Tiba-tiba Suara Kucing Serak, Hal Apa yang Menyebabkannya?

Tiba-tiba Suara Kucing Serak, Hal Apa yang Menyebabkannya?
suara kucing serak

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang memiliki banyak peminat.  Jika kamu orang yang suka memelihara kucing, kamu harus wajib mengetahui banyak hal tentangnya. Seperti halnya jika mendengar suara kucing serak, kamu harus cepat tanggap untuk mencari tahu keadaan kucingmu. Jangan terlalu menganggap remeh dengan perubahan suara kucingmu yang tiba-tiba terjadi.

Penyebab Perubahaan Suata Kucing Menjadi Serak

Jika suara kucing serak secara tiba-tiba, kamu harus wajib memberikan perhatian khusus. Mengapa demikian? Hal tersebut bisa kamu ketahui dari perubahan perilaku menjadi lebih manja dan sering mendekat kepada kamu. Kucing akan melakukan hal tersebut untuk memberitahukan pemiliknya bahwa terjadi kelainan pada tubuh kucing tersebut.

Oleh sebab itu ada beberapa hal yang harus kamu ketahui agar dapat mengatasi suara kucing serak secara tiba-tiba. Suara serak pada kucing bisa dipengaruhi oleh beberapa hal seperti di bawah ini:

  1. Pertumbuhan Larynx pada Kucing

Pertumbuhan larynx memiliki arti sebagai pertumbuhan pita suara. Pertumbuhan pita suara tersbut dapat menyebabkan kemampuan mengeong kucing menjadi kurang optimal. Tapi tidak perlu khawatir karena ini yang normal dan hampir terjadi pada semua kucing.

  1. Radang Tenggorokan

Sama halnya seperti manusia, kucing juga dapat mengalami radang tenggorokan. Penyakit ini dapat menyebabkan suara kucing menjadi serak bahkan sampai menghilang sepenuhnya. Hal tersebut terjadi karena adanya terdapat virus yang menginfeksi bagian trachea sehingga mengalami pembengkakan.

  1. Penyebab Eksternal

Hal ini terjadi jika kucing makan secara sembarangan yang dapat memicu kerusakan pada pita suara. Terjadinya kerusakan pita suara jika kucing memakan benda aneh dan tersangkut di pita suara. Kerusakan tersebut akan menimbulkan luka yang dapat mengakibatkan peradangan dan infeksi.

  1. Laryngeal Paralys

Penyakit ini merupakan penyakit saraf. Penyakit ini dapat timbul disebabkan rusaknya jaringan saraf yang berhubungan dengan pita suara. Kerusakan tersebut akan berdampak pada pita suara yang tidak berfungsi secara optimal.

  1. Psikologis

Hal ini berhubungan dengan lingkungan tempat tinggal kucing. Bisa jadi pita suara tidak berfungsi secara optimal karena kucing tersebut stres, gugup dan trauma. Trauma pada kucing tidak boleh dianggap sepele karena hal tersebut dapat menghilangkan ciri khas dari kucing tersebut yaitu mengeong.

  1. Tumor dan Kanker

Tumor jinak atau ganas yang terjadi pada laring dan trakea dapat berpengaruh besar pada suara kucing mengeong. Hal tersebut akan mengakibatkan tekanan pada jaringan normal sehingga mengakibatkan suara kucing serak secara perlahan-lahan. Dan jika tidak segera ditangani kucing tersebut kemungkinan kehilangan suaranya.

  1. Gangguan Otot

Pita suara merupakan otot yang akan menghasilkan suara. Gangguan otot autoimun dapat memblokir sambungan neuromuskuler dan dapat mengakibatkan perubahan drastis pada suara kucing bahkan dapat membuat suara kucing menghilang.

Jika kucingmu tiba-tiba mengalami perubahan yang drastis dan selalu berusaha dekat dengan kamu, harus perlu kamu pertanyakan penyebab kucing tersebut melakukannya. Bisa saja kucing tersebut ingin memberitahukan kelainan yang dia rasakan saat itu.

Untuk memelihara kucing kamu harus lebih banyak mengetahui tentang kucing tersebut. Jangan sampai kelalaian mu merawar kucing mengakibatkan kucing tersebut menderita atau sakit. Seperti hal suara kucing serak secara tiba-tiba. Kamu wajib memperhatikan penyebabnya yang sudah penulis sediakan pada artikel ini. Tetap sayangi kucing mu dan berikan dia tempat yang nyaman.