Ciri Umum Anjing Sakit Dan Cara Merawatnya dengan Benar

Ciri Umum Anjing Sakit Dan Cara Merawatnya dengan Benar
Ciri Umum Anjing Sakit

Jika anjing peliharaan sedang sakit, kamu sebagai pemiliknya pasti turut sedih dan tidak tega melihatnya. Cara merawat anjing sakit harus lebih ekstra daripada merawat anjing ketika kondisinya masih sehat. Karena sama seperti manusia, anjing juga bisa merasakan kesakitan dan lemah ketika terserang penyakit. Yuk cari tau tentang ciri umum anjing sakit.

Sebagai pemilik yang baik ada baiknya kita untuk memahami tanda-tanda jika anjing peliharaan mulai sakit. Selain itu kita juga harus mengetahui bagaimana merawat anjing yang sedang sakit agar si anjing peliharaan cepat sehat. Berikut ini adalah ulasannya yang bisa diperhatikan.

Ciri Umum Anjing yang Sedang Sakit

Pepe dan Chimu anjing pendamping, beri keceriaan di Rumah Sakit Chili -  ANTARA News

Sama seperti manusia anjing memiliki beragam penyakit yang bisa menyerangnya. Setiap penyakit bisa memiliki gejala yang berbeda. Namun ada tanda dan ciri umum yang menandakan jika anjing sedang sakit. Jika ciri-ciri umum yang dijelaskan di bawah ini terlihat, kamu harus segera merawat anjing sakit tersebut dengan cara khusus.  Berikut ini adalah ciri umumnya.

1. Bulu Rontok dan Kulit Gatal

Gejala yang paling umum yang memperlihatkan anjing sedang sakit adalah rontoknya bulu. Karena rasa sakit yang dirasakan anjing bisa mengakibatkan stress sehingga bulu-bulunya rontok. Rontok-rontoknya bulu ini diiringi dengan rasa gatal. Sehingga anjing akan cenderung menggaruk bagian kulit yang rontok.

Bulu yang rontok dan kulit yang gatal ini juga bisa menjadi petanda. Bahwa ada penyakit kulit, kutu atau luka pada kulit anjing. Karena itu kebiasaan menggaruk  ini harus diperhatikan.

2. Menjadi Kurang Aktif

Rasa sakit yang dirasakan oleh anjing akan membuatnya lesu dan tidak bersemangat. Akhirnya ia akan sangat berkurang dari segi mobitlitasnya. Tidak jarang, anjing akan terlihat pincang bahkan ototnya akan terasa kaku. Ciri ini biasanya bisa menjadi pertanda jika anjing tengah mengalami radang di tempat tertentu di dalam tubuhnya.

3. Batuk-Batuk

Batuk adalah hal yang biasa dilakukan oleh anjing sebagaimana halnya dengan manusia. Namun jika frekuensi batuk anjing menjadi terlalu sering. Bahkan sudah di luar batas wajar, hal ini perlu diwaspadai oleh kamu sebagai pemilik. Apalagi batuk yang berlebihan ini bisa saja menandakan penyakit berat di dalam tubuh anjing.

Seperti penyakit pada jantung atau paru-paru. Bahkan kemungkinan besar anjing mengidap cacing jantung yang sangat berbahaya.

Cara Merawat Anjing Sakit

Setelah mengetahui ciri umum anjing yang sedang sakit selanjutnya akan dibahas bagaiaman caranya merawat anjing yang sedang sakit. Seperti yang dituliskan sebelumnya anjing yang sedang sakit membutuhkan perhatian dan perawatan ekstra. Agar gejala sakitnya berkurang dan tubuhnya bisa sehat kembali. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Menjaga Kebersihan Tubuh dan Kandang

Sebenarnya tidak hanya sewaktu anjing sakit saja. Kamu harus dapat menjaga kebersihan kandang dan tubuh anjing sepanjang waktu. Namun saat sakit kebersihan harus menjadi perhatian utamamu. Kondisi kandang dan tubuh yang bersih akan mendukung anjing untuk semakin cepat sembuh dari penyakitnya.

2. Mendorong Anjing Untuk Tetap Aktif

Seperti yang dikatakan di atas salah satu ciri anjing yang sedang sakit adalah menurunnya mobilitas. Jika terlihat tanda-tanda ini, kamu harus bisa mendorong agar anjing peliharaanmu tetap aktif. Ajaklah anjing kamu untuk berjalan-jalan ringan atau bermain dengan gerakan kecil. Hal ini agar anjing terhindar dari infeksi karena berbaring terlalu lama.

3. Menjaga Asupan Makan

Berikan asupan nutrisi yang cukup bagi anjing terutama ketika sedang sakit. Selain asupan nutrisi berupa makanan. Ketika sakit anjing membutuhkan lebih banyak asupan air, karena sama seperti manusia. Anjing membutuhkan cairan ekstra saat sakit agar terhindar dari dehidrasi.

Itulah ciri umum dan cara merawat anjing sakit, sekarang jangan panik lagi jika anjing kamu menunjukan tanda sedang sakit. Rawatlah dia dengan sepenuh hati maka dipastikan anjing kamu bisa sehat kembali.