Inilah 10 Daftar Ras Kucing Terlangka Dan Unik di Dunia

Inilah 10 Daftar Ras Kucing Terlangka Dan Unik di Dunia
kucing terlangka

Kucing memang dapat ditemui dimana saja, khususnya di Indonesia. Mereka mampu hidup dengan bebas didaerah rumahmu, dijalanan, bahkan didekat tempat pembuangan sampah. Tentunya, mereka ialah kucing kampung atau biasa disebut kucing liar. Beda dengan kucing kampung, ada beberapa ras kucing yang tergolong kucing terlangka dunia, bahkan jumlah mereka tidak banyak.

Secara umum, kucing yang masuk dalam kategori langka ini jumlahnya tidak banyak sebab proses pengembangbiakannya lumayan sulit. Jadi kamu jangan salah, bukan kehilangan habitat karena diburu manusia.

Kemudian, jenis kucing apasaja yang terbilang langka? Simak ulasannya!

Ada 10 Ras Kucing Terlangka Dan Terunik Di Dunia

kucing Peterbald
kucing Peterbald
  • Burmilla

Senada dengan namanya, kucing satu ini adalah hasil silangan dari Chinchilla Persia dan Burma. Ras ini dihasilkan dengan tak sengaja oleh orang Inggris, Baroness Miranda von Kirchberg pada 1981. Mata yang tajam dan bulunya mengkilap merupakan daya tarik dari Burmilla. Tapi, kucing ini hany bisa kamu temukan di Inggris saja.

  • Peterbald

Jika dilihat sepintas, Peterbald mirip sekali dengan kucing Sphynx, tapi bedanya kucing ini masih mempunyai bulu yang pendek dan membentuk corak khusus. Pertama kali mereka dibiakkan di Rusia.

  • Korat

Korat adalah kucing yang mempunyai rekam sejarah di salah satu kerajaan di Thailand. Korat mempunyai penampilan khas, yakni bulu berwarna abu-abu gelap. Tapi kini, mereka jarang terlihat sehingga siapapun yang menemukannya dinilai sangat beruntung.

  • Ragamuffin

Dikembangbiakkan pada 2003, Ragamuffin banyak digemari oleh masyarakat. Bulunya halus dan tebal dan matanya besar menjadi daya tarik yang bagi siapapun yang melihatnya akan terpesona. Tapi, tak banyak yang mengetahui formula perkawinan ras yang dapat menghasilkan ras Ragamuffin.

  • LaPerm

Setelah melihatnya, kamu bakal mengakui jika LaPerm merupakan salah satu dari ras kucing terunik yang belum pernah kamu temui sebelumnya. Karena, bulunya ikal atau keriting, seperti melakukan perm salon. Ternyata, LaPerm adalah hasil persilangan kucing Tabby dengan domestik, namun induk harus mempunyai gen ikal dalam DNA-nya.

  • Sokoke

Sokoke merupakan kucing eksotis dari Kenya. Garis coklat gelap yang dipadukan dengan warna kucing membuatnya mirip dengan Serval [kucing hutan].

  • Minskin

Minskin merupakan jenis yang dihasilkan lewat perkawinan ras Munchkin dan Sphynx. Itulah mengapa kamu dapat menyaksikan kedua karakteristik dalam dirinya. Mereka nyaris tak mempunyai bulu seperti halnya Sphynx, kakinya pendek seperti Munchkin. Tak banyak yang bisa menyilangkan mereka sehingga Minskin tergolong kucing langka.

Beberapa Ada Dari Silangan Antar Ras

Kurilian Bobtail
Kurilian Bobtail
  • Serengeti

Pertama kali muncul pada 1990, Serengeti adalah hasil silangan antara Oriental Shorthair dan Bengal. Mereka terlihat kokoh dan kuat namun mempunyai muka imut. Harga kucing Bengal membuat banyak orang ragu menyilangkannya, itulah sebabnya Serengeti menjadi kucing langka.

  • Kurilian Bobtail

Senada dengan namanya, Kurilian Bobtail mempunyai ekor pendek, mirip dengan pom-pom. Meski terlihat cantik, ras satu ini jago sekali dalam hal berburu. Dia diduga masih mempunyai hubungan darah dengan kucing Japanese Bobtail.

  • Chartreux

Chartreux disebut-sebut mempunyai asal-usul cukup rumit serta terkait dengan jenis kucing pada jaman dulu. Diduga bahwa kucing satu ini berasal dari ras Persia namun selanjutnya dibawa menuju Kerajaan Prancis. Mereka sering dirawat oleh para biksu yang berada disana, tapi sayang sekarang jumlah mereka semakin berkurang.

  • American Wirehair

American Wirehair mendiamin serta hanya dapat kamu  temukan di Amerika saja. Diduga bahwa kucing ini merupakan kucing domestik dan bermutasi secara alami sehingga helaian bulu semakin menipis dan terkesan jabrik. Kumisnya juga mengerut. Menurut Cat Frontoers Association, ini merupakan ras kucing terlangka dunia, populasi mereka juga selalu menurun.

Demikian ulasan tentang ras kucing terlangka di dunia. Diantara beberapa ras kucing yang telah disebutkan diatas, manakah yang paling kamu ingin adopsi? Tapi, sebagian besar kucing ini tak dapat ditemukan di Indonesia, oleh sebab itu kamu perlu datang ke negara asalnya.