Sakit Gigi Anjing Harus Segera Diatasi Dengan Sebaik Mungkin

Sakit Gigi Anjing Harus Segera Diatasi Dengan Sebaik Mungkin
sakit gigi anjing

Anjing merupakan salah satu hewan paling banyak disukai orang, anjing juga seringkali dijadikan sebagai peliharaan dirumah. Anjing tersebut biasanya sangat dicintai para ownernya bahkan menganggapnya sebagai bagian dalam keluarga. Jika terjadi masalah seperti sakit tentu akan membuat kebingungan pemiliknya. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah sakit gigi anjing.

Sangat penting menjaga kesehatan anjing, agar bisa terhindar dari penyakit yang bisa menyerang tubuhnya. Sama halnya dengan manusia anjing nyatanya juga bisa mengalami sakit pada giginya.

Langkah Tepat Dalam Atasi Sakit Gigi Anjing

Jika anjing mengalami masalah pada giginya tentu dia akan merasa risih dan kesakitan sehingga nafsu makanannya akan berkurang. Berikut ini kita akan membahas mengenai berbagai tips untuk menangani masalah gigi pada anabul.

  1. Mengetahui kondisi anjing

Ketika anjing mengalami masalah gigi tentu kamu sebagai pemiliknya  harus tahu ciri-ciri yang ditunjukkan anabul ketika sakit tersebut. Seperti nafsu makannya berkurang atau tubuhnya lemas. Maka kamu perlu mewaspadai jika anjing milikmu mengalami gejala di atas. Sebaiknya segera datang ke petshop untuk membeli obat apa saja yang kamu butuhkan untuk masalah sakit tersebut.

  1. Memberi antiseptik

Selain memberikan anabul obat kamu juga dapat mengatasi masalah ini dengan cara memberinya antiseptik. Biasanya antiseptik khusus anjing ini bisa kamu temukan di petshop terdekat. Antiseptik ini bisa atasi masalah gigi, sariawan dan masalah mulut lain pada anjing.

  1. Menyikat gigi

Sakit gigi anjing tersebut biasanya disebabkan oleh penumpukan bakteri pada gigi dan mulutnya. Maka dari itu sangat penting melakukan perawatan dan membersihkan bagian giginya dengan rutin. Cara paling mudah untuk merawat dan membersihkan giginya dengan cara menyikat giginya.

Sama dengan kamu anjing juga membutuhkan sikat gigi biasa serta pasta gigi untuk membersihkan giginya. Sebaiknya kamu perlu membeli sikat serta pasta gigi khusus anjing jangan menggunakan pasta gigi yang sama dengan manusia.

  1. Berikan pijatan

Ketika anjing mengalami masalah gigi kamu bisa memberikan pijatan. Terlebih pada bagian rahang bawahnya sebab disitu merupakan tempat otot-otot penghubung gigi. Dengan memberinya pijatan kamu bisa memberi rangsangan pada gigi anjing yang mengalami sakit. Dengan cara ini tentu sakit gigi tersebut bisa sembuh atau paling tidak meringankan sakit yang dideritanya.

  1. Mengompresnya dengan air hangat

Kamu perlu menyiapkan air hangat untuk mengompres anjing. Sama halnya saat melakukan pijatan kamu bisa mengompres pada bagian rahang bawahnya. Sakit gigi anjing selain penyebabnya infeksi bakteri ini terjadi karena faktor cuaca yang terlalu dingin.

Maka dari itu dengan mengompresnya menggunakan air hangat akan dapat meredakan sakitnya. Paling tidak dengan suhu air yang hangat bisa menetralkan hawa dingin yang bisa berakibat sakit gigi pada anabul.

  1. Memberi Tempat nyaman dan hangat

Sebaiknya kamu pindahkan anjing yang mengalami sakit tersebut di tempat yang lebih nyaman dan hangat. Sebaiknya kamu jangan dekatkan anjing dengan udara atau angin yang dingin, yang biasanya datang ketika malam hari. Jika dibutuhkan sebaiknya buat kandangnya dengan suasana hangat.

Jika Sudah Parah Harus Segera Pergi ke Klinik Dokter

Hal terakhir yang perlu kamu lakukan ketika mengetahui sakit tersebut sebaiknya segera lakukan konsultasi kepada dokter hewan langganan kamu. Ceritakan semua hal yang berhubungan dengan keadaan anabul kesayangan kamu tersebut. Dengan begitu dokter akan memberi solusi terbaik untuk mengatasi masalah gigi pada anjing milikmu tersebut.

Di atas merupakan 6 macam tips untuk menangani sakit gigi anjing yang bisa kamu lakukan ketika anabul kamu mengalami masalah satu ini. Dengan mengetahui informasi ini tentu akan sangat membantu kamu saat mengatasi anjing milikmu mengalami masalah pada gigi yang pertama kali. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kamu yang pecinta anjing.