Ras Kucing Termahal di Dunia dengan Harga Fantastis

Ras Kucing Termahal di Dunia dengan Harga Fantastis

Kucing merupakan salah satu hewan yang paling banyak penggemarnya, sehingga ada juga penghobi yang bersedia menghabiskan uangnya untuk mendapatkan ras yang dianggap langka. Berikut ini adalah beberapa ras kucing termahal di dunia, yang akan saya urutkan dari relatif murah ke mahal.

Maine Coon

Kucing Maine Coon merupakan kucing yang memiliki ukuran tubuh yang besar tetapi sifat yang baik dan penurut. Beberapa kucing jenis ini ada yang beratnya mencapai lebih dari 12 kilogram. Ukuran tersebut menyebabkannya memiliki berat 2 hingga 3 kali lipat dari kucing kebanyakan.

Karena ukurannya yang besar dan kelakuannya yang penurut ini, membuat Maine Coon menjadi ras terpopuler di Amerika Serikat.Kepopulerannya ini membuat ras ini menjadi memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Kucing ini memiliki harga sekitar 14 juta rupiah yang membuatnya menjadi salah satu ras termahal di dunia.

British Shorthair

Ras kucing ini disukai karena kemampuannya untuk beradaptasi, penuh kasih sayang serta sangat manja kepada pemiliknya. Kucing ini merupakan ras yang sudah sejak lama ada, yaitu sejak zaman kekaisaran Romawi. Ciri khas kucing ini adalah memiliki wajah yang terlihat chubby dan membulat, memiliki mata berwarna tembaga dan bulu abu-abu kebiruan. Kucing ini British Shorthair ras murni memiliki harga sekitar 21,3 juta rupiah yang membuatnya menjadi salah satu ras kucing termahal.

Scottish Fold

Ras kucing ini pertama kali dikembangbiakan di sebuah peternakan di wilayah Tayside di Skotlandia, sekitar tahun 1961. Seorang penggembala bernama William Ross melihat kucing ini di alam liar, ia kemudian mencoba mengembangkan ras tersebut. Kucing ini memiliki ciri khas pada telinganya yang fleksibel dan dapat melipat ke bawah dan ke depan sehingga memberikan kesan seperti beruang teddy. Keunikan pada telinganya tersebut, diakibatkan oleh adanya gen dominan yang mempengaruhi tulang rawan ras ini.

Kehadiran kucing ini pada tahun 70an di Amerika Serikat membuatnya begitu populer, sehingga saat itu banyak warga negara paman sam yang memeliharanya. Daya tarik utamanya adalah pada penampilannya yang tampak sedih atau murung, karena matanya yang besar dan wajahnya kecil. Akan tetapi, dibalik tampangnya yang terlihat sedih tersebut sebenarnya ras ini merupakan kucing yang energik, mudah bersosialisasi dan suka bermain. Scottish Fold memiliki harga pasaran sekitar 40 juta rupiah per ekornya untuk yang memiliki pedigree.

Sphynx

Sphinx menjadi ras kucing yang unik karena tidak memiliki bulu, akibat adanya mutasi genetik yang dialaminya. Kucing ini diduga pertama kali muncul sekitar tahun 1966 di Toronto, Kanada. Pada saat itu, ada kucing domestik yang menghasilkan anak tanpa bulu sehingga kemudian ada yang memurnikannya menjadi ras baru.

Ras kucing ini terkenal ulet dan sehat, sehingga termasuk salah satu ras yang paling jarang sakit. Dari segi kepribadiannya, kucing ini suka bermain dan menikmati ketika diperhatikan oleh pemiliknya. Mereka juga mampu bersosialisasi dengan ras kucing lain dengan baik. Salah satu hal yang perlu dilakukan bagi pemilik kucing ini adalah memandikannya dengan rutin karena tubuhnya mengeluarkan minyak yang cukup banyak. Karena keunikan tampilan yang dimiliki ras ini membuat harganya menjadi cukup mahal, hingga sekitar 45 juta rupiah per ekornya.

Russian Blue

Kucing ini berasal dari kota Archangel di Rusia yang ke diperkenalkan ke seluruh dunia pada tahun 1875 di Inggris. Russian Blue memiliki ciri khas dari warna matanya yang hijau cemerlang dan bulunya yang berwarna biru keperakan. Ras kucing ini juga memiliki sifat yang menyenangkan dan tergolong salah satu ras cerdas. Kucing Russian Blue dianggap sebagai salah satu hewan peliharaan sempurna untuk sebuah keluarga. Banyaknya kelebihan yang dimiliki ras kucing ini membuatnya menjadi salah satu yang memiliki harga termahal.

Peterbald

Ras kucing ini berasal dari Rusia dan diperkirakan pertama kali muncul sekitar tahun 1988. Kala itu peternak di negeri tersebut mengawinkan ras Donskoy Rusia dan Oriental Shorthair. Ternyata terjadi mutasi pada anaknya yang memiliki gen dominan tidak berbulu sehingga muncullah ras baru ini.

Ras ini kemudian dikembangkan oleh peternak di negeri tersebut dan kemudian diekspor ke berbagai negara di eropa. Peterbald mirip seperti ras Sphynx yang tidak berbulu, tetapi memiliki tampilan wajah yang berbeda. Kucing ini memiliki kulit yang sangat sensitif dan tidak tahan terhadap sengatan matahari sehingga ketika dipelihara di negara tropis seperti Indonesia, ia tidak bisa keluar rumah. Saat ini ras kucing ini masih memiliki banderol yang sangat tinggi, mencapai sekitar 71,3 juta rupiah.

Bengal Cat

Secara tampilan, ras bengal memiliki tampilan yang mirip seperti kucing hutan yang liar dan eksotis. Bagian bulu bengal memiliki motif seperti macan tutul dengan tubuh yang berotot. Ras ini telah ada sejak tahun 1970 an, ketika seseorang dari Amerika mengawinkan kucing hutan dengan american shorthair.

Karena memiliki nenek moyang berupa kucing hutan, ras ini memiliki tubuh yang cukup besar dengan sifat yang masih liar. Walau begitu, kucing ini bisa dilatih untuk menyayangi diri kita dan keluarga. Kucing ini sangat energik sehingga tidak akan stress ketika terlalu lama ditempatkan di kandang. Bengal yang dianggap ras murni masih memiliki harga jual yang sangat tinggi di Amerika, mencapai sekitar 25 ribu dollar atau sekitar 356 juta rupiah.

Savannah

Savannah merupakan ras yang dihasilkan dari perkawinan kucing hutan afrika dengan ras persia. Kemunculannya pertama kali terjadi pada tahun 1986 oleh Judee Frank. Savannah kemudian mulai populer sebagai salah satu ras kucing eksklusif sekitar pertengahan 90an yang membuatnya saat ini menjadi salah satu ras termahal.

Kucing ini memiliki sifat yang sangat loyal dan ramah kepada pemiliknya, ia juga bisa bersosialisasi dengan baik kepada hewan peliharaan lain. Savannah termasuk kucing yang kuat dan gesit serta mampu melompat ke lemari tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya anda tidak menaruh barang mudah pecah dalam jangkauan kucing ini. Savannah saat ini dibanderol sekitar 50 ribu dollar Amerika atau sekitar 713 juta rupiah.

Ashera

Di tahun 2021 ini, Ashera menjadi ras kucing termahal karena kelangkaannya. Ashera merupakan ras kucing yang diproduksi oleh peternak yang berasal dari Los Angeles, dimana setiap tahunnya mereka hanya melepas 5 ekor aja. Dengan begitu, pemilik ras kucing ini masih sangat terbatas di seluruh dunia.

Tampilan kucing ini sangat eksotis, menyerupai macan tutul salju yang memiliki sifat seperti Savannah. Bahkan beberapa ahli genetika berpendapat bahwa sebenarnya ras ini hanyalah salah satu variasi dari kucing Savannah sehingga memunculkan kontroversi mengenai ras ini. Terlepas dari kontroversi yang dimilikinya, ras kucing ini saat ini dibanderol mencapai 125 ribu dollar Amerika atau sekitar 1,78 miliar rupiah.