Segera Ketahui Penyebab Anjing Jadi Agresif Untuk Pemula

Segera Ketahui Penyebab Anjing Jadi Agresif Untuk Pemula
penyebab anjing jadi agresif

Kamu mungkin baru-baru ini melihat seekor anjing terlihat agresif. Itu ditunjukka dengan menggeram atau bahkan mencoba menggigit. Ketahui bahwa ada beberapa penyebab anjing jadi agresif.

Katakanlah kamu memiliki anjing corgi pitbull, campuran dua jenis anjing yang selama ini dianggap paling agresif. Kamu mungkin langsung menyimpulkan bahwa itu pasti karena rasnya. Tetapi kenyataannya, ini tidak ada hubungannya dengan jenis anjing karena anjing mana pun bisa menjadi agresif.

Tapi, jangan khawatir. Saat menghadapi agresi anjing, salah satu hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah dengan cepat mengidentifikasi penyebab anjing jadi agresif. Mengetahui sumber agresi akan membantu kamu menemukan pilihan terbaik untuk memperbaiki perilaku mereka. Jadi sekarang, mari kita lihat beberapa penyebab umumnya.

Inilah 7 Penyebab Anjing Jadi Agresif

5 Hal yang Membuat Anjing Agresif | BukaReview

  1. Penyakit

Beberapa penyakit menyebabkan anjing menjadi agresif. Jika anjing kamu biasanya suka bermain dengan teman-teman berbulu mereka, tetapi baru-baru ini menjadi cepat marah dan menyerang, mereka mungkin menderita penyakit medis yang serius.

  1. Frustrasi

Sering disebut agresi yang dialihkan, ini adalah frustrasi yang berasal dari seekor anjing yang tidak dapat mencapai sesuatu. Anjing kemudian melampiaskan frustrasi mereka dengan cara lain. Biasanya dengan mengorbankan hewan peliharaan lain atau bahkan manusia.

  1. Melindungi Diri

Wajar bila anjing bersikap protektif, karena hal ini yang kita harapkan darinya agar mampu menjaga rumah atau hewan ternak kita. Kendati demikian, beberapa anjing terlihat berperilaku terlalu agresif sehingga yang sangat berbahaya. Itu karena tingkat kewaspadaan mereka tidak terkontrol.

  1. Periksa Tali di Lehernya

Apakah anjing kamu selalu ramah dan mudah didekati? Apakah anjing kamu mulai menggonggong, menerjang, atau membentak segala sesuatu yang terlihat segera setelah kamu memakai talinya?

Jika demikian, anjing kamu agresif dengan tali. Pastikan tali pengikat mereka tidak terlalu kencang sehingga membuat anjing merasa tidak nyaman dan menjadi agresif

  1. Anti Sosial

Ketika beberapa anjing hidup berdampingan, mereka akan bekerja untuk membentuk hierarki di antara sekelompok anjing. Pola ini secara otomatis akan membuat urutan untuk hal-hal seperti siapa yang mendapatkan tempat tidur siang yang paling nyaman atau yang pertama makan.

Namun, pada saat anggota kelompok yang lebih rendah mengganggu ketertiban, anjing Alpha mungkin akan memarahi mereka dengan menunjukkan agresi dalam bentuk geraman atau jentikan. Jadi, pastikan kehidupan sosial di antara anjing baik-baik saja dengan memperhatikan interaksi di antara mereka

  1. Menjaga yang Dicintai

Anjing yang menunjukkan penjagaan secara agresif posesif terhadap hal-hal yang paling mereka hargai, seperti mainan favorit, camilan, atau bahkan manusia. Anjing yang agresif terhadap suatu hal dapat menerjang dan terkadang membentak anjing lain karena terlalu dekat dengan tempat tidur mereka, mainan favorit, atau ibu/ayah anjing.

Jika anjing kamu menunjukkan hal ini, sebaiknya kamu harus berkonsultasi dengan dokter hewan. Hal ini karena jika dibiarkan, perilaku agresif mereka dapat meningkat menjadi serangan fisik yang parah.

  1. Ketakutan

Ketakutan adalah penyebab paling umum jadi agresif terhadap anjing lain. Perilaku berbasis rasa takut sering terjadi karena kurangnya sosialisasi yang tepat, pengalaman negatif masa lalu dengan anjing lain, atau pelecehan di tangan pemilik sebelumnya. Biasanya, anjing hanya akan menunjukkan perilaku agresif berdasarkan rasa takut jika mereka merasa dalam bahaya dan perlu membela diri.

Nah, itu tadi adalah beberapa penyebab anjing jadi agresif yang perlu diketahui para pemilik. Pastikan kamu mengidentifikasi sesegara mungkin ketika nampak gejala agresif sehingga menemukan cara yang tepat untuk mencegah tindakan yang lebih buruk oleh anjing.