Perlu Dipahami! Bahaya Cokelat untuk Anjing Jika Termakan

Perlu Dipahami! Bahaya Cokelat untuk Anjing Jika Termakan
bahaya coklat untuk anjing

Banyak orang yang membelikan baju anjing dan juga memberi makan makanan manusia serta memperlakukannya layaknya bayi manusia. Tapi jangan ceroboh karena tak semua makanan manusia bisa dikonsumsi anjing salah satunya coklat. Banyak bahaya cokelat untuk anjing bahkan akibatnya sangat fatal.

Ada Beberapa Ancaman Bahaya Cokelat untuk Anjing

Untuk kamu yang memiliki anjing jangan sekali-kali memberikan anjing cokelat. Sebab inilah bahaya coklat untuk anjing  yang harus diketahui:

  1. Mengandung Theobromine

Cokelat mengandung theobromine yang cukup tinggi di mana anjing tidak bisa mencerna zat ini dengan baik. Theobromine ini mirip kafein yang biasanya kita dapatkan dari kopi atau teh. Zat yang satu ini sangat tidak dianjurkan dikonsumsi oleh anjing.

Untuk menyerap zat theobromine, anjing memerlukan waktu yang cukup lama yaitu lebih dari 17 jam. Zat juga akan menumpuk dan mengendap pada tubuh anjing sehingga menyebabkan keracunan.

Ya, theobromine adalah racun bagi anjing sehingga jangan heran jika anjing berlaku tidak biasa saat setelah beberapa jam mengonsumsi coklat.

Semakin pekat coklat yang dikonsumsi oleh anjing maka semakin tinggi pula kandungan theobromine yang ada di dalamnya. Dan, semakin parah juga gejala yang akan diperlihatkan oleh anjing.

  1. Mengandung Gula yang Tinggi

Tak hanya karena mengandung theobromine yang tinggi saja. Banyak coklat yang sebenarnya kadar kakaonya rendah tetapi gula atau susunya yang sangat tinggi. Kandungan gula yang tinggi bisa mengakibatkan anjing mengalami obesitas.

Tak hanya itu saja, anjing juga bisa mengalami karies atau berbagai masalah lain pada giginya akibat konsumsi gula yang terlalu banyak.

Susu sapi juga mengandung enzim yang sangat sulit dicerna oleh anjing. Anjing bisa mengalami masalah pencernaan yang serius ketika mengonsumsi susu sapi sehingga ini harus benar-benar dihindari.

Akibat Jika Anjing Tidak Sengaja Makan Coklat

Jika sudah tahu bahayanya maka selanjutnya adalah kamu haru tahu akibat ketika ia makan cokelat. Inilah dia akibatnya:

  1. Muncul Gejala Ringan

Akibat kamu memberikan anjing coklat biasanya akan muncul gejala ringan pada 2 hingga 6 jam setelah mengonsumsinya. Gejala ringan ini seperti anjing bertingkah aneh dan terlihat sangat gelisah.

Selain itu, anjing akan membuat gerakan yang berlebihan seperti bukan dia pada biasanya. Jika kamu tidak menyadari dan segera melakukan tindakan maka anjing bisa mengalami muntah-muntah dan juga diare.

Produksi air liur yang semula banyak juga menjadi semakin berkurang. Inilah tanda-tanda ringan dari keracunan coklat.

  1. Muncul Gejala Berat

Jika gejala ringan tidak segera teratasi maka anjing akan mengalami gejala yang lebih berat. Gejala berat bisa saja terlihat seperti tremor yang berlebihan, sesak nafas, dan juga kejang-kejang hingga tak sadarkan diri.

Untuk gejala berat yang kamu tidak bisa melihatnya alias harus ada pengecekan secara medis adalah seperti detak jantung yang semakin tinggi, tekanan darah tinggi atau tekanan darah semakin rendah, gagal jantung hingga serangan jantung. Mengerikan bukan?

  1. Bisa Menyebabkan Kematian Anjing

Jika gejala berat tidak segera ditangani maka kematian bisa terjadi. Ya, jika anjing sudah mengalami gagal jantung sudah sangat tipis harapan hidupnya sehingga ia harus pergi meninggalkan kamu.

Itu dia beberapa  penjelasan mengenai bahaya cokelat untuk anjing yang harus diketahui. Hanya berikan makanan yang sesuai untuk organ pencernaan anjing agar mereka tetap sehat. Jangan sampai kasih sayang kamu malah membawa petaka untuk anjing.