Tiba-Tiba Kucing Muntah Akut? Ini 5 Penyebab Utamanya

Tiba-Tiba Kucing Muntah Akut? Ini 5 Penyebab Utamanya
kucing muntah akut

Apakah anda memiliki kucing yang sering sekali muntah? Biasanya kucing yang sering muntah merupakan pertanda bahwa kesehatan tubuh kucing sedanng terganggu. Berikut beberapa penyebab kucing muntah akut yang sering terjadi.

Kenali Beberapa Penyebab Kucing Muntah Akut

  1. Keracunan

Hal pertama yang paling umum terjadi mengapa kucing sering mengalami muntah secara tiba-tiba yakni disebabkan oleh keracunan.  Beberapa sumber racun sekitar rumah yang dapat memicu kucing keracunan antara lain pembersih beracun, semprotan halaman, semprotan serangga hingga obat-obatan manusia oleh karena itu sebaiknya anda meletakkan bahan-bahan tersebut di area yang tidak dijangkau oleh kucing.

  1. Alergi makanan

Pada umumnya beberapa makanan yang paling sering membuat kucing alergi antara lain seperti ikan ayam, daging sapi dan lainnya. Namun begitu masih ada beberapa bahan lain yang juga dapat menyebabkan kucing lebih sering terkena alergi alergi sehingga membuat kucing muntah akut. Kucing yang memiliki alergi terhadap makanan-makanan tertentu perlu melakukan diet khusus yakni dengan   menghindari makanan yang mengandung bahan-bahan yang belum pernah dilihat sebelumnya

  1. Penyakit radang usus

Penyebab selanjutnya yakni kucing memiliki penyakit radang usus. Biasanya muntah pada kucing akibat penyakit radang usus ini disertai dengan penurunan berat badan serta diare penyakit ini juga dapat terjadi di bagian tubuh mana saja termasuk di lambung atau gas tritis, saluran usus kucing usus besar kolitis dan usus kecil enteritis tidak

  1. Diabetes

Salah satu penyakit endrokin yang juga dapat menyerang tubuh kucing adalah diabetes. Adapun gejala yang umum terjadi pada kucing yang terkena penyakit ini adalah muntah yang terlalu berlebihan. Gejala-gejala lain yang mengirinya antara lain peningkatan rasa lapar dan haus, penurunan kekuatan otot hingga berat badan.

Cara Mengatasi Kucing yang Sering Muntah

Penyebab kucing muntah memang sangatlah beragam, sehingga sebelum mengambil penanganan yang tepat anda perlu mengetahui dahulu penyebabnya. Jika tidak segera diatasi, maka bisa saja kucing muntah akut dengan intensitas yang lebih sering. Berikut beberapa tindakan yang dapat anda lakukan untuk mengatasi kucing yang sering muntah.

  1. Memberi minum yang banyak

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengurangi rasa muntah pada kucing yakni dengan memberikan air minum. Perlu diingat, bahwa anda tidak disarankan untuk memberikannya langsung secara banyak namun sedikit demi sedikit tetapi dalam waktu yang sering sepanjang hari. Jika kucing masih tetap tidak mau minum anda bisa memberikannya jus ikan tuna agar untuk merangsang kucing agar mau minum.

  1. Puasa

Untuk meredakan rasa mual pada kucing selanjutnya yakni dengan membiarkan kucing untuk tidak memakan apapun selama 24 jam. Hal ini sangat bermanfaat untuk meredakan rasa sakit maupun kontraksi yang terjadi pada perut kucing, selain itu mengistirahatkan pencernaan selama 24 jam ini sangat bagus untuk mengurangi peradangan. Setelah puasa selama 24 jam anda dapat memberikan makanan seperti nasi putih dan setelah lewat 48 jam anda sudah bisa memberikan makanan seperti biasanya.

  1. Berikan teh jahe

Tidak hanya bermanfaat sebagai penyedap rasa untuk masakan namun ternyata jahe juga dinilai efektif untuk mengobati kucing muntah akut. Anda dapat memberikan satu sendok teh jahe selama 2 kali per hari hingga kucing sudah benar-benar berhenti muntah. Cara membuatnya juga cukuplah gampang anda hanya perlu mengupas dan memotong jahe lalu lebur rebus dengan segelas air selama 15 menit.