Rekomendasi Jenis Sayuran Sehat untuk Anjing Konsumsi

Rekomendasi Jenis Sayuran Sehat untuk Anjing Konsumsi

Memiliki hewan yang sehat tentu menjadi impian semua pecinta hewan peliharaan. Memberi makanan dengan kandungan nutrisi yang tepat menjadi hal yang perlu kamu perhatikan sang pemilik. Untuk menunjang gizi makanan anjing, kamu juga perlu memberi camilan. Buah dan sayuran sehat untuk anjing menjadi solusi camilan yang tepat.

Banyak manfaat yang ada ketika anjing mengkonsumsi sayuran. Misalnya meningkatkan sistim kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mulut, mengobati sistim pencernaan yang bermasalah dan sebagainya. Cara pemberiannya juga bisa dalam bentuk mentah atau terolah seperti kukus atau panggang.

Kenali Jenis Sayuran Sehat untuk Anjing

Tidak semua jenis sayuran cocok kamu berikan pada anjing. Salah memilih jenis sayuran, akan menimbulkan penyakit yang membuat anjing tidak nyaman. Berikut jenis yg cocok makan oleh anjing.

  1. Wortel

Bukan hanya kelinci saja, anjing juga bisa mengkonsumsi wortel. Mengunyah sayuran orange ini turut membantu kebersihan gigi anjing. Kandungan vitamin A dan beta karoten baik untuk kesehatan kulit dan ketajaman penglihatan. Mengolah wortel dengan cara kukus baik untuk membantu sistim pencernaan anjing.

  1. Labu

Memberikan labu sebagai sayuran sehat untuk anjing menjadi pilihan yang tepat. Terlebih jika anjingmu sedang mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit atau diare. Manfaat antioksidan dan vitamin A juga bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Sajikan labu dengan cara kukus sebentar agar lebih mudah termakan. Untuk praktisnya kamu juga bisa memeri labu kalengan. Hindari bahan tambahan karena mengandung gula yang kurang sehat.

  1. Brokoli

Sayuran hijau ini cukup aman dan sehat diberikan pada anjing kesayanganmu. Sayuran ini mengandung vitamin C, tinggi serat, dan rendah lemak. Beri dengan porsi kecil dan tanggalkan batangnya karena akan membuat anjing tersedak.

  1. Mentimun

Suhu ruangan yang panas tentu membuat anjing tidak nyaman dan dehidrasi. Memberi camilan mentimun menjadi solusi yang cukup menyegarkan. Mentimun menjadi sayuran sehat untuk anjing konsumsi karena rendah kalori. Mentimun juga cocok untuk anjing yang sedang mengalami obesitas.

  1. Asparagus

Asparagus memiliki kandungan kalium, selenium, thiamin dan berbagai vitamin C, E, K, & B6. Potong kecil asparagus sebelum kamu berikan pada anjing untuk memudahkannya mengunyah. Jika perlu kamu bisa kukus atau panggang sebentar supaya lebih mudah anjing telan. Jangan berlebih dalam memberi anjing sayuran asparagus, porsi kecil saja dirasa sudah cukup.

  1. Bayam

Sayuran sehat untuk anjing selanjutnya adalah bayam. Bayam menjadi sayuran yang cocok ketika anjingmu sedang mengalami masalah peradangan dan sedang menjalani diet seimbang.

Sayuran hijau ini mengandung zat besi, serat, vitamin A, K, dan B6. Bayam cukup efektif untuk anak anjing karena kandungan kaliumnya membantu perkembangan struktur tulang.

  1. Seledri

Seledri tinggi akan serat tapi rendah lemak dan rendah kalori. Anjing yang mengkonsumsi ini akan membuat bau napasnya lebih segar. Tapi perhatikan jumlah pemberiannya. Jangan beri camilan ini secara berlebihan karena akan menyebabkan anjing terus-menerus buang air kecil.

Baca Juga : Tidak Hanya Penurut, Ini Jenis Ras Anjing Paling Setia, Mau Tahu?

Seledri mengandung mangan, potassium dan berbagai vitamin A, C, dan K. Camilan renyah ini juga cocok bagi anjing yang sedang diet.

  1. Kembang kol

Rasa kembang kol memang hambar tapi sangat bermanfaat untuk menjaga sistim kekebalan tubuh dan penambah sel darah merah. Sajikan kembang kol dengan cara kukus karena memakan dalam bentuk mentah cukup sulit dicerna anjing.

Itulah beberapa rekomendasi jenis sayuran sehat untuk anjing konsumsi. Sekali lagi perlu diingat bahwa buah dan sayur hanya menjadi selingan atau camilan saja. Porsinya pun kamu batasi dan hanya diberikan sesekali.