Sifat Anjing Pada Manusia, Alasan Kenapa Menjadi Hewan yang Setia

Sifat Anjing Pada Manusia, Alasan Kenapa Menjadi Hewan yang Setia
sifat anjing pada manusia

Kesetian adalah sifat alami anjing. Kemudian, anjing merupakan hewan kawanan yang berarti bahwa mereka juga sebagai makhluk sosial yang suka ditemani daripada hewan lainnya. Itulah salah satu sifat anjing pada manusia. Perilaku ini pun juga adalah metode pertahanan hidup mereka.

Hubungan simbiosis antara manusia dengan ajing sudah berkembang lama sekali. Dikutip Psychology Today, anjing sanggup mengembangkan skill berempati kepada manusia. Hal ini dikarenakan ajing bisa membaca gerakan tubuh serta ekspresi manusia serta mengembangkan caranya sendiri dan dijadikan alat komunikasi dengan manusia.

Sifat Anjing Pada Manusia dan Faktor Dibalik Kesetiannya

Anjing memiliki naluri alamiah akan berteman dengan anjing lainnya, atau justru hewan lain. Jika dilihat dari sejarahnya, anjing masih satu keturunan dengan serigala yang bergantung dengan kawanan untuk bisa bertahan hidup. Sementara itu, anjing mampu mengembangkan ketrampilan sosial demi menjalin suatu hubungan yang setia.

Meski tak lagi menjalani kehidupan di alam liar, namun anjing ‘modern’ masih mempunyai naluri persahabatan, sehingga itu menjadikan mereka sebagai hewan  piaraan yang setia kepada manusia. Berikut ini adalah beberapa faktor mengapa anjing akan selalu setia kepada si pemilik.

  • Memiliki Hubungan Setia pada Manusia

Beberapa manusia menilai bahwa anjing akan setia lantaran mereka bergantung kepada manusia untuk memiliki tempat tinggal atau makan, jadi mereka perlu bersikap baik. Tapi, saat kalian melihat cara anjing bereaksi saat manusia kembali selepas bepergian untuk waktu cukup lama, maka kalian akan sadar bahwa kesetiaan tersebut lebih dari sekedar tempat tinggal atau makanan.

  • Hewan yang Penuh Kasih

Secara alami anjing punya sifat penyayang. Mereka mempunyai naluri terikat serta memiliki keinginan mencintai ataupun dicintai. Secara naluri anjing ingin jadi bagian kelompoknya, berkontribusi kepada mereka, serta melindungi anggota kelompok.

  • Sahabat Terbaik Manusia

Persahabatan antara anjing dan manusia sudah berlangsung sangat lama sekali. Anjing tak akan menjadi sahabat manusia tanpa alasan. Anjing sanggup memberikan cinta setiap hari dan tanpa syarat. Oleh sebab itulah,  berikan hewan kesayangan kalian jaminan kesehatan, salah satunya adalah dengan mengonsultasikan masalah kesehatan ke dokter hewan.

Uniknya Mereka Mampu Mengenali Aroma si Pemilik

Pada tahun 2015, Berns et al, melakukan suatu eksperimen soal tingkah laku anjing. Dalam percobaan itu, mereka memberikan anjing aroma dari si majikan, orang asing, serta makanan. Pemindaian otak diambil lewat anjing ketika mereka mendekati tiap aroma tersebut. Studi ini berhipotesis jika bau sangatlah penting untuk anjing, sebab itu merupakan cara terbaik memahami bagaimana cara kerja otak mereka.

Anjing tak hanya akan bereaksi lebih kuat pada aroma si majikan, bagian otak yang terhubung dengan kesenangan serta emosi positif langsung menyala ketika diberikan aroma majikan. Anjing yang setia bakal mengenali majikannya. Pola yang serupa ditemukan juga kepada manusia saat jatuh cinta, ketika mereka mengenali bau orang yang dia cintai.

Dalam eksperimen lainnya, seekor anjing diberi izin untuk menyaksikan orang asing yang bersikap kasar pada majikannya. Saat anjing tersebut diberi izin untuk melakukan kontak dengan majikannya dan orang asing, maka anjing tersebut otomatis bertindak agresif kepada orang asing yang bertindak kasar kepada majikan.

Seperti itulah ulasan tentang sifat anjing pada manusia dan kenapa mereka menjadi hewan yang sangat setia kepada majikan. Semoga artikel diatas bisa menjawab rasa penasaran kalian semua. Terima kasih.