Tanda-tanda Kutu Telinga Pada Kucing

Tanda-tanda Kutu Telinga Pada Kucing
Artikel kucing mypets

Nama ilmiah kutu telinga adalah Otodectes cynotis. Kutu berukuran 0.4 mm, atau setara butiran garam halus. Kalau kamu tidak jeli, pasti akan kesulitan melihat bentuknya.

Kutu telinga masuk dalam kutu pembawa penyakit (parasit eksternal/ectoparasites). Dia memiliki siklus hidup 3 minggu. Kutu telinga sangat gesit dan lincah. Jadi, mudah menular ke hewan lain. Hewan peliharaan yang sering diserang kutu telinga adalah kucing, anjing dan musang.

Slide Heading
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.
Click Here
Previous
Next


Kutu telinga kucing akan hidup dan berkembang biak disaluran telinga kucing. Coba pikir, kenapa kutu telinga (Otodectes cynotis) memilih telinga kucing sebagai tempat tinggalnya? Bukan dibagian tubuh kucing yang lain?

Ada 3 alasan penting kenapa kutu Otodectes cynotis senang tinggal di saluran telinga:

  1. Aman. Kucing tidak dapat membunuh kutu Otodectes cynotis yang sudah masuk telinga. Karena kucing tidak dapat mengorek telinganya sendiri menggunakan kaki. Jadi, kutu kucing terlindungi dari ancaman inangnya.
  2. Nyaman. Kutu telinga Otodectes cynotis menyukai tempat yang hangat. Saluran telinga kucing memiliki suhu yang hangat dan banyak lekukan. Jadi, kutu kucing sangat nyaman bersarang di sana.
  3. Banyak sumber makanan. Saluran telinga menyediakan banyak sumber makanan bagi kutu Otodectes cynotis.
    Pertama, kutu dapat menghidap darah dengan mudah. Karena lapisan kulit di saluran telinga sangat tipis.
    Kedua, kutu telinga dapat memakan kotoran telinga kucing. Jadi, kutu telinga tidak akan kelaparan saat hidup di saluran telingan inangnya.

Gejala kutu telinga Kucing

Saat kucing terjangkit kutu telinga, kucing akan memiliki beberapa gejala:

Pertama, kucing akan sering menggaruk telinganya

Kutu telinga akan menyebabkan kucing tidak nyaman. Daun telinga kucing merah. Terjadi gatal dan alergi pada saluran telinga kucing. Karena kucing tidak bisa membersihkan telinganya sendiri maka kucing akan menggaruknya.

Apakah dengan menggaruk telinga kutu telinga bisa mati? Tentu tidak. Menggelengkan kepala dan menggaruk telinga hanya usaha kucing untuk mengeluarkan kutu.

Kucing hanya berupaya mengeluarkan si kutu telinga. Kadang kucing berusaha mengorek telinga kucing. Akan tetapi, kuku dan kaki kucing tidak bisa dipakai untuk mengorek telinga. Jadi, kucing hanya bisa menggaruk-garuk saja untuk meluapkan kekesalannya terhadap kutu.

Kedua, kucing sering menggeleng-gelengkan kepala tanpa sebab yang jelas

Tindakan ini adalah upaya kucing untuk mengeluarkan kutu telinga. Kucing sadar bahwa ada gangguan ditelinganya. Akan tetapi, kucing tidak dapat mengorek telinganya sendiri. Kucing tidak memiliki jari yang kecil dan lembut untuk dimasukkan ke telinganya. Jadi, ide kreatif kucing adalah menggeleng-gelengkan kepalanya.

Kucing berharap, saat menggelengkan kepalanya lebih sering, si kutu bisa keluar. Jadi, telinga kucing bisa bersih dan nyaman kembali. Tapi itu hanya imajinasi kucing. Buktinya, kutu telinga yang terlempar keluar dengan sigap kembali bersarang di telinga kucing.

Ketiga, terdapat luka goresan, lecet, bulu botak pada area sekitar telinga kucing

Efek samping dari kebiasaan kucing menggaruk berlebihan adalah luka. Luka ini dapat terlihat sangat jelas. Misal: ada bagian bulu yang botak, kulit lecet, dan daun telinga kucing merah. Jika tidak segera diobati, luka ini bisa ditunggangi infeksi jamur. Segera deh hilangkan kutu telinga. Biar si kucing tidak brutal menggaruk telinganya.

Keempat, terdapat kotoran telinga yang berlebihan, berwarna gelap dan berbau busuk

Kutu telinga yang telah lama hidup di saluran telinga akan membentuk koloni. Kutu akan makan, tidur, & BAB di saluran telinga kucing. Jadi, kutu telinga akan membuat telinga kucing sangat kotor dan berbau busuk.

Kelima, terlihat sekumpulan bintik berwarna putih yang bergerak cepat di saluran telinga kucing

Itu dia biang keroknya. Jika kamu jeli, kamu akan melihat kutu telinga. Kutu telinga berwarna putih, kecil dan pergerakannya sangat cepat.

Itulah parasit yang menyebabkan kucing kamu menderita. Segera deh, kamu cari cara untuk menghilangkan kutu telinga. Sebelum terjadi infeksi yang lebih parah.

Tagged with: , , , ,