Tips Melatih Mental Anjing Supaya Lebih Agresif Dan Berani

Tips Melatih Mental Anjing Supaya Lebih Agresif Dan Berani
melatih mental anjing

Biasanya anjing sudah mempunyai naluri memburu serta melindungi diri sendiri. Begitu pula ketika ada orang yang tidak dikenal mendekatinya, pastinya akan langsung menggonggong. Tapi, hal ini jadi masalah saat kamu mempunyai anjing penakut dan tak berani saat ada orang tak dikenal masuk kedalam rumah. Yuk mari kita simak cara melatih mental anjing yang benar.

Hewan yang satu ini memang dapat difungsikan untuk menjaga rumah, oleh sebab itu sangat penting supaya dia bisa menunjukkan kepercayaan diri dan keberanian saat bertemu orang lain.

Jangan Malas Untuk Melatih Mental Anjing Kalian

Berikut adalah tips dan cara melatih mental anjing supaya memiliki keberanian namun masih dapat dikontrol. Beberapa pihak mengusulkan untuk datang menuju tempat pelatihan sebab disana bakal dibekali dengan berbagai jenis aktivitas baru. Tapi, kamu juga dapat mencoba melatihnya sendiri.

  • Latih Sejak Kecil

Anjing yang dari awal ditujukan dan dimanfaatkan jadi penjaga rumah bisa dilatih sejak kecil. Kamu bisa melakukan cara paling dasar yaitu mengajaknya bermain sembari memberikan perintah. Seperti bermain bola dan memberikannya perintah melempar ataupun mengembalikan bola.

  • Mengajari Perintah Dasar

Adalah perintah sit dan stay, awalnya kamu bisa mempraktekkannya supaya anjingmu dapat menirukan serta memahami arti dari perintah yang kamu berikan. Berikutnya praktekkan secara langsung kepada anjing dengan membantu memposisikan diri dengan perintah dasar yang telah diajarkan.

  • Ajari Selalu Patuh

Lakukanlah kebiasaan dengan seringkali memberi perintah semisal mengambil barang, berlari, duduk, atau berdiri. Ajarilah untuk selalu patuh terhadap pemiliki dengan cara memberi sedikit pandangan marah saat dia tak menuruti apa yang kamu perintahkan sehingga nantinya dia terbiasa menurut. Jangan biarkan dia diperintah oleh orang lain.

  • Pastikan Tubuh Anjing Kuat dan Bugar

Tentunya anjing pelindung harus mendapatkan dukungan kuat dari fisiknya, pastikan dia selalu bugar dan sehat. Lindungi dia dari serangan berbagai penyakit dengan selalu memberi imunisasi, memeriksakan kesehatan, dan memeriksa kondisi fisiknya. Jangan biarkan dia lemah ataupun berada di kondisi lapar.

  • Rutin Cek Kesehatan Gigi

Kamu harus selalu memeriksa kondisi giginya serta diberikan vitamin demi menjaga kesehatan gigi yang dimana gigi seekor anjing punya peran yang sangat penting saat melakukan serangan ataupun melindungi dirinya sendiri.

  • Melatih Kekuatan Rahang

Cara melatih anjing supaya lebih agresif adalah dengan mengoptimalkan kekuatannya, salah satunya ialah kekuatan otot rahang. Latihan tersebut seperti memberikan mainan ataupun tikar untuk bisa dikunyah sehingga dia sanggup mengembangkan otot gigitan di rahang. Kamu bisa melakukan latihan ini dengan bertahap.

  • Kurung Anjing Dalam Rumah

Letakkanlah anjingmu didalam rumah, di belakang rumah atau didekat pagar. Disitu nalurinya bakal semakin tumbuh, dia bakal terjaga saat melihat atau mendengar hal asing untuknya. Dengan kondisi seperti ini, dia akan semakin percaya diri untuk memperlihatkan kekuatannya kepada si pemilik sehingga nanti terbiasa membawa dirinya menjadi pelindung.

  • Koreksi Jika Lakukan Kesalahan

Kamu bisa melakukan koreksi dan berikan di sanksi ringan saat dia membuat kesalahan. Misalnya saja dengan berkata ‘jangan’ dengan tatapan tajam, tapi jangan terlalu intens karena dia bakal mengira bila pemilik bakal menantang dan melawannya.

  • Jangan Pakai Kekerasan

Selama dilatih, kamu tak boleh memakai kekerasan seperti memukul ataupun menghukumnya dengan cara tak memberikan dia makan. Hal ini tak akan membuat dia jadi agresif tapi membuat dia semakin takut, pakai dengan cara tegas serta lembut. Anjing yang sering mendapat kekerasan justru beresiko menyerang pemiliknya sendiri.

Itulah beberapa cara melatih mental anjing supaya menjadi semakin agresif dan bisa difungsikan sebagai pelindung diri. Semoga saja ulasan diatas bisa bermanfaat dan bisa jadi panduan untuk merawat hewan peliharaanmu. Terima kasih!

Tagged with: