Ketahui Tanda-tanda Anjing Mau Mati!

Ketahui Tanda-tanda Anjing Mau Mati!

Tanda-tanda Anjing Mau Mati – Pada umumnya, orang Indonesia memelihara kucing dan anjing. Anjing merupakan hewan yang menggemaskan, setia dan juga pintar. Jadi, tidak mengherankan jika di Indonesia banyak yang memelihara hewan yang satu ini.

Pastinya bagi Anda yang memiliki anjing ingin selalu merawat, menemani dan bermain dengan mereka dalam jangka waktu yang lama. Tapi selayaknya makhluk hidup, hewan tersebut juga akan mati ketika sudah waktunya. Maka dari itu, Anda sebagai pet owner harus merawat peliharaan Anda sebaik mungkin.

Tidak hanya mengetahui bagaimana cara merawat anjing yang baik, Anda juga harus mengetahui tanda-tanda anjing mau mati. Agar nantinya, Anda bisa menemani anjing Andi di hari-hari terakhirnya. Dalam ulasan kali ini, kami akan membahas mengenai tanda-tanda anjing mau mati. Mari langsung saja kita mulai ke topik pembahasannya.

Tanda-Tanda Anjing Mau Mati

Kepergian hewan peliharaan, pastinya hal yang menyedihkan. Apalagi jika Anda sudah bertahun-tahun memelihara dan merawatnya. Sebenarnya, anjing yang ingin mati menunjukkan pertanda tertentu. Lalu, apa saja tandanya? Berikut ini penjelasannya:

Anjing Sulit Bernafas

Tanda-tanda yang pertama adalah anjing mengalami kesulitan dalam pernafasan. Ketika Anjing mau mati, ia akan menarik nafas panjang dan ketika menghembuskan nafas sangat pendek. Pada umumnya anjing akan menarik napas sebanyak 22 kali. Tapi, ketika menuju kematiannya tarokan nafas akan berkurang.

Saat anjing sudah sekarat, maka bagian dadanya akan membesar dan bagian paru-parunya akan mengecil, dikarenakan ia menarik napas yang panjang dan menghembuskan nafas yang pendek.

Tidak Bisa Mengontrol Buang Air

Ciri yang selanjutnya adalah anjing Anda tidak bisa mengontrol ketika buang air. Ketika menuju kemariannya anjing akan buang air besar maupun kecil tanpa bisa mengontrolnya. Selin tidak bisa mengontrol, volume yang dikeluarkan juga berkurang.

 

Selalu Menyendiri

Biasanya ketika menjelang kematian, anjing sering menyendiri dan mencari tempat yang gelap. Anjing ingin menyendiri karena ia tidak ingin pemiliknya tahu bahwa ia akan pergi meninggalkan pemiliknya untuk selama-lamanya.

Baca Juga: Ciri Umum Anjing Sakit dan Cara Merawatnya Dengan Benar

 

 

Anjing Menjadi Tidak Responsif

Ciri anjing yang mau mati selanjutnya adalah anjing menjadi kesulitan bergerak dan tidak responsif. Hal itu dikarenakan otot pada anjing akan melemah, sehingga ia kesulitan bergeran dan kurang merespon ketika dipanggil. Anjing yang mau mati juga tidak bisa merasakan sakit lagi dan ketika ia berjalan, ia terlihat seperti sempoyongan dan juga lemah.

Perubahan Kulit Anjing yang Menjadi Kering

Kulit anjing yang mau meninggal juga mengalami perubahan, yaitu kulit akan terlihat kering. Hal tersebut dikarenakan, anjing yang mau mati akan mengalami dehidrasi. Sehingga kulit kering, gusi dan bibir juga terlihat pucat bahkan sampai berwarna putih. Jika kamu tekan bibir maupun gusinya, tidak akn kembali ke warna yang seharusnya yaitu warna merah muda.

Anjing Mengalami Gangguan Pencernaan

Ketika menjelang ajalnya, anjing kehilangan nafsu makan karena pencernaannya terganggu. Bahkan mereka secara perlahan juga tidak ingin makan dan minum.

Tentunya hal tersebut bisa memperlambat fungsi hati dan juga ginjal sampai keduanya tidak bekerja sama sekali, dan pencernaannya pun ikut berhenti. Karena kehilangan nafsu makan, biasanya anjing juga akan muntah, tapi muntah yang dikeluarkan berupa cairan berwarna kuning atau hijau. Hal tersebut terjadi karena, perut anjing tersebut kosong dan empedunya tidak berfungsi dengan semestinya.

Kotoran Berbau Busuk

Tanda anjing mau mati selanjutnya dalam list ini adalah, anjing akan mengeluarkan kotoran berbau busuk. Terdapat beberapa kasus anjing yang akan mati terkena diare dan kotorannya berbau busuk, ditambah ada bau darah bahkan ada darahnya. Ketika anjing sudah meninggal, kotoran dan air seni akan keluar untuk yang terakhir kalinya, karena seluruh kontrol terhadap tubuh sudah tiada.

Tidak Banyak Bergerak

Anjing yang akan mati, biasanya menjadi lemas. Ia akan lebih banyak tidur dan jadi malas bergerak. Hal tersebut dikarenakan tubuh anjing sudah tidak memiliki energi lagi, sehingga ia tidak bisa makan maupun minum. Jadi, anjing tersebut akan memilih untuk tidur.

Intinya, sebagai pemiliknya Anda harus terus menjaga dan merawat anjing Anda. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kesehatan anjing dengan memberinya makanan yang memiliki nutrisi yang baik. Tidak hanya itu saja, Anda juga harus memperhatikan kesehatan mental anjing dengan cara mengajaknya bermain.

Kebutuhan anjing memanglah tidak sedikit, jika Anda sedang mencari kebutuhan untuk anabul seperti makanan, pet treat, accessories, cage dan lainnya, Anda bisa mendapatkannya di MyPets. Kunjungi Website dan Instagram kami untuk info lebih lanjut.