Wet food adalah jenis makanan kucing yang cenderung lembek dan terbuat dari bahan-bahan segar sperti ikan dan lainnya. Pemberian wet food pada kucing lebih disarankan karena tekstur pakan yang berair dapat mengurangi resiko dehidrasi pada kucing. Selain itu pakan kering mempunyai kandungan karbohidart lebih banyak sehingga bia menyebabkan obesitas. Untuk itu kamu perlu tahu takaran pemberian pakan wet food.

Takaran Wet Food Kucing

Wet Food bisa kamu beli di toko perlengkapan hewan langgananmu ataupun di marketplace, tapi jika membeli secara online pastikan wet food itu mengandung gizi yang tepat dan disclaimer saja, bukan barang palsu ya! Sebenarnya kamu bisa membuatnya sendiri, dan itu menjamin mutunya karena kamu tahu proses pembuatannya. Sudah memutuskan untuk beli atau buat saja?

Pemberian takaran makanan wet food pada kucing kesayanganmu dapat ditentukan melalui kondisi kucing secara fisik dan umurnya. Kondisi fisik maksudnya adalah berat badan si kucing. Untuk tahu berdasarkan berat badan, bisa dilogika bahwa semakin berat kucing tentu semakin lebih banyak membutuhkan makanan. Kali ini akan dijelaskan takaran wet food sesuai usia kucing. Yuk Simak penjelasan ini tentang panduan takarannya.

  1. Bayi Kucing Kecil atau Anak Kucing

Pembahasan pertama adalah takaran wet food kucing pada anak kucing atau bayi kucing yang sudah lepas menyusu dari induknya. Ketika sudah disapih dari susu induknya, maka anak kucing perlu mengkonsumsi pakan wet food untuk pertumbuhannya agar menjadi kucing yang sehat dan bugar.

Takaran wet food-nya yaitu sejumlah 65 kilo kalori setiap per setengah kilogram berat badan anak kucing kesayanganmu yang tentunya sudah disapih. Untuk mudahnya begini, jika berat anak kucing misal beratnya sudah mencapai satu kilogram maka pakan wet food yang dibutuhkan si kucing adlah 120 kilo kalori (kkal).

  1. Kucing Usia Dewasa dengan Keadaan Tubuh Normal dan Ideal

Sebenarnya untk menentukan takaran pakan pada kucing, kamu harus mengamati kondisi tubuh kucing kesayanganmu, apakah dia sudah mencapai berat ideal atau belum. Jadi pastikan kamu menyediakan timbangan ya, ini sangat berfungsi karena pembahasan berikutnya adalah takaran pakan wet food berdasarkan berat badannya.

Baca Juga : Tips Merawat Kucing Berbulu Panjang

Jika kucing kesayanganmu mempunyai berat badan dua kilogram, maka si hewan lucu menggemaskan ini membutuhkan 160-170 kilo kalori. Lalu untuk berat empat kilogram tidak berlaku kelipatannya tapi sejumlah 225-250 kilo kalori. Untuk berat badan tujuh kilogram takarannya adalah 280-370 kilo kalori.

  1. Kucing Usia Dewasa yang Mengalami Kegemukan (Obesitas)

Bukan hanya pada manusia, kucing kesayanganmupun bisa mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Untuk takarannya, berat badan sekitar 7,2 kilogram ataupun beda satu dua gram disarankan memberikannya pakan sebanyak 324 kilo kalori. Jika mencapai berat badan 8,6-9 kilogram, perlu sejumlah 353 kilokalori.

Jika kucingmu sedang dalam menjalani proses diet, kamu bisa menguranginya sejumlah 40-50 kilokalori setiap harinya.

  1. Induk Betina yang Hamil dan Sedang Menyusui

Bukan berati karena sedang hamil, induk kucing betina memerlukan sebanyak-banyaknya supan makanan ya, tetap perlu diatur ya. Untuk berat kisaran 2,26 kilogram sediakan pakan sejumlah 336 kilo.

Jika berat badannya mencapai 4,5 kilogram maka membutuhkan 603 kilo kalori, sampai dibobot 6,8 kilogram membutuhkan 851 kilo kalori dan terakhir jika beratnya sudah maksimal 9 kilogram, berikan 1091 kilo kalori setiap harinya.

Sudah tahukan takaran wet food kucing yang tepat? Mudah kok menginagtnya. Tapi kamu juga bisa berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter hewan langgananmu.