Pertolongan Pertama Anjing Tertabrak Kendaraan

Pertolongan Pertama Anjing Tertabrak Kendaraan

Jika anjing peliharaanmu tertabrak kendaraan, bisa saja dia mengalami pendarahan, luka, patah tulang, shock, atau koma dan kejang-kejang. Ini merupakan sesuatu yang tak diinginkan, tapi jika kamu melihat anjing dengan situasi tersebut kamu harus selalu menjaga emosi serta memakai akal sehat. Berikut adalah langkah pertolongan pertama anjing tertabrak kendaraan.

Pertolongan pertama ialah langkah darurat agar bisa menyelamatkan nyawa binatang. Jika kamu melihat trauma atau cedera pada anjing, maka kamu bisa memberikannya pertolongan pertama. Kamu dapat meminta pelatihan melalui dokter hewan. Tapi ketika melakukannya, kamu perlu membekali diri sendiri dengan peralatan penahan sebab hewan tersebut mungkin akan menggigit karena perasaan sakit yang dia alami.

Pertolongan Pertama Anjing Tertabrak Kendaraan

  • Anjing yang lukanya cukup parah biasanya akan menggigit karea dia mengalami shock ataupun menahan rasa sakit. Sebelum menilai cedera tersebut, pakai syal ataupun kain untuk membungkus mulutnya.
  • Bawa anjing ke tepi jalan lalu angkat tubuhnya kedalam kendaraan kemudian bawa dia ke klinik hewan. Selain itu juga, kamu perlu meletakkan selimut ataupun mantel diatas tubuh anjing.

Anjing yang mengalami patah tulang belakang perlu diangkat memakai papan datar, periksalah area tubuh yang terluka dan terlihat kurang normal. Jangan sampai menyentuh luka yang jelas terlihat, jaga dia agar selalu tenang dan upayakan supaya luka yang terlihat ditutupi oleh kain.

  • Telepon dokter hewan dan coba untuk memberitahu dokter dengan setenang mungkin mengenai apa yang terjadi, misalnya bagaimana anjing bisa tertabrak serta kondisi anjing saat ini.

Dokter hewan bisa memberitahu kamu apa yang bisa dilakukan ketika mempersiapkan diri membawa anjing tersebut ke klinik hewan. Dokter biasanya akan mengajukan pertanyaan mengenai tanda-tanda vital serta gerakan tertentu yang dilakukan oleh anjing.

  • Mungkin kamu perlu meninggalkan anjing saat sudah dirawat oleh dokter dan mungkin kamu tak bisa melihat ataupun mengetahui apa yang selanjutnya terjadi.

Bergantung dengan cedera yang dialami, dokter akan memberi petunjuk mengenai apa yang harus dilakukan agar bisa memastikan proses penyembuhan terbaik beserta pemulihannya. Anjing juga bisa diberi obat khusus ketika mereka tengah dalam masa penyembuhan, seperti antibiotik dan obat pereda rasa nyeri.

  • Umumnya, dokter hewan akan merekomendasikan untuk banyak beristirahat serta sedikit bergerak. Terutama pada kondisi patah tulang lantaran terlalu banyak gerakan bisa mengakibatkan tulang retak tak bisa kembali menyambung dengan benar saat masa pemulihan.

Siapkan Tempat Untuk Penyembuhan Anjing

Siapkan lokasi yang nyaman dan aman bagi anjing saat dia kembali pulang. Kamu bisa memilih meletakkannya pada kennel, ataupun di area dimana kamu bisa menghabiskan waktu banyak dengannya. Dengan menunjukkan kasih sayangmu kepadanya, ini memungkinkan anjing tahu jika dia mempunyai dukungan dari kamu sebagai pemilik.

  • Anjing tak akan bisa melakukan berbagai hal sendiri, misalnya berjalan sendiri keluar untuk buang air ataupun berjalan untuk makan. Kamu harus membantu berbagai aktivitasnya selama masih dalam proses pemulihan.
  • Mungkin hal ini akan memakan waktu lebih dari 3 bulan pada anjing agar bisa melanjutkan proses penyembuhan. Nah, selama masa tersebut pastikan kamu membawa binatang kesayangan selalu memeriksakan kembali kondisi cederanya secara terjadwal. Pemeriksaan itu bisa memantau pemulihan ajing peliharaan dan memastikan dia kembali pulih seperti sebelumnya.

Demikian ulasan tentang pertolongan pertama anjing tertabrak kendaraan. Kamu perlu tahu mengenai bagaimana memberi pertolongan pertama saat hewan peliharaan mengalami kondisi tersebut. Selain itu, kamu wajib mempunyai nomor klinik atau dokter hewan yang dapat dihubungi. Semoga bermanfaat.